Contoh Limbah Organik : Pengertian, Penanganan Dan Gambarnya

Posted on

Contoh Limbah Organik – Dalam hal ini berdasarkan bahan asalnya, limbah dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni limbah organik dan limbah anorganik.

Limbah organik ialah limbah yang berasal dari produk-produk makhluk hidup, sedangkan limbah anorganik ialah limbah yang berasal dari produk-produk benda mati.

Nah pada artikel ini, kita akan memperdalam mengenai salah satu jenis limbah tersebut yakni limbah organik. Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja contoh-contoh limbah organik yang ada di sekitar lingkungan kita, silahkan simak pembahasan singkat berikut ini.

Pengertian Limbah Organik

Limbah organik ialah suatu jenis limbah yang dapat diuraikan sempurna melalui proses biologis baik secara aerob maupun anaerob. Limbah organik memiliki beberapa karakteristik yang khas.

Limbah ini umumnya memiliki sifat kimia yang stabil, mudah membusuk dan dapat terurai secara alamiah menjadi senyawa organik melalui bantuan mikroorganisme.

Contoh Limbah Organik

Secara umum dapat pula diartikan bahwa limbah organik merupakan limbah yang berasal dari produk-produk makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan, hingga manusia. Nah berikut ini beberapa contoh limbah organik yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Limbah Organik Yang Berasal Dari Produk Tumbuhan

Yang pertama ialah contoh limbah organik yang berasal dari tumbuhan, di sekitar kita terdapat banyak sekali tumbuhan yang hidup. Secara langsung bagian tubuh tumbuhan ini merupakan bentuk limbah organik, misalnya seperti daun yang rontok, batang yang roboh atau ranting-ranting yang jatuh.

Adapun secara tidak langsung, produk-produk yang berasal dari proses pengolahan tumbuhan juga merupakan contoh limbah organik bila keberadaannya mengganggu keindahan dan kenyamanan. Beberapa contoh diantaranya yakni kertas, kardus, kayu bekas konstruksi, tisu, buah atau sayur sisa, nasi busuk dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Macam Macam Pencemaran Lingkungan : Penyebab, Dampak Dan Gambarnya

Limbah Organik Yang Berasal Dari Produk Hewan

Selain dari produk tumbuhan, contoh limbah organik juga dapat ditemukan para produk-produk yang berasal dari hewan. Kotoran hewan baik berupa padatan “tinja” maupun yang cair “air kencing” ialah produk limbah organik yang sangat nyata mengganggu kenyamanan manusia.

Selain itu, produk turunan yang dihasilkan dari proses pengolahan hewan juga termasuk contoh limbah organik, misalnya tulang, kulit, kulit telur, susu basi, bulu, kuku dan lain sebagainya. Limbah-limbah yang berasal dari hewan ini sering dimanfaatkan kembali lewat proses recycle, reuse dan reduce.

Limbah Organik Yang Berasal Dari Manusia

Manusia juga dapat menghasilkan suatu limbah organik dari dirinya sendiri. Setiap hari kita buang air besar dan air kecil, kedua produk yang dihasilkan dari kebiasaan ini juga merupakan contoh limbah organik yang perlu dikelola secara tepat sehingga tidak mengganggu kenyamanan. Inilah mengapa setiap rumah perlu membuat septictank sebagai alat untuk menampung limbah tersebut.

Penanganan Limbah Organik

Limbah organik dapat dimanfaatkan, baik secara langsung “contohnya untuk makanan ternak” maupun secara tidak langsung karena memerlukan proses terdahulu.

Makanan Ternak

Sampah organik yang mudah rusak bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dirumah. Di Indonesia, sampah organik berupa sayur-sayuran “contohnya kubis, selada air dan sawi” dimanfaatkan untuk makanan kelinci, kambing, ayam atau itik.

Pengomposan “Composting”

Pengomposan merupakan upaya pengolahan limbah dengan menggunakan prinsip penguraian bahan-bahan organik menjadi bahan-bahan anorganik oleh aktivitas suatu organisme. Sistem pengomposan memiliki beberapa keuntungan antara lain:

  • Kompos merupakan jenis pupuk yang ekologis dan tidak merusak lingkungan.
  • Bahan yang dipakai tersedia “tak perlu membeli”.
  • Sangat mudah untuk dibuat sensiri oleh masyarakat.
  • Unsur hara dalam pupuk kompos lebih tahan lama dibandingkan dengan pupuk buatan.
Baca Juga :  Polusi Plastik : Dampak Negatif Dan Cara Menanggulanginya

Biogas

Biogas ialah gas-gas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar yang dihasilkan dari proses pembusukan sampah organik secara anaerobik. Bahan bakunya dapat diambil dari kotoran hewan, sisa-sisa tanaman atau campuran dari keduanya. Biogas memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mengurangi jumlah limbah dan hemat energi.
  • Sumber energi yang tidak merusak lingkungan.
  • Nyala api bahan bakar biogas lebih terang/bersih.
  • Residu dari biogas dapat dimanfaatkan untuk pupuk.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Contoh Limbah Organik dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.