Fungsi Lemak

Fungsi Lemak – Dalam hal ini lemak merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak memiliki beberapa jenis, mulai dari lemak yang baik bagi tubuh hingga lemak jahat yang tidak bagik bagi kesehatan tubuh.

Lemak sangat penting karena memiliki fungsi pada tubuh. Fungsi lemak yang paling utama antara lain sebagai sumber energi dan pelindung bagi kerangka dan saraf. Lemak juga merupakan komponen yang dibutuhkan tubuh karena membantu nutrisi lain dalam melakukan fungsinya.

Jika tidak selamanya lemak itu buruk bagi tubuh, justru menjaga asupan lemak yang baik sangat penting agar tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Lalu sebenarnya apa saja sih fungsi lemak dalam tubuh? Nah berikut ini ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sumber Cadangan Energi

Lemak merupakan sumber energi bagi tubuh selain karbohidrat dan protein. Mengapa disebut cadangan energi? Hal ini karena lemak dapat disimpan dalam jaringan lemak tubuh, yang melepaskan asam lemak saat energi dibutuhkan.

Lemak ialah sumber energi yang sangat efektif bagi tubuh karena menyediakan dua kali lipat produksi energi karbohidrat. Namun tubuh kalian tidak akan menggunakan lemak sebagai sumber energi utama jika masih memiliki kadar karbohidrat yang cukup.

Jika pasokan karbohidrat tubuh kalian telah berkurang, lemak akan memecah cadangan lemak dan mengubah lemak menjadi energi yang memperkuat aktivitas metabolisme.

Baca Juga :  Tahapan Respirasi Aerob Yang Berperan Dalam Prosesnya

Komponen Struktural

Sel-sel yang ada di dalam tubuh juga dibentuk salah satunya oleh lemak. Selaput di sekitar sel-sel dalam tubuh secara fisik memisahkan bagian dalam dari luar sel dan mengendalikan pergerakan zat masuk dan keluar dari sel. Komponen-komponen sel inilah yang terbentuk dari berbagai macam lemak seperti fosfolipid, trigliserida dan kolesterol.

Panjang dan saturasi asam lemak dari fosfolipid dan trigliserida mempengaruhi susunan membrane dan dengan demikian fluiditasnya. Asam lemak rantai pendek dan asam lemak tak jenuh kurang kaku dan kurang kental, membuat membrane lebih fleksibel, ini memengaruhi berbagai fungsi biologis yang ada di dalam tubuh.

Pembawa Vitamin

Lemak ialah pembawa vitamin A, D, E dan K. Vitamin-vitamin tersebut ialah vitamin yang dapat larut dalam lemak. Selain itu lemak juga membantu penyerapan vitamin tersebut di usus. Karenanya mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah cukup yang mengandung vitamin ini sangat penting untuk asupan mikronutrien yang memadai.

Menurut Healthy Eating, vitamin yang laru dalam lemak ini ialah bagian penting dari kebutuhan vitamin harian kalian. Vitamin A menjaga mata kalian sehat dan meningkatkan penglihatan yang baik, Vitamin D membantu menjaga tulang kalian kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium, vitamin E melindungi sel dengan menetralkan radikal bebas dan vitamin K penting untuk pembekuan darah.

Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Lemak yang ada di dalam tubuh disimpan dalam jaringan yang bernama adipose. Lemak juga berfungsi melindungi tubuh kalian membantu mempertahankan suhu tubuh inti normal.

Tubuh kalian akan menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh sebagai insulator terhadap dingin dan panas yang ekstrem, membantu menjaga suhu tubuh dan melindungi saraf dari kerusakan sehingga mereka dapat bekerja pada tingkat optimal. Lemak juga melindungi organ-organ tubuh dengan cara melapisi mereka.

Baca Juga :  17 Contoh Rantai Makanan Di Hutan : Pengertian Dan Gambarnya Lengkap

Meningkatkan Kesehatan Optimal

Lemak juga berfungsi dalam meningkatkan kesehatan tubuh agar lebih optimal. Beberapa jenis lemak memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, salah satunya asam lemak esensial omega-3. Omega-3 ini melindungi tubuh melalui berbagai mekanisme.

Omega-3 membantu relaksasi dan kontraksi dinding arteri yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Omega-3 juga memainkan peran penting dalam sintesis hormone yang mengontrol pembekuan darah dan meningkatkan fungsi metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Sumber lemak omega-3 dapat didapatkan dari minyak zaitun, kenari, biji rami, telur, salmon, tuna dan ikan berlemak lainnya.

Meningkatkan Fungsi Otak

Lemak juga memiliki fungsi penting untuk kesehatan dan perkembangan otak. Ternyata 60 persen otak terdiri dari lemak dan menjadikannya makronutrien penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mental.

Oleh karena itu wanita hamin dianjurkan untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi untuk meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi sejak di dalam kandungan. Lemak juga meningkatkan sintesis banyak neurotransmitter yakni pembawa pesan kimiawi otak.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Menurut Emily Murray, seorang praktisi kesehatan di Amerika, lemak memiliki banyak jenisnya. Dengan mengurangi kadar lipoprotein A, maka seseorang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Saat ini memang tidak ada obat untuk mengurangi penyakit yang berkaitan dengan risiko kardiovaskular namun penyakit ini bisa diantisipasi dengan diet berarti melalui lemak jenuh. Lemak jenuh dan lemak sehat lainnya dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang dapat menghindarkan dari penyakit jantung.

Meningkatkan Tulang Kuat

Emily Murray juga mengatakan bahwa lemak jenuh diperlukan agar kalsium dapat berasimilasi dengan baik dalam tubuh, dimana kita tahu bahwa kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga :  17 Contoh Rantai Makanan Di Sungai : Pengertian, Ciri, Faktor Yang Mempengaruhi Dan Gambarnya Lengkap

Wanita yang menghindari lemak jenuh memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dan lebih cenderung mengembangkan osteoporosis, padahal membangun massa tulang pada usia muda sangat penting terutama bagi wanit, karena tubuh secara alami berhenti tumbuh pada usia 30-an tahun.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Lemak jenuh yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk mendorong sel-sel hati untuk membuang lemak yang tidak dibutuhkan. Membersihkan lemak dari hati sangat penting dalam mengurangi penyimpanan lemak yang tidak baik bagi tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan hati dan jantung.

Lemak yang baik juga melindungi hati dari efek samping toksik alkohol dan obat-obatan lainnya dan juga dapat mengurangi kerusakan hati yang sudah terjadi.

Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru dapat berfungsi dengan baik jika dilapisi dengan lapisan tipis surfaktan paru-paru yang terdiri dari 100% asam lemak jenuh.

Kekurangan lemak jenuh dalam tubuh seringkali dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Hal inilah yang sering di temukan pada paru-paru bayi premature dengan sindrom gangguan pernapasan dan kekurangan lemak jenuh  juga berperan dalam peningkatan risiko penyakit asma di kalangan anak-anak.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Fungsi Lemak dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Fungsi Lemak | Admin14 | 4.5
/* */