8 Contoh Daun Menjari : Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

8 Contoh Daun Menjari : Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Contoh Daun Menjari – Nah setelah yang pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai contoh daun menyirip. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai contoh daun menjari. Apakah daun menjari itu ?? seperti apa gambar contoh daun menjari pada tumbuhan yang ada di sekitar kita ?? simak jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Ciri Dan Contoh Daun Menjari

Daun menjari “Palminervis” merupakan daun yang memiliki tulang daun yang menyerupai susunan jari-jari tangan kita. Daun ini menjari umumnya memiliki ibu tulang daun yang jumlahnya ganjil lebih dari satu.

Ibu tulang daun yang terletak paling tengah akan lebih panjang dan lebih besar dibandingkan tulang daun yang berada di sampingnya, dari ibu tulang daun inilah keluar anak-anak tulang daun seperti halnya tulang daun menyirip.

Beberapa contoh daun menjari bisa kita temukan pada tumbuhan-tumbuhan dikotil di sekitar kita, misalnya pada daun singkong, daun papaya, daun jarak dan jarak pagar, daun ubi jalar, daun kapuk, daun bunga matahari, daun sirih, daun labu dan daun tanaman melon. Nah berikut akan jelaskan contoh-contoh daun dengan tulang daun menjari tersebut lengkap dengan gambarnya.

Daun Singkong

Contoh daun menjari yang paling mudah kita temukan misalnya pada daun singkong. Dan perhatikan susunan tulang daun pada tumbuhan ini, kemudian letakan jari tangan kalian secara terbuka diatasnya, kalian akan melihat susunan tulang daun singkong sama seperti susunan jari jemari kalian.

Daun Pepaya

Daun papaya sering digunakan sebagai bahan baku jamu penambah nafsu makan. Selain itu, ia juga sering dimanfaatkan sebagai lalapan, terutama oleh orang-orang sunda. Nah daun dari tanaman bernama latin Carica papaya ini ternyata juga termasuk contoh daun menjari, jika tak percaya, coba lihat gambar dibawah ini.

Daun Jarak

Daun jarak “Ricinus communis” juga termasuk contoh daun dengan tulang daun menjadi, daun jarak memiliki sedikitnya 3-5 ibu tulang daun yang masing-masing terpencar seperti jari-jari tangan yang terbuka.

Baca Juga :  Ciri Ciri Tumbuhan Halofit: Pengertian, Cara Adaptasi Dan Contohnya

Daun Jarak Pagar

Tanaman jarak dan jarak pagar ialah 2 tanaman yang berbeda kendati begitu keduanya memiliki jenis susunan tulang daun yang sama, ya keduanya termasuk memiliki tulang daun yang menjari.

Daun Ubi Jalar

Ubi jalar atau mantang juga memiliki daun dengan susunan tulang menjari, dari bagian pangkal daun mantang akan muncul beberapa ibu tulang daun yang menyebar seperti jari-jari tangan yang sedang terbuka, nah lihat gambar dibawah ini untuk memahaminya.

Daun Kapuk

Contoh daun menjari selanjutnya ialah daun kapuk atau daun randu. Daun yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal penyakit malaria ini memiliki penampilan fisik yang hampir serupa dengan daun singkong.

Daun Bunga Matahari

Bunga matahari ialah tumbuhan dengan sifatnya yang khas yakni selalu mengikuti arah matahari. Daun tumbuhan ini ternyata juga termasuk contoh daun yang bertulang menjadi. Coba perhatikan susunan tulang daunnya, seperti jari tangan yang sedang membuka bukan ??

Daun Labu Dan Daun Melon

Daun labu atau waluh juga termasuk contoh daun menjari. Daun dari tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga waluh walaupun seperti timun, melon, paria, semangka dan lain sebagainya juga termasuk memiliki jenis susunan tulang daun yang sama.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 8 Contoh Daun Menjari : Ciri Dan Gambarnya Lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: