Vitamin B : Pengertian, Jenis, Manfaat, Dampak Kekurangan Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

Vitamin B – Vitamin B memegang peranan penting bagi tubuh. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Mengingat manfaat vitamin B bagi tubuh, maka kalian harus selalu menyertakan zat ini dalam pola makan harian kalian.

Pengertian Vitamin B

Vitamin B ialah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya vitamin pernah diduga hanya memiliki satu tipe yakni vitamin B “seperti orang mengenal, vitamin C atau vitamin D”.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia di dalamnya membedakan vitamin ini satu sama salin dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Yang masing-masing tipe vitamin B suplemen memiliki nama masing-masing “contoh: B1, B2, B3”.

Nah ingin tahu selengkapnya apa saja jenis dan manfaat vitamin B,, berikut ini penjelasannya dibawah ini.

Jenis-Jenis Vitamin B Dan Manfaatnya

Ada delapan jenis vitamin B dan masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda-beda, jika digabungkan kedelapan zat ini disebut vitamin B kompleks. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai manfaat vitamin B yaitu:

Vitamin B1 “Thiamine”

Dan selain menjaga sistem saraf Anda senantiasa sehat, vitamin ini dibutuhkan didalam mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Untuk meraih faedah itu, kalian sanggup konsumsi makanan kaya vitamin B1 layaknya telur, susu, roti berasal dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan fresh dan kering, serta sayuran layaknya kacang polong.

Baca Juga :  Bagian Bagian Kulit Manusia : Peranan Serta Fungsinya

Tiap harinya tubuh kalian memerlukan asupan vitamin B1 sebanyak 0,8 mg untuk wanita, dan 1 mg untuk pria. Jumlah ini mudah didapatkan berasal dari makanan sehari-hari agar umumnya tidak mesti untuk konsumsi suplemen.

Vitamin B2 “Riboflavin”

Bila ingin menjaga agar kulit dan mata senantiasa sehat? cukupi kebutuhan harian vitamin B2 kalian. Dosis konsumsi vitamin B2 harian yang direkomendasi adalah 1,1 mg untuk wanita, dan 1,3 mg untuk pria. kegunaan vitamin B2 lainnya ialah menjaga sistem saraf agar senantiasa sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak didalam makanan.

Nah kalian sanggup meraih vitamin B2 berasal dari ikan, telur, susu, sayur mayur atau nasi. Namun, jauhkan makanan berikut berasal dari paparan sinar matahari sebab sanggup menyebabkan kerusakan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya.

Vitamin B3 “Niacin”

Vitamin B3 sanggup menjaga sistem saraf agar senantiasa bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber paling baik vitamin B3 sanggup ditemukan terhadap susu,kacang-kacangan,  telur, ikan, dan daging sapi. Kebutuhan harian vitamin B3 adalah 13 mg untuk wanita, dan 17 mg untuk pria.

Vitamin B5 “Pantothenic Acid”

Vitamin B5 membantu perkembangan tubuh serta mutlak didalam memproduksi hormon. Selain itu, makanan yang kalian makan sanggup diubah menjadi energi sebab terdapatnya vitamin B5. Vitamin B5 sanggup ditemui terhadap makanan, layaknya kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah.

Vitamin B6 “Pyridoxine”

Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen didalam darah ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan didalam mengubah protein dan karbohidrat berasal dari makanan agar menjadi energi. Saluran pencernaan, otot, dan sebagian bagian berasal dari sistem imunitas pun terjaga dengan terdapatnya vitamin ini di tubuh kalian.

Baca Juga :  Pengertian Vitamin : Jenis, Fungsi, Manfaat, Contoh, Dampak Dan Gambarnya Lengkap

Vitamin B6 sanggup didapat berasal dari kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang. Dosis konsumsi harian vitamin B6 adalah 1,2 mg untuk wanita, dan 1,4 mg untuk pria.

Vitamin B7 “Biotin”

Vitamin ini memiliki peran mutlak didalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Anda sanggup meraih vitamin B7 dengan konsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

Vitamin B9 “Folic Acid”

Bersama vitamin B12, vitamin B9 mutlak didalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B9 juga sanggup membantu sel-sel tubuh didalam pembuatan serta menjaga DNA. Lebih jauh, konsumsi vitamin B9 kala hamil sanggup turunkan risiko bayi di didalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat, layaknya spina bifida.

Dosis vitamin B9 yang dibutuhkan adalah 0,2 mg per hari. Untuk ibu hamil atau berencana hamil, kalian direkomendasi konsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Namun jikalau ada bagian keluarga yang pernah terkena spina bifida, kalian direkomendasi untuk konsumsi 5 mg tiap harinya. Konsumsi suplemen ini sejak kalian berhenti menggunakan kontrasepsi sampai usia kandungan setidaknya 3 bulan.

Sumber vitamin B9 yang sanggup ditemukan terhadap makanan adalah brokoli, kacang, kacang polong, asparagus, bayam, dan sereal.

Vitamin B12 “Cobalamin”

Vitamin B12 mutlak didalam memproduksi sel darah merah, memproduksi vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga sistem saraf tubuh agar senantiasa sehat. Kalian sanggup meraih vitamin B12 berasal dari salmon, daging, susu, keju, dan telur. Dosis yang direkomendasi untuk orang dewasa adalah 1,5 mcg per hari.

Meski bermanfaat, konsumsi vitamin B mesti sesuai dengan kandungan harian yang ditentukan, sebab konsumsi vitamin B secara berlebihan juga sanggup menyebabkan pengaruh negatif.

Baca Juga :  Jaringan Otot : Pengertian, Fungsi, Ciri, Macam Dan Perbedaannya

Dampak Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Nah berikut ini bila kekurangan vitamin B bisa menyebabkan berbagai kondisi seperti yaitu:

  • Penyakit beri-beri
  • Anemia
  • Kram otot
  • Kulit kering
  • Mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki
  • Mudah mengalami kelelahan
  • Nafsu makan menjadi berkurang
  • Depresi
  • Rambut menjadi rontok
  • Dan melemahnya sistem kekebalan tubuh

Nah apabila kalian kekurangan vitamin B saat hamil dan selain berisiko terhadap kesehatan diri bayi kalian juga berisiko lahir cacat yang sangat mengganggu masa pertumbuhannya. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B secara maksimal, kalian disarankan menerapkan pola makan dengan gizi yang seimbang yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai Vitamin B dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: