Letak Jaringan Epitel : Pengertian, Fungsi, Ciri, Klasifikasi Dan Gambarnya

Posted on

Letak Jaringan Epitel – Nah apakah jaringan epitel itu ?? Dimana letak jaringan ini berada ?? Bagaimana ciri-ciri jaringan epitel yang membedakannya dengan struktur jaringan lainnya pada tubuh hewan ?? Simak pembahasan berikut untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Pengertian Jaringan Epitel

Jaringan ialah struktur yang tersusun dari sel-sel dengan fungsi dan bentuk yang sama. Pada hewan, struktur jaringan terbagi menjadi 4 macam berdasarkan proses spesialiasinya yakni jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan syarat. Masing-masing jaringan ini memiliki fungsi yang saling berlainan untuk menunjang aktivitas kehidupan.

Jaringan epitel ialah jaringan yang terdiri dari banyak sel, tersusun banyak sejenis dan tidak memiliki ruang antar sel. Fungsi utama jaringan epitel ialah melindungi jaringan dibawahnya. Letak jaringan epitel terdapat di sepanjang sistem pencernaan yang membantu dalam penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari proses pencernaan.

Fungsi Jaringan Epitel

Jaringan epitel ialah jaringan yang berfungsi sebagai pembatas atau pelapis yang menyelubungi permukaan organ, rongga, maupun saluran di organ dalam maupun di organ luar tubuh. Jaringan epitel yang menyelubungi permukaan organ luar tubuh disebut jaringan epidermis, contohnya seperti pada kulit kita. Jaringan epitel yang menyelubungi organ dalam disebut jaringan endotelium.

Dan sementara jaringan epitel yang membatasi rongga disebut jaringan mesotelium. Baik epidermis, endotelium, maupun mesotelium, semuanya melekat pada membran dasar jaringan ikat. Membran ini mengandung serat kolagen yang tertanam dalam matriks sebagai penyokong jaringan epitel.

Secara umum, fungsi jaringan epitel ialah untuk membatasi atau melindungi permukaan organ, rongga, maupun saluran di organ dalam maupun di organ luar tubuh. Namun secara spesifik, fungsi jaringan epitel sangat beragam mulai dari sebagai alat pelindung, alat sekresi, alat penerima impuls, alat penyaring atau filtrasi, alat absorpsi dan sebagai alat respirasi.

Baca Juga :  Daur Hidup Fasciola Hepatica (Cacing Hati) : Pengertian, Bentuk, Ukuran, Sifat Dan Gambarnya Lengkap

Ciri-Ciri Jaringan Epitel

Jaringan epitel dapat dibedakan dengan struktur jaringan lainnya dengan melihat adanya beberapa ciri spesifik. Ciri-ciri jaringan epitel tersebut yaitu:

  • Jaringan epitel tidak memiliki ruang antar sel karena sel-sel dalam jaringan tersusun rapat.
  • Jaringan epitel tidak mengandung pembuluh darah, tapi memiliki ujung syaraf. Oleh karena itu, sel-sel dalam jaringan epitel memperoleh makanan dari kapiler darah yang terdapat pada membran dasar jaringan ikat.
  • Jaringan epitel mempunyai kemampuan regenerasi yang cukup tinggi karena selama sel eputelium mendapat pasokan nutrien maka pembelahan sel dapat berlangsung cepat untuk menggantikan sel-sel yang rusak.

Klasifikasi Jaringan Epitel

Jaringan epitel dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan jumlah lapisannya. Berdasarkan bentuknya fungsi jaringan epitel dibedakan menjadi epitelium pipih, epitelium kubus dan epitelium batang.

Epitelium pipih memiliki nukleus yang berbentuk cakram, epitelirum kubus memiliki nukleus berbentuk bulat, sedangkan epitelium batang memiliki nukleus berbentuk oval memanjang. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis jaringan epitel beserta letaknya didalam tubuh.

Adapun berdasarkan jumlah lapisannya, jaringan epitel dibedakan menjadi epitelium selapis dan epitelium berlapis. Epitelium selapis tersusun dari satu lapisan sel yang sama, misalnya epitelium pipih selapis, batang selapis, kubus selapis atau batang berlapis semu.

Sementara epitelium berlapis ialah jaringan epitel yang tersusun dari 2 atau lebih lapisan sel epitelium, misalnya epitelium pipih berlapis, epitelium kubus dan batang berlapis, epitelium transisional dan epitelium kelenjar.

Letak Jaringan Epitel

Jaringan epitel terletak di organ luar maupun dalam tubuh hewan. Masing-masing organ tersebut dilapisi oleh jaringan epitel dengan struktur dan fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis dan fungsi jaringan epitel beserta letaknya pada organ tubuh hewan.

Baca Juga :  12 Contoh Hewan Omnivora : Pengertian, Ciri, Nama Latin Dan Gambarnya Lengkap
Letak Jaringan Epitel : Pengertian, Fungsi, Ciri, Klasifikasi Dan Gambarnya

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Letak Jaringan Epitel dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.