Manfaat Terumbu Karang Bagi Mamalia Besar : Pengertian, Fungsi, Dipengaruhi Dan Gambarnya Lengkap

Manfaat Terumbu Karang Bagi Mamalia Besar – Dalam istilah terumbu karang tersusun atas dua kata yakni terumbu dan karang yang apabila berdiri sendiri akan memiliki makna yang jauh berbeda bila kedua kata tersebut digabungkan.

Yang istilah terumbu karang sendiri sangat jauh berbeda dengan karang terumbu, karena yang satu mengindikasikan suatu ekosistem dan kata lainnya merujuk pada suatu komunitas bentuk atau yang hidup di dasar substrat.

Pengertian Terumbu Karang

Nah berikut ini ialah definisi singkat dari terumbu, karang, karang terumbu dan terumbu karang. Terumbu karang ialah ekosistem di dasar laut tropis yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur “CaCO3” khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur.

Bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis-jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Terumbu karang ialah kelompok biota laut yang biasa terlihat kukuh dan kuat. Sekalipun demikian, terumbu karang ini sebetulnya sangat rentan terhadap suasana perubahan lingkungan, terutama bila perubahan lingkungan terjadi cukup ekstrim.

Terumbuh Karang Dipengaruhi Kondisi Ekosistem Lingkungan Laut

Adapun tumbuh kembang terumbu karang banyak dipengaruhi oleh kondisi ekosistem lingkungan laut seperti:

  • Tingkat pelumpuran, berpengaruh terhadap jumlah cahaya yang masuk kedalam laut.
  • Arus, mempengaruhi oksigen yang dibawa untuk hewan-hewan terumbuh karang.
  • Cahaya, dibutuhkan hewan untuk pembentuk terumbu karang.
  • Salinitas, mempengaruhi kondisi ketahanan hewan karang.
  • Suhu, mempengaruhi kondisi ketahanan hewan karang, suhu ideal ialah 26-28 derajat celcius.
Baca Juga :  Mengenal Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis / Spesies

Terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal tropis yang paling kompleks dan produktif. Terumbu karang juga merupakan ekosistem yang rentan terhadap perubahan lingkungan, namun tekanan yang dialaminya semakin meningkat seiring dengan penambahan jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat di wilayah pesisir.

Manfaat Dan Fungsi Terumbu Karang

Tingginya tekanan ini diakibatkan oleh banyaknya manfaat dan fungsi yang disediakan oleh terumbu karang dengan daya dukung yang terbatas, sedangkan kebutuhan manusia terus bertambah sepanjang waktu.

Secara alami terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluruan, pembesaran anak, makan dan mencari makan, terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.

Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjadikan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. Saat ini peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.

Struktur massif dan kokoh dari terumbu berfungsi sebagai pelindung sepanjang pantai dan ekosistem pesisir lain “padang lamun dan hutan mangrove” dari terjangan arus kuat dan gelombang besar.

Struktur terumbu yang mulai terbentuk sejak ratusan juta tahun yang lalu juga merupakan rekaman alami dari variasi iklim dan lingkungan di masa silam, sehingga penting bagi penelitian paleoekologi.

Peran Interaksi Dalam Ekosistem

Interaksi dalam ekosistem ini juga berperan penting dalam siklus biogeokimia secara global, karena kemampuannya menahan nutrien-nutrien dalam sistem terumbu dan perannya sebagai kolam untuk menampung segala bahan yang berasal dari luar sistem terumbu.

Fungsi terumbu karang memang sangat banyak, data mencatat bahwa ada jutaan rakyat Indonesia yang hingga saat ini menggantungkan hidup sepenuhnya pada terumbu karang yakni sebagai sumber mata pencaharian.

Baca Juga :  Sifat Membran Sel : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Sistem Transport

Nilai hasil panen ikan, karang dan kepiting yang menghuni ekosistem terumbu karang di seluruh dunia bahkan bisa mencapai 9 juta ton atau sedikitpun 12% dari total jumlah tangkapan perikanan yang ada di dunia.

Biasanya sumber perikanan di kawasan terumbu karang ini masih banyak yang ditangkap dengan memakai alat tangkap tradisional. Mengingat banyaknya fungsi dan manfaat terumbu karang, maka sudah selayaknya bila kita turut menjaga agar terumbu karang ini dapat lestari. Diperlukan berbagai upaya perlindungan terhadap terumbu karang ini agar dapat membuat kelestarian terumbu karang terjaga.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Manfaat Terumbu Karang Bagi Mamalia Besar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

 

Manfaat Terumbu Karang Bagi Mamalia Besar : Pengertian, Fungsi, Dipengaruhi Dan Gambarnya Lengkap | Admin14 | 4.5
/* */