6 Fungsi Tulang Paha Dan Bagian-Bagiannya

Posted on

Fungsi Tulang Paha – Fungsi tulang paha sebagai tulang terbesar dalam bagian tubuh kita mempunyai peran sangat signifikan menjadi tumpuan. Tulang paha adalah tulang terkuat yang dimiliki sang manusia & menumpu semua badan serta sebagai transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

Tulang paha adalah salah  satu anggota mobilitas dalam anatomi rangka manusia. nama latin dari tulang paha merupakan femur. Tulang ini merupakan tulang terpanjang yg dimiliki manusia dan juga berfungsi dalam menghubungkan bagian pinggul dengan lutut.

Fungsi tulang paha yang paling utama adalah tentunya menjadi tumpuan dalam seluruh badan. tulang paha sendiri diklasifikasikan kedalam jenis tulang pipa yg berbentuk silinder, mempunyai 2 ujung, mengandung sum-sum kuning, & menggelembung dalam bagian ujungnya. ini dia kami rangkum beberapa fungsi tulang paha bersama bagiannya.

Fungsi Tulang Paha

Dengan berbagai predikat yang disandangnya, seperti tulang terpanjang, tulang terkuat, sampai tulang terbesar pada tubuh insan, fungsi tulang paha tentunya akan sangat signifikan bagi tubuh. Fungsi tulang paha yang paling primer misalnya yang telah disebutkan adalah sebagai tumpuan bagi seluruh badan dan transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

Tulang paha adalah tulang terkuat bagi kaki, sama misalnya tulang atas dalam tangan kita. jika tulang atas menjadi tulang bertenaga bagi tangan, maka tulang paha adalah tulang bertenaga pada kaki. Fungsi tulang paha semakin akbar dengan, banyaknya otot-otot dan ligamen yang inheren dalam tulang paha.

Baca Juga :  Panca Indra

Tulang paha mempunyai struktur yg inheren ke pinggul melalui sendi bola dan soket, yang akan memberikan gerakan & sumber untuk mengartikulasikan panggul. Sendi bola akan terpasang dengan leher sempit lateral ke poros tulang paha vertikal. Adapun beberapa fungsi tulang paha diantaranya yaitu:

Menjadi Tulang Terkuat Buat Menopang Badan

Fungsi tulang paha yg pertama adalah menjadi tulang terkuat yg berperan buat menopang badan dan menyangga tubuh. tanpa adanya tulang paha, seseorang tidak akan sanggup berdiri ataupun berjalan. Tulang paha menyokong atau menunda berat tubuh insan, sebagau tulang terbesar & tulang terkuat dalam tubuh

Tempat Melekatnya Otot Dan Pigmen

Tulang paha sebagai loka melekatnya otot-otot besar . terdapat dua jenis otot yang terdapat pada tulang paha, yakni otot origo & insersio.

Menjadi Tulang Terbesar Dan Terkuat Dalam Tubuh

Fungsi tulang paha yg berikutnya bagi tubuh kita adalah menjadi tulang yg terkuat untuk melakukan transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

Tulang Paha Bisa Membuat Sendi Condylar Menggunakan Lutut

Fungsi tulang paha yg berikutnya adalah sebagai tulang yg berfungsi menciptakan sendi condylar bersama dengan lutut. Terdapat 2 condylus yakni condylus medialis & condylus lateralis.

Sebagai Tempat Melekatnya Tempurung Lutut

Fungsi tulang paha bagi tubuh manusia yg selanjutnya adalah menjadi tempat yg berfungsi & bersinggungan eksklusif menggunakan tempurung lutut. Hal itu disebabkan lantaran tempurung dalam lutut kita eksklusif inheren dalam tulang paha sehingga fungsi berdasarkan tulang paha sendiri akan sangat vital.

Sebagai Penghubung Tubuh Bagian Pinggul Dan Lutut

Fungsi tulang paha yang terakhir merupakan sebagai fungsi vital penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut.

Bagian-Bagian Tulang Paha

Sehabis mengetahui beberapa fungsi menurut tulang paha, penting bagi kita buat mengetahui bagian-bagian menurut tulang paha ini. Bagian-bagian tulang paha diantaranya adalah:

  • Proximal Femur
    Bagian tulang paha satu ini posisinya berdekatan dengan tulang pelvis atau tulang pinggul dan terdiri dari kepala, leher, trochanter, mayor dan minor dan juga median femur.
  • Distal Femur
    Bagian tulang paha ini dia merupakan bagian tulang paha yg adalah loka melekatnya tempurung lutut.
Baca Juga :  Fungsi Vena (Pembuluh Balik)

Sendi tulang paha yg menghubungkan menggunakan pinggul terletak pada kepala tulang paha di bagian proximal. fungsi tulang paha bagian ketua ini merupakan sebagai loka pembentukan sel darah merah. hubungan keduanya dikenal pula menggunakan sebutan artikulasi asetabulum.

Sendi yg terdapat pada artikulasi estabulum dapat dianggap jua menggunakan sendi bola atau sendi mobilitas yg memungkinkan terjadinya pergerakan yang menunjuk ke bagian panggul.

Selain itu, otot yg inheren pada paha merupakan pada bagian trochanter minor dan trochanter mayor pada proximal femur. Hal lain tulang paha pula bergabung menggunakan beberapa otot yg dapat di hubungkan menggunakan trochanter.

Bagian trochanter inilah yg menghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar  contohnya misalnya otot bagian paha & otot bagian bokong yang memang berukuran ototnya akbar. Penerangan ini sinkron dengan salah  satu fungsi tulang paha sebagai tempat melekatnya otot dan pigmen.

Misalnya sudah dijelaskan pada atas bahwa tulang paha atau femur merupakan tulang terbesar & terkuat. Oleh sebab itu, fungsi tulang paha membuat insan bisa berjalan & menyokong tubuh yang sangat berat.

Bila tulang paha anda mengalami cedera atau retak maka sanggup di pastikan manusia nir bisa berjalan buat sementara waktu. Selain itu, otot tulang paha yang kuat juga harus diimbangi dengan tulang paha yang pula kuat.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Tulang Paha semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.9/5 - (80 votes)