6 Contoh Hewan Ovovivipar

Posted on

Contoh Hewan Ovovivipar – Nah kesempatan kali ini kita akan membahas satu jenis hewan yang berdasarkan cara reproduksinya, dan kita akan membahas mengenai hewan ovovivipar. Apa itu hewan ovovivipar ?? Lantas apa saja contoh hewan ovovivipar yang ada di sekitar kita ?? Nah silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Hewan Ovovivipar

Hewan ovovivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Artinya hewan ovovivipar menghasilkan telur dari proses pembuahannya, namun telur tersebut tidak dikeluarkan dan dierami.

Telur hewan ovovivipar justru disimpan di dalam tubuh induknya sampai menetas. Adapun embrio dalam telur tidak memiliki plasenta atau ari-ari sehingga suplai nutrisi untuk pertumbuhan embrio hanya diperoleh dari cadangan makanan yang terdapat dalam yolk atau kuning telur.

Ciri Dan Contoh Hewan Ovovivipar

Hewan ovovivipar tidak memiliki ciri-ciri khusus, beberapa contoh hewan ovovivipar justru ditemukan secara acak dan tidak memiliki karakteristik tertentu. Nah berikut ini beberapa contoh hewan ovovivipar yang telah kami rangkum.

Ikan Hiu

Ikan hiu termasuk contoh hewan ovovivipar yang hidup di ekosistem perairan. Perkembangbiakannya dilakukan dengan menyimpan hasil pembuahan di dalam tubuhnya.

Telur tersebut akan menetas dan hiu kemudian melahirkan bayinya jika pertumbuhan embrio telah mencapai titik optimum. Embrio tidak memiliki ari-ari sehingga ia tumbuh dengan menggunakan cadangan makanan dalam telur.

Ikan Pari

Contoh hewan ovovivipar dari ekosistem perairan yang selanjutnya ialah ikan pari. Ia berkembang biak dengan cara bertelur, namun telur tersebut tidak dikeluarkan sebelum menetas. Embrio tumbuh dan berkembang dengan menyerap nutrisi yang terkandung dalam kuning telur.

Baca Juga :  Daur Hidup Fasciola Hepatica (Cacing Hati)

Induk betina baru akan mengeluarkan anaknya “melahirkan” bila pertumbuhan embrio telah mencapai optimum. Pada setiap periode hamil, ikan pari dapat mengandung sebanyak 5-13 anak.

Kadal

Yang secara umum kadal sebetulnya hanya berkembang biak dengan cara bertelur “ovipar”, akan tetapi beberapa jenis kadal di dunia ternyata tergolong sebagai contoh hewan ovivipar. Kadal menyimpan telur yang diperoleh dari hasil pembuahan di dalam tubuhnya.

Embrio di dalam telur tumbuh dengan memanfaatkan yolk atau kuning telur sebagai nutrisi bagi perkembangannya. Baru setelah tumbuh sepurna, embrio yang telah berubah menjadi individu  baru akan dilahirkan induknya.

Bunglon

Sama seperti kadal, bunglon secara umum juga berkembang biak dengan cara bertelur. Namun ada pula beberapa jenis bunglon di dunia yang berkembang biak dengan menyimpan telur di dalam tubuh induknya.

Induk akan melahirkan bayi bunglon yang menetas di kemudian hari sehingga hewan ini termasuk contoh hewan ovovivipar.

Platypus

Platypus sebetulnya berkembang biak dengan bertelur seperti layaknya kelas aves. Akan tetapi anehnya hewan ini justru memiliki kelenjar susu dan memiliki kebiasaan menyusui bayi-bayi setelah menetas seperti layaknya mamalia.

Ketidaklaziman ini membuat para ahli biologi menyebut bahwa contoh hewan ovivipar ini merupakan hewan peralihan dari evolusi yang berlangsung dari kelas burung ke kelas mamalia. Platypus yang merupakan hewan endemic Australia ini.

Kuda Laut

Kuda laut memiliki fisiologis tubuh dan kebiasaan yang sangat tidak lazim dibandingkan jenis-jenis hewan lain di dunia. Jika pada hewan lain, kebiasaan hamil dan melahirkan terjadi pada betina, pada hewan laut satu ini kebiasaan tersebut justru terjadi pada sang jantan.

Kuda laut jantan memiliki sebuah kantung pengeraman yang berfungsi untuk menyimpan dan mengerami sel telur di tubuhnya. Perkawinan terjadi jika betina matang gonad dan menyemprotkan sel telurnya ke dalam kantong ini.

Baca Juga :  Proses Metamorfosis Belalang : 3 Tahapan Dan Gambarnya

Sang jantan kemudian membuahi sel telur di dalam tubuhnya sehingga ovulasi pun terjadi. Telur yang diproduksi lalu berkembang dengan memanfaatkan nutrisi dalam cangkang hingga tumbuh besar dan terlahir dari kantung pengereman ayahnya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Contoh Hewan Ovovivipar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.