10 Contoh Hewan Amfibi : Pengertian, Ciri Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

10 Contoh Hewan Amfibi : Pengertian, Ciri Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Contoh Hewan Amfibi – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Contoh Hewan Amfibi yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Hewan Amfibi, Ciri Ciri Hewan Amfibi dan Gambar Hewan Amfibi, nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Hewan Amfibi

Amfibi merupakan golongan hewan bertulang belakang yang memiliki kemampuan untuk hidup di dua alam. Amfibi dapat hidup di daratan tapi juga dapat hidup di air. Amfibi tergolong hewan yang unik.

Keunikan tersebut dapat kita temukan pada beragam ciri khas yang dimilikinya. Apa saja ciri ciri hewan amfibi tersebut yang hidup di sekitar lingkungan kita ??

Ciri Ciri Hewan Amfibi

Secara umum berikut ini ciri ciri hewan amfini diantaranya yaitu:

  • Memiliki kemampuan untuk hidup di dua alam.
  • Memiliki kulit yang selalu basah, tetapi tidak memiliki sisik.
  • Mengalami metamorfosis “beberapa ada juga yang tidak”.
  • Saat masih dalam fase larva, ia menggunakan insang sebagai alat pernafasannya.
  • Saat sudah dewasa, insangnya terdiferensiasi sehingga mereka menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasannya.
  • Jantungnya terdiri dari 3 bagian yakni 2 serambi dan 1 ventrikel.
  • Memiliki kelaminnya terpisah.
  • Berkembangbiak secara ovipar “bertelur”.

Contoh Hewan Amfibi

Contoh hewan amfibi yakni hewan yang hidup di dua alam yaitu di darat dan di air misalnya salamander, kodok dan katak. Hewan yang tergolong amfibi diketahui sebagai hewan yang dapat beradaptasi untuk hidup air dan darat dengan perkembangan metamorfosa yang sempurna.

Nah ada banyak hewan amfibi yang dapat ditemukan di sekitar kita maupun di hutan. Berikut ini merupakan beberapa contoh hewan amfibi yang ada di dunia yaitu:

Kodok (Bufo sp)

Kodok adalah tidak benar satu misal hewan amfibi yang bersama gampang untuk ditemukan. Hewan ini banyak dijumpai di daerah lembab andaikan di dekat rawa ataupun sungai. Kodok memiliki kaki berkuku dan berselaput.

Permukaan tubuh kodok beracun dan kasar. Kaki kodok mempunyai permukaan yang lebih panjang dibagian belakang yang terlampau berfungsi untuk melompat. Hewan ini cenderung berwarna gelap dan hidup di atas permukaan tanah. Ukuran kecebong kodok diketahui lebih besar dibanding katak. Sistem ekskrei terhadap reptil berbeda bersama amfibi.

Katak Sawah (Rana sp)

Katak sawah memiliki ukuran yang lebih kecil. Katak ini banyak ditemukan di sawah – sawah yang tergenang. Katak mempunyai kaki berselaput yang mengakibatkan katak terlampau pandai berenang. Kulit terhadap tubuh katak terlampau licin dan berwarna tidak mecolok. Katak banyak memakan serangga kecil di tepi sawah. Kulitnya yang licin tapi tidak beracun seperti terhadap kodok.

Katak sawah juga mempunyai panjang kaki belakang lebih panjang di banding kaki depan karena sangat mungkin berenang bersama cepat. Hal ini jadi tidak benar satu jenis didalam olahraga berenang yakni jenis katak. Katak bernafas bersama insang kala era kecebong berbeda bersama sistem pernafasan invertebrata.

Katak Pohon (Hyla sp)

Katak pohon adalah katak yang berukuran lebih kecil berasal dari katak sawah dan kodok. Hal yang menarik berasal dari katak pohon adalah mempunyai warna yang drastis dan beracun. Katak pohon pakai juluran lidah untuk memangsa makanannya berwujud serangga kecil.

Kakinya kecil yang mempunyai bantalan (pad) sangat mungkin katak ini untuk lompat berasal dari pohon satu ke pohon yang lainnya. Katak juga mempunyai permukaan kulit yang licin dan halus tapi beracun. Ini juga merupakan misal hewan metamorfosis sempurna.

Salamander (Salamandra sp)

salamander merupakan tidak benar satu jenis hewan amfibi yang mempunyai wujud tubuh mirip bersama cicak. Hal ini dpaat diamati bersama cara melihat anggota tubuh terhadap salamander yang telah patah.

Salamander mempunyai habitat  didaerah yang lembab andaikan di dekat rawa. Salamander lebih kerap menggunakan waktunya ditempat yang berair.

Sesilia / Apoda (Caecilia sp)

Sesilia atau apoda adalah tidak benar satu jenis hewan yang tergolong amfibi. Hewan ini juga ke didalam hewan amfibi kategori langka. Sesilia juga mempunyai habitat di daerah yang lembab. Sesilia mempunyai wujud yang panjang seperi ular.

Ukuran sesilia hanya saja lebih kecil. Sesilia juga dikenal bersama nama ulo duwel oleh orang jawa. Banyak orang yang beranggap jikalau hewan sesilia merupakan jenis cacing atau anak ular karena mempunyai wujud yang mirip.

Axolotl (Ambystoma mexicanum)

Axolotl merupakan tidak benar satu jenis amfibi yang banyak menggunakan kala untuk berada didalam air. Hewan axolotl dikenal juga bersama nama salamander meksiko.

Hewan ini mempunyai wujud seperti kadal. Banyak yang berpendapat hewan ini terlampau imut dan lucu. Tubuhnya mempunyai warna tubuh putih. Hal ini akan mengakibatkan hewan axolotl jadi diminati sebagai hewan peliharaan eksotik untuk orang yang menyukainya.

Diplocaulus

Diplocaulus adalah tidak benar satu hewan amfibi purba yang dianggap oleh para pakar bersama ditemukan fosilnya. Hewan ini diketahui sebagai hewan pemakan ikan.

Common Mudpuppy (Necturus maculosus)

Hewan ini merupakan tidak benar satu jenis amfibi yang diketahui endemik berada di timur laut anggota Amerika Serikat. Hewan banyak ditemukan di lokasi negara Kanada terhadap daerah lembab.

Mereka suka bersembunyi di didalam air bersama kedalaman sampai 90 kaki. Hewan ini juga diketahui bisa hidup sampai 20 tahun bersama bertahan memakan daging seperti telur ikan, serangga, dan lain – lain.

Neuse River Waterdog (Necturus lewisi)

Hewan ini menyerupai kadal dan banyak ditemukan di daerah utara Carolina. Ukuran hewan ini kurang lebih 16,5 sampai 28 cm. Permukaan kulit halus bersama corak.

Suriname Horned Frog (Ceratophrys cornuta)

Hewan ini merupakan amfibi bertanduk di Amazon. Hewan bisa tumbuh sampai panjang 20 cm. Hewan ditemukan di daerah utara lokasi anggota Amerika selatan. Pada era jadi kecebong, hewan ini mempunyai keunikan saling menyerang untuk bertahan.

Olm (Proteus anguinus)

Hewan ini berasal berasal dari eropa selatan. Hewan banyak ditemukan di perairan yang lewat tanah berkapur. Warna kulit hewan ini merah muda seperti manusia yang berada di sana.

Purple Frog (Nasikabatrachus sahyadrensis)

Hewan ini berasal berasal dari India. Keunikan hewan ini mempunyai suara yang mirip bersama ayam. Ia hidup di didalam tanah dan akan muncul kala ingin kawin.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 10 Contoh Hewan Amfibi : Pengertian, Ciri Ciri Dan Gambarnya Lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: