10 Contoh Daun Menyirip

Contoh Daun Menyirip – Dalam hal ini sebuah daun pada tumbuhan akan selalu dilengkapi dengan tulang daun. Tulang daun merupakan bagian daun yang memiliki fungsi member kekuatan pada helaian daun dan sekaligus berfungsi sebagai berkas pengangkut zat-zat hasil fotosintesis.

Berdasarkan bentuknya tulang daun dibedakan menjadi 4 jenis yakni tulang daun menyirip, menjari, sejajar dan tulang daun melengkung. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas satu persatu bentuk tulang daun tersebut lengkap.

Ciri Dan Contoh Daun Menyirip

Daun menyirip “penninervis” merupakan daun dengan tulang yang tersusun seperti sirip ikan. Pada daun ini mempunyai satu ibu tulang yang memanjang dari pangkal sampai ke ujung daun. Dari ibu tulang tersebut keluar anak-anak tulang daun yang tersusun seperti sirip ikan.

Daun dengan bentuk tulang menyirip biasanya dimiliki oleh contoh tumbuhan dikotil. Beberapa contoh daun menyirip di antaranya antara lain daun mangga, daun kakao, daun nangka, daun melinjo, daun kenanga, daun rambutan, daun beringin, daun jambu air, daun jambu biji, daun mahoni dan lain sebagainya. Nah berikut ini kita akan bahas contoh-contoh daun menyirip tersebut lengkap dengan gambar ilustrasinya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Daun Mangga

Mangga termasuk tumbuhan dikotil, bijinya membelah ketika sedang mengalami perkecambahan. Maka oleh karenanya tanaman ini memiliki daun dengan tulang yang menyirip. Nah berikut ini ialah gambar daun mangga yang tulangnya menyirip tersebut.

Daun Kakao

Daun kakao “Theobroma cacao L.” ialah contoh daun menyirip. Sama seperti daun mangga, daun kakao juga memiliki satu ibu tulang daun yang menjadi pokok menempelnya anak tulang daun secara menyirip. Berikut ini gambar dari daun kakao tersebut.

Daun Nangka

Daun nangka termasuk juga contoh tanaman yang mempunyai daun dengan tulang menyirip. Struktur tulang daunnya berbentuk menyerupai sirip tulang ikan. Tanaman ini juga termasuk contoh tumbuhan dikotil yang memiliki biji belah saat melakukan perkecambahan.

Daun Melinjo

Melinjo ialah contoh tumbuhan biji tertutup “angiospermae”, kendati tidak termasuk contoh tumbuhan dikotil, melinjo ternyata termasuk tumbuhan dengan tulang daun menyirip. Bila tidak percaya lihat gambar daun melinjo tersebut.

Daun Kenanga

Bunga kenanga banyak dipelihara sebagai penghias pekarangan rumah. Daun bunga kenanga ini juga termasuk contoh daun menyirip. Contoh perhatikan susunan tulang daunnya, persis seperti susunan tulang ikan bukan.

Baca Juga :  Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri : Pengertian, Macam Dan Contohnya

Daun Rambutan

Nah siapa yang tidak suka rambutan ?? yang memiliki rasa yang manis membuat kita semua begitu menggemarinya. Perlu diketahui rambutan juga ternyata merupakan tumbuhan tulang daun menyirip.

Daun tumbuhan ini memiliki satu ibu tulang daun yang menjalar dari pangkal sampai ujung, dari tulang daun tersebut akan muncul anak tulang daun di kiri dan kanannya.

Daun Beringin

Contoh daun menyirip juga kita dapat temukan pada daun beringin, meskipun tulang daunnya terlihat tipis dan tidak jelas, jika kita identifikasi secara detail tulang daun beringin ternyata juga menyerupai susunan tulang ikan.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang bermanfaat untuk mengobati diare ternyata juga termasuk contoh daun menyirip. Hal ini berarti menandakan bahwa tumbuhan jambu biji juga termasuk tumbuhan dikotil yang berbiji belah saat berkcembah.

Daun Salam

Daun yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini termasuk ke dalam contoh daun bertulang menyirip. Selain bermanfaat sebagai bumbu masak, daun salam juga sering digunakan sebagai obat herbal darah tinggi, asma dan prostat.

Daun Mahoni

Daun mahoni sering digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengatasi serangan hama pada tanaman petani. Jika kita identifikasi daun mahoni juga termasuk contoh daun dengan tulang yang menyirip.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Contoh Daun Menyirip dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

10 Contoh Daun Menyirip | Admin14 | 4.5
/* */