Jenis Jenis Limbah : Contoh Dan Berdasarkan 4 Karakteristiknya

Posted on

Jenis Jenis Limbah : Contoh Dan Berdasarkan 4 Karakteristiknya

Jenis Jenis Limbah – Limbah merupakan bahan sisa yang dihasilkan suatu proses produksi atau konsumsi yang keberadaannya dapat mengganggu keasrian, kenyamanan dan kesehatan hidup manusia. Keberadaan limbah harus ditangani secara sirius supaya tidak dapat menimbulkan masalah yang berkelanjutan bagi hajat hidup orang banyak.

Nah adapun untuk melakukan penanganan terhadap limbah, terlebih dahulu kita harus dapat mengidentifikasi limbah berdasarkan jenis-jenis dan karakteristiknya, supaya penanganan yang kita lakukan dapat berjalan dengan efektif.

Jenis Jenis Limbah

Dalam hal ini secara umum, limbah sendiri dapat digolongkan berdasarkan 4 faktor yakni dari wujudnya, dari kandungan senyawanya, sumber serta dari sifatnya. Nah berikut ini kami telah rangkum jenis-jenis limbah tersebut lengkap dengan contoh-contohnya,, simak selengkapnya dibawah ini.

Jenis Limbah Berdasarkan Dari Wujudnya

Yang pertama dalam penggolongan limbah berdasarkan wujudnya, seperti diketahui, zat dapat digolongkan menjadi 3 yakni padat, cair dan gas. Begitupun dengan zat limbah.

  • Limbah Padat
    Merupakan limbah yang berbentuk padat, contohnya limbah pasar, kotoran hewan atau manusia, limbah padat industri dan blotong dari proses pengolahan tebu menjadi gula dan lain sebagainya.
  • Limbah Cair
    Merupakan limbah yang berada dalam fasa cair. Contoh limbah cair yakni air bekas pencucian, air buangan usaha laundry, limbah cair yang berasal dari industri, limbah cair tahu dan lain sebagainya.
  • Limbah Gas
    Merupakan limbah yang berada dalam fase gas, biasanya diperoleh dari hasil pembakaran. Contohnya limbah yang dikeluarkan dari cerobong asap suatu pabrik pengolahan.

Jenis Limbah Berdasarkan Dari Senyawa

Jenis-jenis limbah juga dapat digolongkan berdasarkan kandungan senyawanya, ada limbah organik ada pula limbah anorganik.

Limbah Organik

Merupakan limbah yang mengandung senyawa-senyawa organik atau yang berasal dari produk-produk makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Limbah organik cenderung lebih mudah ditangani karena dapat terdekomposisi menjadi senyawa organik melalui proses biologis “baik aerob maupun anaerob” secara cepat.

Contoh limbah organik misalnya tinja, kertas, limbah rumah jagal hewan, limbah pasar dari jenis dedaunan atau sayuran sisa dan lain sebagainya.

Limbah Anorganik

Merupakan limbah yang lebih banyak mengandung senyawa anorganik, biasanya cenderung lebih sulit ditangani. Contoh limbah anorganik misalnya kaca, plastik, logam berat, besi tua dan lain sebagainya.

Jenis Limbah Berdasarkan Dari Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, jenis-jenis limbah dibedakan menjadi 2 yakni limbah industri dan limbah domestik.

Limbah Industri

Merupakan limbah yang dihasilkan dari proses industri. Contohnya limbah pabrik, limbah penambangan, limbah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir, limbah rumah sakit, dan lain sebagainya.

Limbah industri cenderung ditangani dengan serius karena pemerintah telah mengatur mekanismenya bagi setiap perusahaan “industri”.

Limbah Domestik

Merupakan limbah yang dihasilkan dari konsumsi rumah tangga. Contohnya kaleng-kaleng bekas keperluan rumah tangga, air cucian “detergen”, kantong plastik, kardus bekas dan lain sebagainya.

Jenis Limbah Berdasarkan Dari Sifatnya

Limbah juga dapat digolongkan berdasarkan sifatnya dalam merusak atau mempengaruhi kenyamanan hidup manusia.

  • Limbah Biasa
    Merupakan jenis limbah yang tidak menyebabkan kerusakan secara serius pada skala kecil dan jangka panjang. Limbah organik termasuk ke dalam jenis limbah biasa.
  • Limbah B3 Atau Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun
    Merupakan limbah yang dapat menyebabkan kerusakan serius meski pada skala kecil pada jangka pendek maupun panjang. Contoh limbah B3 diantaranya ialah limbah yang memiliki sifat korosif, mudah meledak, mudah terbakar, menyebabkan infeksi, keracunan dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Jenis Jenis Limbah : Contoh Dan Berdasarkan 4 Karakteristiknya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: