Fungsi Tulang Atas Dan Masalah Yang Timbul

Posted on

Fungsi Tulang Atas – Ada majemuk jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia, salah  satunya merupakan tulang atas yg mempunyai fungsi penting buat tubuh. Namun, belum banyak orang memahami di mana sebenarnya tulang atas itu, bagaimana bentuknya, & apa saja fungsi utamanya.

Tulang atas sejatinya merupakan bagian tulang yang mempunyai fungsi untuk menggerakkan tubuh bagian atas. Tulang ini dikenal juga menjadi humerus atau tulang lengan atas. Istilah “humerus” sendiri berasal berdasarkan istilah latin yang berarti lengan atas.

Yang Menarik, dalam sistem mobilitas insan, tulang lengan merupakan bagian tulang yang paling besar  & panjang. Kendati begitu, dibandingkan dengan tulang pada bagian tubuh lainnya, tulang humerus cenderung lebih gampang patah.

Pasalnya, kita umumnya refleks menggerakkan tulang lengan buat menopang tubuh waktu menghindari jatuh.

Tulang humerus letaknya di lengan atas, tepatnya di antara sendi bahu & sendi siku. Permukaan humerus terhubung menggunakan area yang diklaim fossa glenoid yg ada di scapula atau tulang belikat.

Sementara bagian bawah humerus menyentuh permukaan radius dan ulna, yang mana keduanya menghubungkan lengan atas dan lengan bawah. Pertemuan tulang-tulang yg disebutkan tersebut inilah yang memungkinkan anda bisa menggerakan sendi bahu dan siku.

Mengenal Fungsi Tulang Atas

Fungsi utama tulang atas merupakan sebagai loka melekatnya banyak otot krusial yang terdapat pada bagian lengan sekaligus mendukung konvoi lengan.

Terletak di antara siku dan bahu, tulang atas terdiri berdasarkan beberapa bagian yg memungkinkannya menjalankan sejumlah fungsi krusial yg berkaitan dengan pergerakkan lengan, seperti:

  • Penghubung sendi putar yg ada di bagian bahu;
  • Mengangkat tangan ke atas atau merentangkan tangan menjauhi badan (abduksi);
  • Menurunkan tangan ke bawah atau mengembalikan tangan ke posisi semula selesainya merentangkan tangan (aduksi);
  • Menggerakkan lengan ke belakang tubuh(ekstensi);
  • Menggerakkan lengan ke depan tubuh (fleksi);
  • Meluruskan atau meregangkan siku (perluasan);
  • Menekuk siku (fleksi).
Baca Juga :  Fungsi Tulang Pengumpil Pada Tubuh Manusia

Selain Otot, tulang atas juga terdiri berdasarkan ligamen yg berfungsi buat melindungi otot dan membantu memberikan gerakan dalam sendi bahu. Ligamen ini juga menaruh sensasi dan gerakan nir hanya ke setiap otot pada lengan, namun pula di bagian leher & sumsum tulang belakang.

Masalah Yang Timbul Pada Tulang Atas

Patah tulang lengan atas adalah galat satu perkara yg paling kerap terjadi. syarat ini dapat ditimbulkan oleh poly faktor, mulai menurut terjatuh, kecelakaan kemudian lintas, atau olahraga. selain patah tulang, ada pula sejumlah kasus lain yang mampu terjadi pada tulang atas, di antaranya:

  • Tendinitis dan bursitis yg terjadi waktu tendon yang mengelilingi tulang atas mengalami peradangan atau iritasi. syarat ini sanggup disebabkan lantaran faktor usia, aktivitas fisik yang melibatkan gerakan berulang, atau olahraga yg membutuhkan tekanan intens pada bagian lengan.
  • Frozen shoulder, atau bahasa awamnya bahu beku merupakan syarat yang terjadi lantaran jaringan parut membuat kapsul yg melindungi tulang, ligamen, & tendon dalam bahu mengeras atau menebal. akibatnya, bagian bahu terasa nyeri & kaku waktu digerakkan, atau bahkan nir bisa digerakkan sama sekali. syarat ini umumnya timbul secara perlahan dan sedikit demi sedikit.
  • Seperti kebanyakan sendi besar , bagian kepala tulang atas sangat rentan terhadap penyakit osteoarthritis. syarat ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia dampak tulang rawan pada ujung tulang mengalami kerusakan dan aus. bagi beberapa orang, osteoarthritis dapat menyebabkan gejala ringan, misalnya sendi terasa nyeri dan kaku yg sifatnya kambuhan. tetapi bagi beberapa orang lainnya, mereka dapat mengalami tanda-tanda yg melemahkan misalnya rasa nyeri yang intens pada bagian persendian.

Tulang lengan atas memiliki fungsi yang penting buat mendukung gerak tubuh supaya sanggup permanen beraktivitas. buat itu, supaya tulang lengan atas senantiasa kuat, sehat & berfungsi secara optimal, maka pastikan nutrisi penting harian selalu terpenuhi, khususnya buat tulang, otot & sendi.

Baca Juga :  Tulang Pipa

Dalam Hal Ini, pastikan anda mengonsumsi kuliner-makanan sehat & dukung dengan minum susu berkalsium tinggi yg rendah lemak. Yang diformulasikan menggunakan formula movemax yang bisa dikonsumsi sang anda yang aktif dan punya banyak kegiatan.

Kandungan kalsium dua kali lebih poly daripada susu biasa menjadikan susu ini dapat membantu memelihara kesehatan dan kekuatan tulang anda. Bukan hanya itu, kandungan susu pun harus diperkaya menggunakan kandungan 100 mg kolagen & pula 8000 mg protein, yg keduanya diperlukan buat merawat kesehatan tulang, otot, dan juga sendi.

Buat anda yang punya banyak kesibukan, meminum susu permanen sanggup diandalkan. Tentunya permanen kaya manfaat buat memenuhi kebutuhan nutrisi, tulang, sendi, & ototmu di mana saja dan kapan saja. Minum susu dua kali sehari, setiap hari buat tulang yg lebih sehat & kuat buat mendukung mobilitas aktif kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Tulang Atas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (81 votes)