Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Tunas

Posted on

Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Tunas – Dalam hal ini salah satu ciri-ciri makhluk hidup ialah berkembang biak dengan tujuan memperbanyak keturunan. Dan begitu juga dengan tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan beberapa cara.

Jika dilihat dari cara perkembangbiakannya, tumbuhan dibedakan menjadi 2 macam yaitu secara generatif dan secara vegetatif.

Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan dilakukan dengan menggunakan biji atau melalui proses perkawinan.

Dan sedangkan vegetatif ialah cara perkembangbiakan tanpa melalui proses perkawinan.

Vegetatif sendiri dapat dibedakan menjadi dua macam yakni vegetatif alami dan vegetatif buatan. Tunas merupakan salah satu bentuk vegetatif alami tanpa adanya campur tangan manusia.

Tunas pada tumbuhan biasanya muncul pada bagian pangkal batang dari indukan dan terus mengalami pertumbuhan hingga mirip seperti tanaman induknya. Namun ada juga tunas yang timbul dari bagian daun yang lebih dikenal dengan istilah tunas adventif.

Setiap tumbuhan yang muncul dari tunas sudah tentu mempunyai sifat yang sama dengan tumbuhan induknya. Tunas biasanya muncul dalam bentuk kuncup dan terdiri atas batang, calon daun, calon bunga dan calon buah.

Jenis Tumbuhan Yang Dapat Berkembang Biak Dengan Tunas

Nah berikut ini beberapa jenis tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan menggunakan tunas diantaranya yaitu:

Pohon Pisang

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan satu ini. Pohon pisang termasuk tumbuhan yang sangat cocok hidup pada iklim tropis dan iklim subtropis, tidak heran jika pohon pisang cukup banyak dibudidayakan di Indonesia.

Baca Juga :  Jaringan Penyusun Daun Dikotil

Pohon pisang berkembang biak secara vegetatif alami atau dengan kata lain tanpa bantuan manusia yakni dengan menumbuhkan tunas. Tunas yang tumbuh biasanya tidak berada jauh dari tumbuhan induk.

Tunas pohon pisang berasal dari bagian ketiak yang berada di dalam tanah, tidak jauh dari akar pohon pisang induk. Nantinya tunas pohon pisang akan muncul ke permukaan tanah secara bertahap dan terus berkembang hingga menjadi pohon pisang dewasa.

Pohon Bambu

Pohon bambu termasuk tumbuhan yang dapat melakukan perkembangbiakan dengan dua cara yakni secara vegetatif dan secara generatif. Untuk perkembangbiakan secara vegetatif, pohon bambu akan menghasilkan tunas sebagai calon pohon bambu.

Tunas bambu berasal dari bagian ruas-ruas akar rimpang. Akar rimpang ini menjalar dan dapat menumbuhkan akar sendiri, inilah yang menyebabkan pohon bambu terlihat berumpun.

Akar rimpang ini akan terus tumbuh dalam jumlah yang banyak. Nantinya setiap batang bambu yang menghasilkan tunas serta tumbuh menjadi batang bambu dapat menghasilkan akar rimpang sendiri.

Pohon Sukun

Pohon sukun termasuk tumbuh tropis dan sangat cocok hidup pada suhu 20-40 derajat celcius, tempat dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun serta lebih banyak ditemukan di sekitar dataran rendah (> 600 mdpl).

Untuk memperbanyak keturunan, pohon sukun berkembang biak dengan menggunakan tunas adventif yakni tunas yang muncul dari ujung batang tumbuhan dan juga ketiak daun tumbuhan. Tunas adventif dari pohon sukun berada pada bagian akar.

Perlu diketahui akar sukun tumbuh di dalam tanag dan menyebar luar. Hal inilah yang menyebabkan tunas adventif pohon sukun berada jauh dari pohon induk.

Tebu

Di Indonesia pohon tebu memiliki peran yang amat yang amat penting dari sektor pertanian. Dari pohon inilah gula pasir dihasilkan. Perlu diketahui jika di Indonesia gula pasir merupakan salah satu komoditi dari sembilan bahan pokok.

Baca Juga :  6 Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Tebu berkembang biak dengan menggunakan tunasnya. Namun terdapat beberapa tahap yang harus dilalui sehingga tumbuh menjadi tumbuhan dewasa.

Fase pertama yakni perkecambahan dengan dimulai dari munculnya mata tunas. Seiring berjalannya waktu mata tunas ini akan dilengkapi oleh daun, batang, dan akar.

Fase kedua adalah pertunasan di mana muncul mata-mata pada bagian batang. Fase ini penting karena merefleksikan produktivitas dari tumbuhan tebu.

Fase ketiga merupakan fase perkembangan bagian-bagian tertentu mulai dari batang, tajuk daun dan akar. Fase terakhir adalah kemasakan atau generatif maksimal yang diawali dengan melambat atau terhentinya pertumbuhan vegetatif.

Cocor Bebek

Cocor bebek banyak dijadikan sebagai salah satu tanaman hortikultura terutama sebagai tanaman hias. Tumbuhan yang berasal dari Madagaskar ini menyukai tempat-tempat dengan banyak sinar matahari dan dapat hidup pada tempat berbatu sekalipun.

Untuk memperbanyak keturunannya, cocor bebek berkembang biak secara vegetatif alami melalui tunas adventif. Uniknya tunas adventif pada cocor bebek tumbuh di bagian ujung-ujung daun.

Nantinya tunas adventif yang telah terpisah dari tumbuhan induk dapat tumbuh membentuk individu baru. Keunikan lain dari cocor bebek adalah jika daunnya robek atau jatuh di atas tanah, maka dari daun tersebut dapat muncul tanaman baru.

Tidak heran jika memperbanyak tumbuhan cocor bebek tidaklah sulit. Bahkan dari sehelai daun cocor bebek dapat menghasilkan lebih dari 10 tunas baru tergantung dari lebar kecilnya daun.

Demikianlah pembahasan mengenai Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Tunas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.2/5 - (75 votes)