Proses Perkecambahan Lebih Cepat Pada Area Yang Gelap

Posted on

Proses Perkecambahan – Nah bagi kalian yang terbiasa menanam tumbuhan dan pahan mengenai bagaimana cara tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya, mungkin kalian sudah pernah mengamati proses pertumbuhan tanaman yang kalian tanam tersebut.

Dalam hal ini ada sebuah fakta yang menyebutkan bahwa ternyata pada tahap proses pertumbuhan yakni saat terjadinya proses perkecambahan akan lebih cepat apabila tanaman atau tumbuhan di tanam di area yang gelap alias minim pencahayaan.

Untuk hal demikian mungkin bagi sebagian masyarakat awam belum mengetahui atau menyadari hal demikian ini. Lantas mengapa sih proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin lebih mengetahui mengenai hal ini maka kalian tidak perlu khawatir, karena pada ulasan ini kami memberikan sedikit uraian mengenai mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap.

Proses Perkecambahan

Untuk perlu diketahui bahwa sebenarnya sinar matahari sangat mempengaruhi proses perkecambahan yang terjadi lebih cepat pada tumbuhan.

Dan mungkin bagi petani yang sudah lama bergelut di bidang pertanian, sudah tahu alasan mengapa hal ini dapat terjadi. Lantas apa sih yang menyebabkan proses perkecambahan terjadi lebih cepat pada tanaman yang ditanam di area yang lebih gelap ?? bagi kalian yang penasaran maka kalian tidak perlu khawatir.

Mengapa demikian karena saat ini sudah sangat mudah untuk memperoleh informasi melalui internet. Dan salah satunya ialah dengan membaca artikel demikian ini, nah baiklah langsung saja berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap.

Karena hormon auksin terurai oleh matahari pada area yang terang. Jadi mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap jawabannya ialah pada area yang terang salah satu hormon yang ada pada tumbuhan atau tepatnya yang bernama hormon auksin terurai oleh sinar matahari sehingga proses perkecambahan akan lebih lambat.

Baca Juga :  Tabel 7 Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Serta Gambarnya Lengkap

Dan mengapa bisa demikian ?? hal ini karena hormon auksin memiliki fungsi salah satunya sebagai pemicu pertambahan panjang batang tanaman. Dan selain itu perlu kalian ketahui bahwa hormon auksin juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

Fungsi Hormon Auksin

Nah berikut ini merupakan fungsi dari hormon auksin diantaranya yaitu:

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu proses pembalahan sel pada tumbuhan.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mematahkan dominasi apical atau pucuk. Hal ini merupakan sebuah kondisi dimana pucuk tanaman atau bisa juga akar tanaman tidak bisa lagi berkembang sebagai mana seharusnya.
  • Sebagai hormon yang berfungsi mempercepat proses perkecambahan. Dominasi benih akan dipatahkan oleh hormon auksin ini serta mempercepat proses perangsangan perkecambahan benin pada tanaman. Hormon yang satu ini bisa meningkatkan kualitas panen dengan cara perendaman benih pada hormon auksin.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang kambium dalam pembentukan jaringan xilem dan floem.
  • Serta sebagai hormon yang berfungsi untuk menghambat terjadinya kerontokan buah.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Proses Perkecambahan dapat menambah wawasan dan pengatahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: