Mimikri : Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Posted on

Mimikri – Dalam hal ini setiap hewan yang ada di planet Bumi memiliki kemampuan untuk dapat bertahan hidup. Ada beragam cara dilakukan bagi hewan supaya bisa bertahan hidup terutama jika bertemu dengan predator ataupun mengintai mangsanya.

Dan salah satu bentuk bertahan hidup pada hewan ialah dengan melakukan mimikri. Perlu diketahui jika tidak semua hewan dapat melakukan mimikri untuk bertahan hidup.

Lantas apa sebenarnya mimikri ini? untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Mimikri

Mimikri berasal dari bahasa Inggris yakni “mimic” yang berarti meniru, istilah ini digunakan untuk hewan dan tumbuhan setelah tahun 1851. Ada pendapat lain yang mengatakan jika mimikri berasal dari bahasa Yunani “mimetikos” yang mempunyai arti suka meniru.

Dengan kata lain mimikri ialah kemampuan hewan untuk dapat meniru objek ataupun hewan lain agar tidak dapat dikenali pemangsa ataupun mangsanya.

Mimikri juga dapat diartikan sebagai kemampuan organisme untuk mengubah warna kulitnya untuk dapat menyerupai lingkungan yang sesuai dengan tempat tinggal yang disinggahi.

Dengan kata lain organisme tersebut dapat berganti warna kulit seperti warna tempat yang sedang disinggahi.

Di dalam duni biologi revolusioner, mimikri merupakan bagian dari proses evolusi yang terjadi pada beberapa spesies yang dapat menjadi sama persis dengan spesies lain. Hal ini bertujuan untuk dapat menghindar dari bahasa.

Fungsi Mimikri

Adapun fungsi dari mimikri diantaranya yaitu:

  • Untuk dapat mengelabui atau menghindari predator terhadap keberadaan suatu organisme di suatu lingkungan. Dengan begitu, hewan akan terlihat seperti tempat di mana mereka berada.
  • Membuat predator menjauh seolah-olah tidak melihat hewan buruannya.
  • Agar dapat dengan mudah menangkap mangsanya tanpa harus bersusah payah melakukan pengejaran.
Baca Juga :  11 Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurna Beserta Gambarnya Lengkap

Contoh Mimikri

Adapun contoh mimikri diantaranya yaitu:

Bunglon

Bunglon adalah salah satu hewan yang terkenal akan kemampuan mimikrinya. Bunglon yang memiliki warna dasar hijau, dapat mengubah warna tubuhnya menjadi warna apapun sesuai dengan tempat yang disinggahi.

Perubahan warna tersebut tidak hanya untuk mengelabui mangsanya, namun juga sebagai peringatan kepada sesama spesiesnya apabila terdapat suatu ancaman.

Lalat Bunga

Contoh lain dari mimikri yang menyerupai spesies lainnya adalah lalat bunga yang mempunyai bentuk tubuh seperti lebah. Salah satu spesies yang terlihat mirip lebah yakni lalat kerbau eropa.

Lalat ini akan menempel ke bunga layaknya lebah apabila mereka sedang bertemu dengan predatornya.

Kupu-Kupu Viceroy

Contoh berikutnya adalah kupu-kupu viceroy yang melakukan mimikri dengan cara menghasilkan pola sayap yang terlihat mirip seperti kupu-kupu monarch. Hal ini bertujuan agar kupu-kupu viceroy tidak dimangsa oleh burung.

Selain itu perlu diketahui jika kupu-kupu monarch atau bisa juga disebut sebagai kupu-kupu raja memiliki racun pada tubuhnya.

Laba-Laba Peloncat

Berbeda dengan laba-laba pada umumnya, laba-laba peloncat dapat melakukan mimikri karena tubuhnya yang berukuran sangat kecil dan terlihat menyerupai semut. Laba-laba ini dapat berubah bentuk secara fisik dan bersikap seperti seekor semut.

Kumbang Kura-Kura Emas

Kumbang dengan ukuran sekitar lima hingga tujuh milimeter ini dapat merubah warna tubuhnya sesuai dengan kondisi sekitar. Jika kumbang ini disentuh, maka tubuhnya akan berubah warna menjadi jingga keemasan dengan bintik-bintik hitam untuk kemudian berubah lagi menjadi jingga kecoklatan dengan bintik hitam.

Sedangkan jika kumbang tersebut dalam kondisi gelisah atau terancam, maka tubuhnya akan berwarna merah berkilauan.

Kelinci Sepatu Salju

Kelinci ini banyak ditemukan hidup di daerah dingin, Arktik. Cara kelinci ini dapat bertahan hidup agar terhindar dari predator yakni dengan merubah warna bulunya. Ketika musim dingin, bulunya akan berubah warna menjadi putih mirip seperti salju.

Baca Juga :  10 Contoh Hewan Amfibi

Sedangkan saat musim panas tiba, kelinci sepatu salju akan merubah warna bulunya menjadi kecoklatan mirip seperti warna tanah dan batang pohon.

Demikianlah pembahasan mengenai Mimikri semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (75 votes)