Tulang Iga Manusia : Pengertian, Penyebab, Gejala Dan Cara Pengobatannya

Posted on

Tulang Iga Manusia – Nah apakah kalian pernah mendengar atau mengenal mengenai apa itu Tulang Iga Manusia, kali ini kami akan memberikan ulasan tentang Tulang Iga Manusia untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak pemaparannya dibawah ini.

Tulang ialah organ dengan struktur keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia. Organ-organ ini dinamis dan terus berubah sering stimulus dari lingkungan.

Fungsi tulang:

  • Sebagai Penunjang
    Fungsi tulang yang pertama, yaitu tulang menyediakan suatu kerangka untuk tempat penempelan otot dan jaringan-jaringan lainnya.
  • Sebagai Perlindungan
    Tulang juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ dalam manusia. Contohnya seperti tengkorak dan tulang sangkar rusak melindungi organ dalam dari luka-luka.
  • Sebagai Pergerakan
    Fungsi tulang sebagai tuas dan titik penempelan otot yang memungkinkan pergerakan tubuh manusia.
  • Sebagai Tempat Penyimpanan Mineral
    Fungsi tulang selanjutnya adalah menyimpan mineral yang penting bagi kegiatan sel di seluruh tubuh yaitu, kalsium dan fosfor. Bisa dibilang, tulang adalah gudangnya kalsium dan fosfor tersebut.
  • Sebagai Tempat Terjadinya Produksi Sel Darah
    Di dalam rongga tulang tertentu akan terdapat sumsum tulang. Di sumsum tulang inilah nantinya tubuh memproduksi sel darah. Jadi fungsi tulang juga mencakup sebagai tempat produksi sel darah.
  • Sebagai Tempat Penyimpanan Energi
    Lemak atau lipida yang disimpan di dalam sel-sel adipose di sumsum kuning merupakan gudang energi bagi manusia. Oleh karena itu, fungsi tulang juga cukup vital sebagai penyimpanan energi.

Pengertian Tulang Iga Manusia

Tulang iga atau rusuk ialah bagian tubuh yang memiliki fungsi sebagai pelindung organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Baca Juga :  Jumlah Tulang Manusia - Bayi Dan Dewasa

Struktur tulang ini sangat kuat, tetapi tetap bisa retak atau patah. Dan salah satunya ialah karena benturan didada saat terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Pada kebanyakan kasus, patah tulang rusuk hanya berupa retakan dan biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu 1-2 bulan dengan perawatan di rumah.

Namun bila benturannya sangat kuat, tulang rusuk atau iga bisa benar-benar patah sampai menembus kulit atau merusak pembuluh darah besar dan organ vital di sekitarnya seperti paru-paru dan liver.

Penyebab Tulang Iga Rusak Patah

Nah seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tulang iga atau rusuk patah paling sering disebabkan oleh hantaman di bagian dada. Ini bisa terjadi karena kecelakaan lalu lintas, terjatuh, penganiayaan atau benturan saat berolahraga.

Namun penyebabnya bukan hanya itu, tulang iga atau rusuk patah juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu misalnya osteoporosis atau kanker tulang.

Kedua kondisi ini dapat membuat tulang rapuh, sehingga tulang mudah sekali patah meski hanya karena batuk atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Gejala Tulang Iga Rusak Patah

Tulang iga atau rusuk patah dapat ditandai dengan munculnya nyeri di bagian dada. Gejala nyeri akibat patah tulang rusuk akan terasa semakin parah saat:

  • Tulang rusuk disentuh di bagian yang patah.
  • Menarik napas dalam-dalam.
  • Memutar badan.
  • Batuk.

Pengobatan Tulang Iga Rusak Patah

Pengobatan awal untuk tulang rusuk patah ialah dengan pemberian obat pereda nyeri. Tujuannya ialah agar penderita tetap bisa bernapas, batuk dan menggerakkan tubuh dengan lebih nyaman. Apabila rasanya nyeri akibat patah tulang iga atay rusuk tidak segera diredakan, dapat terjadi sesak napas.

Untuk orang dewasa, ada 3 pilihan obat pereda nyeri yang bisa dikonsumsi yakni paracetamol, ibuprofen dan aspirin. Namun untuk anak-anak, pemberian obat pereda nyeri harus dikonsultasikan dulu dengan dokter, sebab ada beberapa obat pereda nyeri yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak dibawah usia tertentu.

Baca Juga :  Struktur Diafragma (Organ)

Selain itu, orang lanjut usia, wanita hamil, penderita asma, penderita penyakit ginjal, serta orang yang pernah mengalami strok, penyakit jantung, perdarahan lambung atau sakit maag juga perlu berhati-hati dalam menggunakan obat pereda nyeri.

Cara lain yang bisa digunakan untuk meringankan nyeri akibat patah tulang rusuk adalah dengan membebat dada. Hanya saja, pembebatan tidak boleh terlalu kencang karena dapat menghambat paru-paru untuk mengembang dan meningkatkan risiko terjadinya pneumonia.

Umumnya, patah tulang rusuk dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, bila tulang rusuk benar-benar patah dan ujung patahannya menusuk organ dalam, dapat terjadi komplikasi berupa pneumothorax (timbunan udara di rongga dada) dan hemothorax (penimbunan darah di rongga dada).

Jika seperti ini, perlu dilakukan operasi untuk memperbaiki tulang yang patah dan kerusakan pada organ dalam. Selain itu, operasi juga diperlukan bila satu tulang iga atau rusuk patah di dua tempat, sehingga ada satu ruas tulang yang terlepas dan “mengambang”. Kondisi ini disebut flail chest.

Patah tulang rusuk juga bisa menimbulkan komplikasi berupa infeksi saluran napas dan paru-paru. Hal tersebut bisa terjadi karena penderita patah tulang rusuk sulit untuk batuk akibat nyeri, sehingga terjadi penumpukan lendir di saluran napas yang akan memicu infeksi. Pada kondisi ini, dokter akan memberikan pengobatan untuk mengatasi infeksi dan mempermudah pengeluaran dahak.

Tulang rusuk patah memang umumnya dapat sembuh sendiri. Meski begitu, bila kondisinya parah, patah tulang rusuk dapat menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, periksakanlah diri ke dokter jika anda mengalami cedera di bagian dada, untuk mengetahui apakah tulang rusuk anda patah atau tidak.

Demikianlah pembahasan mengenai Tulang Iga Manusia semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (66 votes)
Baca Juga :  Fungsi Tulang Atas Dan Masalah Yang Timbul