Salah Satu Ciri Makhluk Hidup Adalah

Salah Satu Ciri Makhluk Hidup Adalah – Dalam hal ini di Bumi ada berbagai jenis dan kelompok makhluk hidup, selain manusia, jenis makhluk hidup lain yang ada di bumi ialah tumbuhan dan hewan. Sebenarnya makhluk hidup itu apa ya?

Makhluk hidup ialah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai bentuk perubahan lingkungan dan dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya.

Meski di bumi ada benda lainnya seperti batu, tanah, air, hingga angin, berbagai benda tadi tidak dikategorikan sebagai makhluk hidup. Hal ini ternyata disebabkan karena benda-benda tadi merupakan benda mati.

Sebagai makhluk hidup ternyata ada ciri-ciri yang bisa kita ketahui untuk membedakan makhluk hidup dengan benda mati. Nah untuk lebih jelasnya mengetahui salah satu ciri makhluk hidup, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

Sebagian makhluk hidup punya ciri-ciri yang sama, kesamaan itu adalah bergerak, bernapas, mengalami pertumbuhan, berkembang biak, makan dan minum serta peka terhadap stimulus atau iritabilitas.

Bergerak

Makhluk hidup memiliki kemampuan bergerak tanpa memerlukan bantuan dari pihak lain. Ini artinya makhluk hidup bisa bergerak dengan sendirinya sepetri berjalan, berlari, memanjat hingga berenang.

Kegiatan bergerak sendiri terbagi menjadi dua yakni bergerak aktif dan bergerak pasif. Bergerak aktif adalah proses perubahan posisi dari satu tempat ke tempat lainnya seperti berjalan dan berlari.

Dan sedangkan bergerak pasif adalah pergerakan tanpa harus berpindah tempat. Contohnya adalah berjalan di tempat. Setiap makhluk hidup punya cara pergerakan yang berbeda-beda, misalnya manusia bergerak menggunakan kaki, ikan berenang dengan siripnya dan burung terbang menggunakan sayap.

Baca Juga :  Klasifikasi Makhluk Hidup

Bernapas

Ada dua jenis makhluk hidup yang memiliki cara bernapas yang sama yakni manusia dan hewan. Manusia dan hewan bernapas dengan cara menghirup oksigen atau O2 dan mengeluarkan karbon dioksida atau CO2.

Sebaliknya tumbuhan akan menghirup CO2 dan menghasilkan oksigen yang akan berguna bagi manusia dan tumbuhan yang berlangsung di pagi dan siang hari. Dan sedangkan di malam hari tumbuhan akan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon di oksida.

Sama seperti bergerak alat pernapasan pada setiap makhluk hidup juga berbeda-beda. Manusia dan hewan mamalia bernapas dengan menggunakan paru-paru, hal ini berlaku juga bagi mamalia yang tinggal di dalam air.

Dan sedangkan ikan bernapas dengan mengginakan insang, tumbuhan bernapas dengan stomata atau mulut daun dan lentisel. Namun ada juga beberapa jenis hewan yang bernapas melalui kulitnya seperti cacing.

Mengalami Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran, baik tinggi badan dan berat badan. Nah pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti asupan gizi yakni dari makanan dan minuman serta kebiasaan berolahraga.

Pertumbuhan makhluk hidup bisa kita lihat dari hal yang terjadi pada manusia maupun hewan. Manusia mengalami pertumbuhan dari bayi, lalu menjadi anak-anak, remaja kemudian menjadi orang dewasa.

Dan sedangkan pada hawan salah satu contoh pertumbuhan yang bisa kita lihat adalah pada ayam. Ayam berawal dari telur, yang akan berkembang, kemudian menetas menjadi anak ayam, lalu tumbuh menjadi ayam dewasa.

Berkembang Biak

Ciri makhluk hidup yang keempat adalah berkembang biak yakni kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan atau makhluk hidup baru. Tujuan dari berkembang biak ini adalah untuk melestarikan jenisnya.

Cara berkembang biak pada makhluk hidup dibedakan menjadi beberapa cara yakni melahirkan dan bertelur. Berkembang biak dengan cara melahirkan ini terjadi pada mamalia seperti pada manusia dan hewan mamalia lainnya, mulai dari kucing, anjing, sapi, kambing dan berbagai hewan mamalia lainnya. Dan sedangkan bertelur terjadi pada jenis hewan lain seperti unggas maupun ikan.

Baca Juga :  Mengenal 10 Tingkat Organisasi Kehidupan Dalam Objek Kajian Biologi Serta Gambarnya Lengkap

Makan Dan Minum

Makhluk hidup juga butuh makan dan minum yang merupakan ciri berikutnya dari makhluk hidup. Makanan dan minuman yang bergizi, bersih dan sehat diperlukan oleh makhluk hidup untuk mendukung pertumbuhan tubuh yang sehat dan mendapatkan energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas.

Kita bisa mendapatkan asupan makanan dan minuman dengan cara mengunyaj serta menelan makanan tadi. Namun berbeda dengan tumbuhan, yang mendapatkan makanan dari proses fotosintesis yang memerlukan sinar matahari untuk “memasak” makanannya.

Peka Terhadap Stimulus

Ciri terakhir dari makhluk hidup adalah peka terhadap stimulus atau iritabilitas. Nah kepekaan makhluk hidup pada stimulus yang diterimanya berbeda-beda. Pada manusia misalnya ukuran pupil mata akan membesar dan mengecil saat mata mendapatkan stimulus berupa sinar matahari yang diterima oleh mata.

Saat mata menerima terlalu banyak sinar matahari, maka pupil akan mengecil. Sebaliknya ketika berada di tempat minim cahaya, pupil mata akan membesar. Contoh stimulus lain adalah pada daun putrid malu yang akan menguncup saat disentuh. Ada juga lipan yang akan menggulung tubuhnya saat menerima stimulus berupa sentuhan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Salah Satu Ciri Makhluk Hidup Adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Salah Satu Ciri Makhluk Hidup Adalah | Admin14 | 4.5
/* */