Pencemaran Udara Oleh Aktifitas Biologis

Posted on

Pencemaran Udara – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai pencemaran udara oleh aktifitas biologis, nah agar dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Pencemaran Udara

Dalam hal ini pencemaran udara terjadi karena adanya satu substansi atau lebih baik kimia, biologi ataupun kimia dia atmosfer pada jumlah yang mampu memberikan dampak negatif dan berbahaya untuk kesehartan manusia, tumbuhan dan hewan.

Dan serta merusak properti atau mengganggu kenyamanan. Secara umum pencemaran udara bisa ditimbulkan dari kegiatan manusia ataupun sumber alami.

Penyebab Pencemaran Udara

Adapun penyebab pencemaran udara diantaranya yaitu:

Kegiatan Industri

Kegiatan industri sudah menjelma menjadi icon yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Dan ada banyak sekali industri di dunia yang berperan dalam mencemari atmosfer mulai dari industri obat-obatan, makanan, pakaian, peralatan rumah tangga dan lain-lainnya.

Walaupun industri bisa meningkatkan nilai ekonomi suatu negara, faktanya masih banyak industri yang memiliki cerobong asap pabrik. Nah asap itulah yang memberikan efek sangat buruk terhadap udara. Penggunaan zat-zat berbaya yang dipakai selama proses industri akan naik ke udara dan merusaknya.

Terlalu Padatnya Lalu Lintas

Penyebab pencemaran udara yang selanjutnya ialah kepadatan lalu lintas. Asap kendaraan baik motor ataupun mobil bisa menyebabkan munculnya polusi udara.

Hal demikian dikarenakan bahan bakar kendaraan yang bisa menghasilkan hidrokarbon akibat pembakaran yang tidak sempurna. Zat inilah yang selama ini mengotori udara. Dampak pencemaran udara yang sudah akut akan mengganggu kesehatan.

Baca Juga :  Limbah Domestik : Pengertian, Contoh, Penanganan Dan Gambarnya

Adanya Letusan Gunung Berapi

Udara juga dapat tercemar akibat letusan gunung berapi. Dan biasnya gas-gas yang keluar dari gunung berapi ketika meletuslah yang nantinya akan menyebabkan udara menjadi kotor atau berpolusi.

Pembangkit Listrik

Pencemaran udara juga bisa dikarenakan penggunaan listrik. Terutama pembangkit listrik yang masih konvensional dengan memakai gas, minyak dan batu bara untuk pengoperasiannya.

Dalam proses pembangkit listrik biasanya menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna. Hal inilah yang membuat gas-gas berbahaya dari proses pembangkit listrik tersebut terbuang ke atmosfer dan merusaknya.

Kebakaran Hutan

Terjadinya kebakaran hutan dapat jadi disebabkan karena faktor cuaca dan kesengajaan manusia yang ingin membuka lahan dengan cara cepat. Dampak pencemaran udara yang diberikan sangat signifikan.

Bukan hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga dapat menyebabkan keracunan dalam tempo cepat. Dimana bila kadar polutannya terlalu tinggi, jalan keluar terbaik ialah dengan mengungsikan warga terdampak.

Dampak Pencemaran Udara

Secara umum polusi di udara memang disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak memperhatikan lingkungan sehingga menyebabkan pencemaran. Ada banyak sekali dampak pencemaran udara terhadap manusia yakni menimbulkan penyakit batuk, gangguan pernafasan, mengganggu kesehatan kulit dan mengganggu pandangan.

Dampak pencemaran udara untuk lingkungan yakni udara yang tercemar juga bisa menyebabkan hujan asam, mengganggu pertumbuhan tanaman, memicu pemanasan global dan lain sebagainya.

Polusi udara menjadi salah satu pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Selama ini yang lebih diketahui ialah efeknya pada pernapasan. Padahal ada satu peristiwa  yang saat ini mulai terasa di Indonesia yakni pemanasan global.

Suhu bumi mulai meningkat dan menyebabkan ketidaknormalan cuaca. Dan salah satu cara untuk penanggulangannya ialah dengan mengurangi polutan yang diantaranya melalui penanaman tumbuhan hijau.

Baca Juga :  Pencemaran Tanah : Penyebab Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Agar dampak-dampak pencemaran udara maupun polusi udara tersebut bisa diminimalisir ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Dan salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan ialah dengan mengganti pembangkit listrik konvensional dengan pembangkit listrik terbaru yang menggunakan sinar matahari atau alternatif energi lain.

Dan selain itu pabrik industri juga bisa memasang filter khusus yang bisa menyaring asap dengan maksimal sehingga saat dikeluarkan, asap dalam kondisi yang aman. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan baik mobil ataupun motor juga dapat membantu mengurangi jumlah polusi udara.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Pencemaran Udara Oleh Aktifitas Biologis dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: