Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri : Pengertian, Macam Dan Contohnya

Posted on

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri – Penyerbukan ialah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke permukaan kepala putik. Penyerbukan bisa disebut juga persarian. Penyerbukan ini merupakan proses produksi yang sangat penting untuk tumbuhan yang berbiji.

Fungsi dari penyerbukan yakni memudahkan sabuk sari melekat kepada kepala putik. Apabila suatu penyerbukan berhasil maka akan diikuti oleh pertumbuhan buluh serbuk yang memasukkan saluran putik menuju bakal biji dan pada bakal biji akan terjadi proses pembuahan.

Macam-Macam Penyerbukan

Berdasarkan asal serbuk sarinya, proses penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang dan penyerbukan bastar.

  • Penyerbukan sendiri ialah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
  • Penyerbukan tetangga ialah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain tapi pada pohon yang sama.
  • Penyerbukan silang ialah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga tumbuhan lain yang sejenis.
  • Penyerbukan bastar ialah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda jenis.

Pengertian Penyerbukan Sendiri “Autogami”

Pengertian penyerbukan sendiri “Autogami” ialah proses menempelnya serbuk sari dari suatu bunga ke kepala putik yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau bunga yang berbeda tetapi dalam satu tanaman atau diantara bunga pada klon tanaman yang sama.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri

Nah ada beberapa ciri ciri penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya, berikut ini ciri ciri tersebut:

Jatuhnya Serbuk Sari Di Kepala Putik Dari Bunga Itu Sendiri

Sesuai bersama pengertiannya, ciri ciri penyerbukan sendiri ditandai bersama jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan bisa berlangsung bersama pemberian angin (anemogami), manusia (antropogami), bersama pemberian hewan (zoidiogami), atau bersama pemberian air (hidrogami).

Baca Juga :  Fungsi Stomata: Pengertian, Struktur Dan Posisinya

Hanya Berlangsung Terhadap Bunga Hermaprodit

Karena kepala putik dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, maka penyerbukan sendiri tentunya hanya bisa berlangsung terhadap tumbuhan bersama bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit adalah bunga yang punyai 2 kelamin lengkap, jantan dan betina didalam satu duduk bunga saja. Contoh bunga hermaprodit kalau bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga tanaman buah naga dan lain sebagainya.

Tidak Menghasilkan Variasi Keturunan

Ciri ciri penyerbukan sendiri yang paling akhir adalah hasil penyerbukan tersebut tidak menghasilkan variasi keturunan. Kelamin jantan dan betina berasal dari satu tanaman saja, oleh sebab itu tidak berlangsung pewarisan sifat-sifat yang berbeda seperti halnya terhadap penyerbukan silang maupun penyerbukan bastar.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.