Manfaat Hewan Bagi Lingkungan

Posted on

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan – Dalam setiap makhluk hidup yang ada di dunia saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Tentu saja peran setiap makhluk hidup berbeda-beda. Meskipun begitu antara hewan, tumbuhan dan manusia saling membutuhkan.

Keberadaan setiap makhluk hidup tentu memiliki manfaat tersendiri tak terkecuali hewan. Hewan atau binatang yang sering kita lihat nyatanya sangat bermanfaat bagi lingkungan.

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan

Lalu ada saja manfaat hewan bagi lingkungan? Mari disimak penjelasannya dibawah ini yaitu:

Sumber Makanan

Hewan yang kita ketahui sangat bermanfaat sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lainnnya. Manfaat hewan dapat diketahui dari sistem rantai makanan, misal keberadaan kelinci di alam liar menjadi sumber makanan bagi hewan karnivora lainnya seperti singa, anjing, serigala dan lainnya.

Hewan juga dapat menjadi sumber makanan bagi manusia yakni sebagai sumber protein. Kandungan protein asam amino yang terkandung pada hewan sangat lengkap, berfungsi untuk perkembangan dan pertumbuhan pada manusia.

Adapun sumber makanan dari hewan yang dapat dikonsumsi oleh manusia yakni daging putih, daging merah, susu dan minyak hewan.

Ternyata tidak hanya hewan dan manusia saja yang mengkonsumsi hewan sebagai sumber makanan. Beberapa jenis tumbuhan juga mengkonsumsi hewan sebagai sumber makanannya misal tumbuhan pemakan serangga (kantong semar dan penangkap lalat venus).

Konsumen Dalam Rantai Makanan

Selain dikonsumsi oleh makhluk lain, hewan sendiri juga berperan sebagai konsumen tumbuhan atau biasa dikenal dengan sebutan herbivora. Keberadaan hewan tersebut memiliki peran yang amat penting bagi lingkungan.

Baca Juga :  Coelenterata

Dapat dibayangankan jika jumlah tumbuhan yang ada di alam tumbuh dengan subur tanpa ada makhluk herbivora manapun yang memakannya. Tentu akan terjadi ketidakseimbangan di alam.

Untuk itu keberadaan hewan bagi lingkungan sangatlah penting guna menjaga keseimbangan dan mengontrol pertumbuhan tumbuhan agar tidak mengganggu lingkungan.

Agen Penyerbukan Pada Tumbuhan

Ada beragam cara yang dilakukan oleh tumbuhan untuk memperbanyak keturunannya, salah satunya dengan melakukan penyerbukan antara benang sari dengan putik pada tumbuhan yang memiliki bunga.

Nantinya hasil penyerbukan tersebut akan menghasilkan buah dan biji, kemudian akan dimanfaatkan untuk memperbanyak keturunan bagi suatu tumbuhan.

Pada kenyataannya dalam proses persilangan antara benang sari dan putik, terkadang setiap tumbuhan membutuhkan bantuan dari makhluk hidup lainnya terutama dari golongan serangga seperti lebah, burung, dan kupu-kupu.

Hampir sebagian besar tumbuhan yang ada di dunia ini melakukan proses penyerbukan dengan bantuan hewan.

Tanpa adanya bantuan dari hewan-hewan tersebut, tentu tidak ada proses penyerbukan pada tumbuhan dan ini berdampak sangat penting bagi keberlangsungan hidup makluk lainnya.

Pengurai

Mungkin masih banyak orang bertanya-tanya kemana perginya tubuh makhluk hidup yang telah mati. Saat makhluk hidup mati, seiring berjalannya waktu tubuhnya akan mengalami pembusukan dan akan diuraikan oleh hewan pengurai.

Hewan pengurai atau dekomposer merupakan suatu organisme yang bertugas memakan lalu menguraikan organisme yang telah mati tersebut untuk kemudian membuat tanah menjadi subur dan kaya akan zat hara. Adapun contoh dari hewan dekomposer antara lain belatung, cacing tanah, serangga, kecoa, siput, dan lainnya.

Penghasil Pupuk Kandang

Kotoran yang dikeluarkan oleh hewan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang yang sangat baik untuk menambah nutrisi dan mineral pada tanah. Nantinya nutrisi dan mineral tersebut akan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber zat hara yang penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan.

Baca Juga :  Jenis Jaringan Saraf

Tentunya kotoran hewan tidak dapat diberikan secara langsung pada tumbuhan. Kotoran tersebut harus melalui beberapa tahap salah satunya harus diuraikan oleh pengurai agar menghasilkan zat nitrogen yang penting bagi tumbuhan.

Tidak heran jika tumbuhan yang tumbuh tidak jauh dari keberadaan hewan-hewan dapat tumbuh dengan subur dan baik meskipun tanpa adanya campur tangan dari manusia sekalipun.

Sumber Bahan Bakar

Hewan yang telah terkubur di dalam lapisan tanah selama jutaan tahun ternyata masih dapat bermanfaat bagi lingkungan yang nantinya dikenal dengan istilah bahan bakar fosil.

Bahan bakar fosil ini terbentuk dari proses alami yakni pembusukan hewan dalam hal ini dinosaurus yang mati ratusan juta tahun lalu.

Untuk memperoleh bahan bakar fosil ini harus melakukan proses pengeboran lalu dialirakan melalui pipa kemudian diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan bahan bakar fosil dengan cara melakukan penyulingan.

Dari proses penyulingan akan diperoleh beragam jenis bahan bakar yang sangat berguna bagi manusia seperti bahan bakar kendaraan, bahan bakar listrik, industri dan lainnya.

Bahan Pakaian

Sudah sejak lama manusia memanfaatkan bulu dan kulit hewan sebagai bahan baku pakaian yang berguna melindungi tubuh dari suhu udara yang dingin.

Bahkan hingga saat ini banyak produsen pakaian masih memanfaatkan bulu dan kulit hewan untuk dijadikan sebagai jaket, sepatu, tas, dan lainnya.

New Zealand tidak hanya terkenal sebagai negara penghasil daging domba terbesar di dunia, namun juga penghasil benang wol yang berasal dari bulu-bulu domba. Bahkan bulu-bulu tersebut telah diekspor ke sejumlah negara untuk diolah kembali menjadi berbagai jenis pakaian.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Hewan Bagi Lingkungan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.3/5 - (75 votes)
Baca Juga :  Mamalia