Limbah Domestik : Pengertian, Contoh, Penanganan Dan Gambarnya

Posted on

Limbah Domestik – Limbah merupakan masalah serius yang harus dihadapi setiap negara. Keberadaan limbah dapat menjadi suatu gangguan bagi kehidupan manusia. Adanya limbah sendiri memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Sebuah penelitian bahkan menyebut bahwa 85% aktivitas yang dilakukan manusia akan menghasilkan limbah yang kemudian dibuang ke lingkungan. Dari sekian banyak jenis limbah salah satu yang paling sering kita dengar ialah limbah domestik. Nah apakah yang dimaksud dengan limbah domestik itu ??? Berikut ini akan kami ulas mengenai Limbah Domestik, untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Limbah Domestik

Pengertian limbah domestik dapat diartikan sebagai suatu limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Seperti diketahui bahwa berdasarkan asalnya, limbah memang dibedakan menjadi 3 jenis yakni limbah pertanian, limbah industri dan limbah domestik.

Limbah domestik sendiri menjadi masalah yang paling serius karena, umumnya tidak dikelola dengan tepat. Terlebih di daerah perkotaan, limbah domestik menjadi limbah dengan persentase terbesar dalam menyumbang kerusakan lingkungan hidup.

Contoh Limbah Domestik

Perlu kalian garis bawahi bahwa limbah domestik ialah limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga. Dari pengertian ini, kita bisa mengambil beberapa contoh limbah domestik yang biasa kita hasilkan sehari-hari. Akan tetapi berdasarkan wujudnya limbah ini dapat digolongkan menjadi 2 jenis yakni limbah cair domestik dan limbah padat domestik.

Limbah Cair Domestik

Limbah cair domestik ialah limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Contoh limbah domestik ini ialah air bekas cucian yang mengandung deterjen, minyak, air yang terbuang saat mandi yang mengandung banyak sabun dan kotoran manusia.

Baca Juga :  Mengenal Pengolahan Limbah Pertambangan Secara Biologis Serta Gambarnya Lengkap

Limbah-limbah ini memang tidak terlalu mengganggu lingkungan bila jumlahnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, bila terakumulasi dan menjadi satu, limbah ini dapat menjadi suatu masalah bagi kehidupan organisme lainnya, contohnya kelestarian ekosistem sungai yang ada di daerah perkotaan.

Sungai-sungai di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Palembang umumnya sudah sangat tercemar karena akumulasi limbah cair domestik. Keberadaan biota sungai menjadi sangat langkah karena ketidakmampuan mereka untuk bertahan hidup pada kondisi air yang tercemar.

Limbah Padat Domestik

Limbah ialah limbah padat yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Contoh limbah padat sangat banyak sekali. Sampah yang setiap hari kita hasilkan ialah contoh limbah domestik yang perlu mendapat perhatian. Selain itu kertas kardus, barang-barang bekas yang tidak bisa digunakan, serta perabotan rumah tangga pada akhirnya kita buang dan menjadi bahan pencemaran lingkungan.

Penanganan Limbah Domestik

Keberadaan limbah domestik juga perlu mendapat penanganan serius supaya tidak terakumulasi dan menimbulkan masalah. Setiap rumah tangga perlu menyadari hal ini supaya dapat ikut berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Langkah-langkah penanganan limbah domestik yang dapat kita lakukan diantaranya yaitu:

  • Membuat sarana penampungan kotoran “septictank” untuk mencegah timbulnya penyakit dan pencemaran lingkungan.
  • Menggunakan deterjen dan sabun secara efisien saat mencuci pakaian atau perabotan.
  • Membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya agar dapat dikelola kembali oleh petugas pengolah sampah secara efektif.
  • Mendaur ulang limbah yang sekiranya dapat dimanfaatkan kembali, misalnya menjadi suatu hiasan karya seni.
  • Mengurangi pemakaian plastik sebagai pembungkus ketika berbelanja.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Limbah Domestik dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.