Ciri Ciri Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya

Posted on

Ciri Ciri Tumbuhan Kaktus – Dalam hal ini tumbuhan kaktus ialah salah satu tumbuhan yang bisa hidup di tempat yang kering di sedikit air, karena tumbuhan kaktus memiliki kemampuan bertahan hidup untuk bisa menyesuaikan tempat lingkungannya.

Maka dari itu kita sering kali melihat tanaman kaktus entah dari film maupun dari buku bergambar bahwa tanaman ini berada di daerah gurun pasir.

Karena kemampuan bertahan hidup dari tumbuhan ini banyak orang menjadikannya tanaman hias untuk menghiasi perkarangan rumah.

Ciri Ciri Tumbuhan Kaktus

Tumbuhan kaktus memiliki nama latin Cactaceae, tumbuhan ini juga memiliki banyak species, sekitar 2000 species tumbuhan kaktus tersebar di berbagai negara dengan keunikan dari bentuk dan ukurannya masing-masing.

Tumbuhan ini juga biasa disebut sebagai tumbuhan sekulen, tumbuhan sekulen ialah tumbuhan yang menyimpan air di dalam tubuhnya.

Dalam ilmu biologi bagian batang pada tumbuhan ini berukuran besar dikarenakan fungsinya untuk menampung persediaan air. Pada tumbuhan kaktus ada beberapa bagian tubuh yakni akar, batang, daun, bunga dan buah.

Untuk penjelasan lebih mendalam bagaimana bentuk dan ciri ciri tumbuhan kaktus bisa dilihat di penjabaran dibawah ini. Nah berikut ini ada 6 ciri ciri yang dimiliki oleh tumbuhan kaktus yaitu:

Akar Kaktus Yang Sangat Panjang

Akar kaktus pada umumnya memiliki bentuk yang panjang karena akar pada tumbuhan kaktus memiliki fungsi menyerap air. Akar kaktus secara otomatis akan mencari sumber air yang ada di dalam tanah maka dari itu akar tumbuhan kaktus akan memanjang mencari alur ke sumber air.

Akar pada tanaman kaktus cukup rumit jika dilihat dikarenakan fungsinya tersebut, biasanya tanaman kaktus yang kecil akan memiliki akar sedikit lebih besar dari tanaman kaktus yang berukuran besar.

Baca Juga :  Fungsi Stomata

Namun pada umumnya akar pada kaktus tidak akan mencapai 10 cm karena akar tumbuhan kaktus memiliki batasan tersendiri sampai mana ia mampu mencari sumber air akan tetapi akar tumbuhan kaktus akan memanjang sekitar 2 meter diameternya untuk mencari air.

Akar dari tumbuhan kaktus bermacam-macam ada yang tunggang, bercabang dan juga memiliki serabut. Namun ada beberapa macam jenis dari tumbuhan ini memiliki sifat yang menempel dari tanaman satu ketanaman lainnya yang disebut epifit, namun hal tersebut belum dikategorikan sebagai parasit.

Daun Kaktus Berduri

Daun kaktus memiliki peran sebagai alat pernapasan bagi tumbuhan kaktus. Daun pada tumbuhan kaktus berbeda dari tumbuhan lainnya dikarenakan bentuknya yang berbentuk duri. Fungsi lain dari bentuk duri pada daun tumbuhan kaktus adalah untuk mencegah penguapan yang berlebih pada tumbuhan ini. Struktur dari daun tumbuhan kaktus memiliki nama ilmiah areole.

Pada beberapa tumbuhan kaktus ada daun yang berwarna terang agar sinar matahari yang mengarah ke tumbuhan ini akan dipantulkan sehingga tumbuhan kaktus akan tetap sejuk. Daun pada tumbuhan kaktus ini juga bisa mempertahankan diri dari serangan hewan yang ingin menyerap air dari batang kaktus karena bentuknya yang berupa duri

Daun kaktus memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi manusia,  diantaranya adalah membersihkan usus besar, Menjaga kesehatan hati, mencegah diabetes dan lain-lain.

Batang Kaktus Berlapis Lilin

Batang pada tumbuhan kaktus memiliki ciri-ciri berbentuk besar dikarenakan fungsi dari batang kaktus sendiri adalah menampung air dari akar. Batang kaktus juga memiliki lapisan kulit yang tebal, batang yang tebal ini berfungsi meminimalisir penguapan pada tumbuhan kaktus

Uniknya, tidak hanya kulit yang tebal, batang pada tumbuhan kaktus juga dilapisi oleh zat lilin yang mampu menahan panas sinar matahari.

Batang Kaktus Tersusun atas Jaringan Spons

Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus selanjutnya adalah batang tumbuhan kaktus tersusun atas beberapa lapis jaringan spons. Didalam batang kaktus terdapat lapisan spons yang berfungsi menyerap dan menahan air yang terdapat didalam batang kaktus. Pada cuaca panas, batang dari tumbuhan kaktus akan mengkerut dikarenakan berkurangnya pasokan air.

Baca Juga :  Okulasi Adalah

Batang pada tumbuhan kaktus mempunyai khasiat bagi kesehatan manusia, yakni mengatasi alergi, penawar racun dari gigitan serangga, menurunkan kadar kolesterol, menyerap radiasi hingga mengobati diabetes.

Memiliki Banyak Pori-Pori pada Batang

Pada bagian batang tumbuhan kaktus memiliki banyak pori-pori yang digunakan untuk menyerap air. Saat musim penghujan, batang tumbuhan kaktus akan menggembung karena menyerap dan menyimpan air untuk cadangan. Namun saat musim kering tumbuhan kaktus akan mengkerut karena air cadangan telah dikeluarkan untuk proses pertumbuhan tumbuhan kaktus.

Habitat Kaktus di Iklim Subtropis

Tumbuhan kaktus memiliki habitat di iklim subtropis dan tropis dikarenakan bentuk dan sifat dari tumbuhan ini sendiri. Mungkin dari yang kita tahu, kaktus hanya hidup di daerah gurun, namun menurut data yang disampaikan para peneliti, hanya sekitar sepertiga dari tumbuhan kaktus yang hidup di daerah gurun.

Selebihnya tumbuhan kaktus akan hidup di daerah rumput yang kering, hutan meranggas maupun padang rumput. Akan tetapi sebenarnya tumbuhan ini bisa tumbuh dimana saja asalkan cukup air karena organ dari tumbuhan kaktus mampu untuk hidup di iklim mana pun. Jadi kalian bisa merawat tanaman kaktus di kamar kalian yang penting asupan air yang diterima tumbuhan kaktus kalian cukup.

Untuk asalnya sendiri, kaktus merupakan tumbuhan yang berasal dari negara Amerika, tepatnya di negara Mexico. Oleh sebab itu sebagian besar dari species kaktus hidup di beberapa negara bagian Amerika Utara, Selatan dan Tengah. Nama kaktus sendiri berasal dari seseorang botaniawan berwarganegara Swedia, Kaktus diambil dari bahasa Yunani yang berarti tanaman liar berduri. Pada tahun 1930-an, tumbuhan kaktus yang hidup liar di Amerika Tengah didatangkan ke Pulau Jawa. Namun, bukannya untuk dipakai sebagai sayuran dan makanan ternak,

tetapi untuk membiakkan kumbang koksi. Kumbang ini terkenal dapat membasmi kutu hijau Aphid yang mengganggu tanaman kopi dan cokelat di perkebunan.

Memiliki Stomata yang Dibuka Hanya di Malam Hari

Fungsi stomata pada tumbuhan kaktus yang hanya dibuka pada malam hari pada cuaca yang sangat dingin adalah kaktus akan mengambul CO2 pada malam hari dan menyimpannya di vakoula untuk digunaan saat fotosintesis berlangsung (pada siang hari). Tumbuhan kaktus memiliki 7 stomata terbuka dan 7 stomata tertutup.

Baca Juga :  Fungsi Jaringan Dewasa

Jenis Jenis Kaktus Hias

Selain Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus diatas, ada beberapa tanaman kaktus hias yang memiliki bunga berwarna cantik, biasanya tumbuhan ini dijadikan tanaman hias oleh beberapa orang. Berikut adalah diantaranya:

Kaktus Ball

Tumbuhan kaktus ini memiliki bentuk tubuh bulat seperti bola dan berduri tebal. Ketebalan duri ini membuat kita tidak akan luka jika menyentuh durinya. Karena keunikan dari bentuk kaktus ini, banyak orang menjadikannya tanaman hias.

Kaktus Fairy Castle

Kaktus ini dinamakan Fairy Castle dikarenakan bentuknya yang menyerupai bentuk kastil raja. Kaktus ini cocok untuk ditanam di pot maupun ditanam sebagai tanaman pagar karena bentuknya yang bisa tumbuh tinggi.

Kaktus Zebra

Keunikan dari tumbuhan ini adalah coraknya yang seperti kuda zebra. Banyak orang yang menanamnya dirumah dan dijadikan sebagai tanaman hias karena corak warnanya dan keistimewaannya untuk bertahan di tempat yang minim cahaya.

Kaktus Cereus Peruvianus

Tumbuhan kaktus ini sering kita jumpai di pekarangan rumah di Amerika. Banyak yang memelihara kaktus ini karena bentuknya yang bisa mencapai atap rumah dan warnanya yang hijau sejuk. Namun, pada saat ini tumbuhan kaktus Cereus Peruvianus adalah termasuk dalam tumbuhan yang langka.

Kaktus Gymnocalycium

Mungkin ini adalah varian tumbuhan kaktus yang memiliki bentuk bunga yang paling indah, karena keindahannya, tumbuhan kaktus gymnocalycium bisa dipasang di pot dan ditempatkan di ruang tamu.

Kaktus Rainbow Hedgehog

Kaktus ini memiliki bunga yang berwarna cerah. Pada umumnya berwarna merah terang. Kaktus ini biasanya berbentuk oval.

Jadi itulah beberapa ciri-ciri tumbuhan kaktus yang dapat kami sampaikan. Tumbuhan kaktus sendiri hanya sekitar seperempat spesiaes yang hidup di daratan kering seperti gurun, namun selebihnya hidup di semi-gurun, padang rumput kering.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Tumbuhan Kaktus semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (123 votes)