Pengertian Vitamin : Jenis, Fungsi, Manfaat, Contoh, Dampak Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

Vitamin – Dalam hal ini vitamin merupakan salah satu unsure gizi yang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh kita. Vitamin biasanya terdapat pada makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Tubuh kita hanya membutuhkan sedikit saja vitamin, tetapi harus terus menerus.

Vitamin juga membuat tubuh kita lebih sehat dan kuat, maka dari itu kita selalu dianjurkan makan makanan yang mengandung banyak vitamin.

Pengertian Vitamin

Vitamin ialah zat senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh yang tugasnya ialah mengatur proses kegiatan tubuh. Vitamin juga berfungsi untuk pertumbuhan sel dan mengatur penggunaan makanan dan energi yang masuk ke dalam tubuh.

Setiap makhluk hidup membutuhkan vitamin, jika tubuh kekurangan vitamin maka tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Jenis, Contoh Dan Dampak Vitamin

Adapun dan jenis, contoh dan dampak vitamin diantaranya yaitu:

Vitamin A

Vitamin A atau yang sering juga disebut dengan retinol merupakan jenis vitamin yang berfungsi dalam menjaga dan merawat kecantikan kulit agar kulit selalu lembut dan halus. Selain itu vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin A diantaranya wortel, ubi jalar, sayuran yang berwarna hijau dan kuning, labu siam, alpukat, semangka dan masih banyak lagi. Jika tubuh kalian kekurangan vitamin A maka kalian dapat terkena penyakit katarak, rabuh senja, infeksi saluran pernafasan serta kulita yang tidak sehat.

Baca Juga :  Psikotropika : Pengertian, Golongan, Contoh, Bahaya, Efek, Undang-Undang Dan Gambarnya Lengkap

Vitamin B1

Vitamin B1 atau yang sering disebut Tiamin berfungsi dalam menambah nafsu makan dan mengatur alat-alat pernapasan serta fungsi saraf. Makanan yang mengandung vitamin B1 yakni biji-bijian, ragi, gandum, kacang-kacangan, telur, beras dan lain sebagainya.

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan tubuh yang mudah lelah, gangguan pada saraf, pencernaan yang tidak lancar dan penyakit beri-beri.

Vitamin B2

Ribloflavin atau vitamin B2 memiliki fungsi dalam pertumbuhan tubuh, dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit, menjaga kesehatan kuku dan membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga bisa menghasilkan energi.

Makanan yang mengandung vitamin B2 diantaranya yakni ragi, susu, kacang-kacangan, telur dan lain sebagainya.

Vitamin B6

Pridoksin atau vitamin B6 memiliki fungsi yang hampir sama dengan  vitamin B2 yakni menjaga kesehatan kulit dan rambut serta berguna dalam pertumbuhan tubuh. Fungsi lainnya yakni dapat mengurangi rasa mual serta mabuk saat dalam perjalanan, mengurangi gejala kejang-kejang serta mencegah peradangan kulit kasar.

Jagung, biji-bijian yang masih memiliki kuliat ari, ikan dan ragi ialah beberapa makanan yang mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan sulit tidur, kulit kasar, depresi dan mudah tersinggung.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau yang sering kita sebut dengan sianokobalamin berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah merah dan memperbaiki konsentrasi yang sering terganggu. Hati, daging dan juga telur ialah jenis makanan yang mengandung vitamin B12.

Jika kalian kekurangan B12 maka dapat menyebabkan kelelahan, munculnya penyakit anemia dan gangguan pada kulit.

Vitamin C

Vitamin C atau asam arkobat berfungsi dalam proses penyembuhan infeksi dan dapat menanggulangi alergi. Makanan yang mangandung vitamin C diantaranya sayuran segar, jeruk, tomat, nanas dan lain-lain.

Baca Juga :  Komponen Kimiawi Sel : Fungsi, Struktur Dan Gambarnya Lengkap

Gusi berdarah terhambatnya proses penyembuhan luka, nyeri pada area persendian dan daya tahan terhadap infeksi yang rendah ialah ciri-ciri orang yang kekurangan vitamin C.

Vitamin D

Vitamin D diperlukan oleh tubuh dalam proses pembentukan tulang serta memperkuat rangka. Beberapa makanan yang mangandung vitamin D yakni kuning telur, minyak ikan, mentega, susu dan ikan laut.

Sumber makanan tersebut masih berupa provitamin D dan belum membentuk vitamin D. Sinar matahari akan mengubah provitamin D tersebut menjadi vitamin D pada permukaan kulit. Jika kalian kekurangan vitamin D maka akan timbul gejala pertumbuhan yang terhambat, bentuk kaki yang bengkok, gigi keropos serta kejang-kejang pada otot.

Vitamin E

Tokoferol atau vitamin E berfungsi dalam mencegah kemandulan, keguguran serta perdarahan. Minyak zaitun, kecambah biji-bijian dan minyak kelapa merupakan sumber vitamin E yang baik bagi tubuh.

Tetapi jika tubuh kekurangan vitamin E maka dapat menimbulkan kemandulan dan gangguan pada otot.

Vitamin K

Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran hijau, kedelai dan tomat. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah yang suka membeku.

Fungsi Vitamin Untuk Tubuh Manusia

Adapun fungsi vitamin untuk tubuh manusia diantaranya yaitu:

  • Untuk mengatur zat-zat yang ada di dalam tubuh.
  • Menguatkan gigi dan tulang.
  • Mempercepat pertumbuhan pada tubuh.
  • Memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.
  • Mempercepat proses penyembuhan saat tubuh terkena penyakit.
  • Menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Memperlambat proses penuaan.
  • Membangun sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.
  • Menjaga tubuh tetap segar.
  • Menghilangkan rasa capek dan lelah.
  • Sebagai katalisator dalam reaksi biokimia dalam tubuh.

Manfaat Masing-Masing Vitamin

Nah mengetahui manfaat dan efek kesehatan dari masing-masing vitamin ialah hal yang sangat penting. Hal ini dapat membantu kalian menyeimbangkan pola makan dan mengetahui gejala-gejala defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu.

Baca Juga :  Sintesis Protein : Pengertian, Proses, Tahapan Dan Gambarnya Lengkap

Vitamin Yang Larut Dalam Lemak

  • Vitamin A yaitu untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi imun, menjadi salah satu faktor utama yang membantu pertumbuhan sel serta berperan dalam proses pembentukan gen dan protein.
  • Vitamin K yaitu berfungsi membantu proses pembekuan darah.
  • Vitamin D yaitu berfungsi membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang serta memelihara sistem saraf.
  • Vitamin E yaitu berfungsi melindungi membrane sel dapat mencegah pembekuan darah yang berlebihan serta memasok oksigen ke dalam darah.

Vitamin Yang Larut Dalam Air

  • Vitamin B yaitu menyediakan cadangan energi “vitamin B6” dan melepaskan energi “vitamin B12” serta memelihara sistem saraf dan visual.
  • Vitamin C yaitu berfungsi untuk membantu pembentukan kolagen dan melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Pengertian Vitamin dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: