Gen: Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur Dan Komponen Penyusunnya

Posted on

Gen – Nah apakah kalian sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gen? Nah kali ini kami akan membahasnya mengenai apa itu Gen. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Gen

Gen ialah suatu bagian dari Kromosom atau salah satu kesatuan kimia atau DNA dalam kromosom yakni dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup.

Sebuah gen dapat di turunkan atau di wariskan oleh satu individu kepada keturunannya yakni melalui suatu proses reproduksi.

Isrtilah gen telah dipopulerkan oleh Yohansen pada tahun 1909 yang dianggap sebagai satuan terkecil di dalam sel yang memiliki pran dalam menentukan sifat keturunan (hereditas).

Sifat-Sifat Gen

Adapun sifat-sifat gen diantaranya yaitu:

  • Mengandung informasi genetik
  • Tiap genmemiliki tugas dan fungsi yang berbeda
  • Ketika waktupembelahan mitois dan meiosis dapat menduplikasi
  • Sebagai zarah yang terdapat di dalam kromosom
  • Sifat genditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen

Fungsi Gen

Adapun fungsi gen diantaranya yaitu:

  • Menyampaikan informasi mengenai genetika dari generasi ke generasi.
  • Menentukan sifat-sifat pada keturunannya. Seperti yang di contohkan pada fakta di depan. Sifat-sifat itu dapat berupa bentuk rambut, bentuk badan, warna kulit dan lain sebagainya.
  • Mengontrol, mengatur Metabolisme dan perkembangan tubuh.

Struktur Gen

Adapun struktur gen diantaranya yaitu:

Pengkode

Pengkode ialah ekson dan intron yang menentukan RNA maupun protein. Intron ialah sekuens yg tidak menentukan asam amino, sementara ekson ialah bentuk yang akan ditentukan sebagai asam amino.

Baca Juga :  Kromosom: Pengertian, Fungsi, Jumlah, Struktur, Bagian, Jenis Dan Penyakit Kelainannya

Promotor

Promotor ialah adalah rangkaian DNA tertentu yang berfungsi dalam menjalankan salinan gen struktural dan terletak di kawasan upstream dari bentuk struktural gen.

Promotor berperan sebagai lokasi pertama perapatan enzim RNA polimerase yang kemudian menjalankan salinan pada bentuk struktural.

Operator

Operator ialah rangkaian nukelotida yang terletak di sekitar promotor dan bagian struktural dan ialah lokasi perapatan protein represor. Jika ada represor yang merapat di operator, maka RNA polimerase tidak dapat melintasi dan ekspresi gen tidak dapat berproses.

Supresor difungsikan untuk menghalangi, sementara enhancer difungsikan untuk menambah proses salinan dengan menambahkan beberapa RNA polimerase. Namun lokasinya tidak pada tempat yang jelas misalnya operator.

Terminator

Terminator dibuktikan dengan struktur yang kaya akan susunan GC yang terwujud pada molekul RNA dari perolehan salinan.

Komponen Penyusun Gen

Adapun komponen penyusun gen diantaranya yaitu:

  • Rekon
    Rekon merupakan sebuah komponen yang lebih kecil dari gen dan terdiri atas satu atau dua pasang nukleotida saja.
  • Muton
    Muton yakni salah satu komponen yang memiliki lebih dari dua nukleotida.
  • Sistron
    Sistron ialah suatu komponen yang terdiri dari ratusan nukleotida.

Demikianlah pembahasan mengenai Gen semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.