Fungsi Tulang Pengumpil Pada Tubuh Manusia

Posted on

Fungsi Tulang Pengumpil – Apa itu tulang pengumpil? tulang ini sangat berperan dalam tubuh manusia. tulang pengumpil merupakan galat satu ruas tulang yang berada dalam lengan atas. Kemudian apa fungsi tulang pengumpil?

Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil ini berfungsi buat melakukan gerak dan beraktivitas. tulang pengumpil tersusun atas tulang-tulang yg berbentuk misalnya pipa padat & kuat dengan bagian depan tulang mempunyai rongga buat sumsum tulang.

Letak Tulang Pengumpil

Letak tulang pengumpil berada pada antara siku dan pergelangan tangan dan berada pada samping tulang hasta. Tulang pengumpil memiliki dua ujung ukuran lebih pendek dari tulang hasta yang mempunyai panjang 20-26 cm.

Dalam hal ini biasanya, fungsi tulang pengumpil buat menyusun kerangka lengan bawah dan sebagai loka otot & menghubungkan pergelangan tangan & lengan atas. Tak hanya itu, tulang pengumpil juga bermanfaat untuk menopang berat.

Kemudian apa saja fungsi tulang pengumpil yg wajib diketahui? Simak daftarnya berikut ini:

  • Membantu tangan dapat mengangkat benda
  • Menyusun kerangka lengan bawah menjadi bagian alat mobilitas atas.
  • Menggerakan pergelangan tangan
  • Membantu otot untuk menggerakan siku & lengan
  • Tempat melekatnya otot bisep
  • Menciptakan sendi peluru yg terdapat dalam pergelangan tangan
  • Memproduksi sel darah lantaran masih ada sumsum tulang di dalamnya.

Tulang Pengumpil Merupakan Tulang Yang Rawan

Tulang pengumpil merupakan tulang yang rawan mengalami cedera daripada tulang hasta. cedera yang pada tulang pengumpil ini seperti waktu seseorang menahan berat badan dengan tumpuan bagian tangan bawah.

Jenis gangguan yg rawan terhadap tulang pengumpil adalah patah tulang yg mengakibatkan fragment tulang menembus kulit, fraktur greenstick yang seringkali terjadi kaum lansia, rawan mengalami retakan bagi anak-anak.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Atas Dan Masalah Yang Timbul

Dampak dari cedera pada tulang pengumpil misalnya memar & bengkak, adanya bagian tulang yang menonjol, suara gemeretak pada tulang dan dalam bagian lengan bawah terasa lunak.

Bila mengalami syarat misalnya diatas diharuskan segera buat memperiksakan diri ke dokter agar tidak memperparah cedera pada kemudian hari.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Tulang Pengumpil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (95 votes)