25 Contoh Daun Sejajar

Posted on

Contoh Daun Sejajar – Nah di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai beberapa contoh daun tumbuhan dengan tulang daun yang tersusun, menjari. Pada artikel kali ini kita melanjutkan pembahasan tersebut yakni mengenai contoh daun sejajar.

Daun sejajar adalah salah satu pola susunan daun yang dapat diamati pada berbagai jenis tanaman. Sebaliknya, ada pula pola susunan daun seperti daun berlawanan dan daun berselang, di mana daun-daunnya disusun secara bergantian di sepanjang batang.

Seperti apakah susunan tulang daun sejajar itu ?? Apa saja contoh daun sejajar yang dapat kita temukan pada tanaman  di sekitar lingkungan tempat tinggal kita ?? untuk mengetahui jawabannya silahkan simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Daun Sejajar

Mengacu pada konsep dalam botani yang merujuk pada tata letak atau susunan daun-daun pada suatu tanaman. Dalam istilah botani, daun-daun dikatakan “sejajar” ketika mereka disusun sejajar satu sama lain di sepanjang batang tanaman, biasanya dalam dua baris atau lebih.

Daun sejajar adalah salah satu pola susunan daun yang dapat diamati pada berbagai jenis tanaman. Sebaliknya, ada pula pola susunan daun seperti daun berlawanan dan daun berselang, di mana daun-daunnya disusun secara bergantian di sepanjang batang.

Tata letak daun pada suatu tanaman dapat memberikan informasi penting dalam identifikasi jenis tanaman tersebut. Pemahaman tentang pola susunan daun, bersama dengan karakteristik lain seperti bentuk daun, tepi daun, dan venasi, membantu dalam klasifikasi dan taksonomi tanaman.

Ciri-Ciri Daun Sejajar

Daun sejajar “rectinervis” merupakan daun tumbuhan yang memiliki tulang daun dengan susunan sejajar. Dan biasanya daun dengan tulang semacam ini dapat kita temukan pada tumbuhan monokotil dengan daun yang berbentuk pita.

Baca Juga :  8 Contoh Daun Melengkung

Daun tulang sejajar memiliki satu ibu tulang daun yang terletak di bagian tengah, ibu tulang daun ini berukuran besar membujur dari pangkal hingga ujung daun. Sementara anak tulang daun berukuran lebih kecil dengan posisi sejajar ibu tulang daunnya yaitu sama-sama membujur dari pangkal sampai ujung daun.

Daun dengan tulang daun sejajar dapat kita temukan pada beberapa tumbuhan di sekitar kita. Contoh daun sejajar misalnya dimiliki oleh tumbuhan dalam keluarga palmae “palem-paleman”, keluarga graminae “rumput-rumputan” dan keluarga cyperaceae “teki-tekian”.

Contoh Daun Sejajar

Nah berikut ini telah kami rangkum beberapa contoh daun sejajar lengkap dengan gambarnya.

Daun Padi (Oryza sativa)

Yang pertama contoh daun bertulang sejajar ialah padi. Padi termasuk tumbuhan monokotil dalam keluarga graminae. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk pita. Daun padi memanjang dengan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya.

Daun Jagung

Yang Kedua jagung juga termasuk tumbuhan yang memiliki daun bertulang sejajar. Daun jagung berbentuk seperti pita dengan ibu dan anak tulang daun membujur dari pangkal pelepah hingga ujung daunnya. Sisi daun jagung sering kali sangat tajam sehingga kita harus berhati-hati jika memasuki kebun jagung supaya kulit kita tidak tersayat.

Daun Tebu (Saccharum officinarum)

Yang Ketiga tebu merupakan tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman ini juga merupakan contoh daun sejajar. Yang memiliki bentuknya menyerupai pita dan tulang daunnya membujur dari pangkal hingga ujung. Tebu juga termasuk tumbuhan dalam keluarga rumput-rumputan.

Daun Kelapa Dan Kelapa Sawit

Yang keempat kelapa dan kelapa sawit adalah dua tanaman penghasil minyak nabati terbesar di dunia. Kedua daun tumbuhan monokotil ini juga adalah contoh daun sejajar. Ibu tulang daunnya sering kali kita gunakan sebagai sapu lidi, sementara anak tulang daunnya terikut dalam helaian daunnya

Daun Aren

Yang kelima sama sepert kelapa dan kelapa sawit, aren juga termasuk jenis tumbuhan dalam keluarga Palmae. Tumbuhan ini pun memiliki daun dengan tulang yang sejajar. Tulang daun aren umumnya lebih besar di antara tulang daun tumbuhan keluarga palmae lainnya.

Baca Juga :  9 Contoh Serta Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Daun Teki

Yang keenam contoh daun sejajar selanjutnya adalah daun teki. Daun teki dan daun tumbuhan lainnya yang termasuk keluarga teki-tekian (cyperaceae) memang memiliki daun yang berbentuk pita. Tulang daunnya menjalar dari ujung ke pangkal daun dekat dengan tangkai.

Daun Alang-alang

Yang ketujuh alang-alang (Cyperus kilingia) adalah gulma berbahaya pada setiap tanaman produksi. Bagi petani, keberadaan alang-alang di lahannya akan dianggap sangat merugikan. Selain meningkatkan persaingan unsur hara, alang-alang juga mengeluarkan zat alelopati yang berupa senyawa racun bagi tumbuhan lain di sekitarnya termasuk tanaman yang dibudidayakan. Perlu diketahui, daun alang-alang juga termasuk contoh daun sejajar.

Daun Rumput Gajah (Pennisetum purpureum)

Yang kedelapan rumput gajah saat ini banyak dibudidayakan sebagai pakan ternak hewan ruminansia, seperti kambing, sapi, dan kerbau. Dengan bentuknya yang menyerupai pita, daun rumput gajah juga termasuk contoh daun bertulang daun sejajar.

Daun Sereh

Yang kesembilan sereh lazimnya digunakan sebagai bumbu masak, selain itu, tumbuhan rempah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan herbal pengobatan beragam jenis penyakit. Daun tumbuhan ini menyerupai pita dengan tulang daun yang sejajar.

Daun Bambu (Bambusoideae family)

Yang kesepuluh Contoh daun sejajar yang terakhir adalah daun bambu. Anda bisa melihat bagaimana susunan tulang daunnya yang sejajar dengan melihat gambar di atas.

Contoh Daun Sejajar Lainnya

Berikut adalah contoh tanaman dengan daun sejajar beserta penjelasan singkat mengenai masing-masing:

  • Sorghum (Sorghum bicolor): Jenis rumput-rumputan yang penting dengan daun sejajar yang terdapat di batangnya.
  • Rumput (Poaceae family): Keluarga tanaman rumput yang mencakup berbagai jenis dengan daun sejajar.
  • Lili (Lilium spp.): Tanaman hias yang memiliki daun sejajar di sepanjang batangnya.
  • Keladi (Colocasia spp.): Tanaman umbi dengan daun sejajar yang besar dan menarik.
  • Jerami (Zea mays): Tanaman jagung dengan daun sejajar di sepanjang batangnya.
  • Alang-alang (Imperata cylindrica): Rumput tahan api dengan daun sejajar yang tumbuh di daerah tropis.
  • Kapur sirih (Piper betle): Tanaman merambat yang daunnya sejajar dan biasa digunakan sebagai sirih.
  • Sirih (Piperaceae family): Keluarga tanaman yang termasuk kapur sirih, memiliki daun sejajar.
  • Daun bawang (Allium fistulosum): Sayuran berdaun sejajar yang sering digunakan dalam masakan.
  • Sisal (Agave sisalana): Tanaman penghasil serat dengan daun sejajar di bagian atas batangnya.
  • Rotan (Calamus spp.): Tanaman yang menghasilkan serat rotan dengan daun sejajar pada batangnya.
  • Daun pandan (Pandanus spp.): Tanaman tropis dengan daun panjang sejajar yang sering digunakan dalam masakan.
  • Sagu (Metroxylon sagu): Tanaman penghasil sagu dengan daun sejajar yang tumbuh di daerah tropis.
  • Cyperus (Cyperaceae family): Keluarga rumput-rumputan dengan daun sejajar yang sering ditemukan di tempat basah.
  • Bunga matahari (Helianthus annuus): Tanaman bunga yang memiliki daun sejajar di sepanjang batangnya.
Baca Juga :  Akar Tumbuhan

Kesimpulan

Mengacu pada konsep dalam botani yang merujuk pada tata letak atau susunan daun-daun pada suatu tanaman. Dalam istilah botani, daun-daun dikatakan “sejajar” ketika mereka disusun sejajar satu sama lain di sepanjang batang tanaman, biasanya dalam dua baris atau lebih.

Daun sejajar adalah salah satu pola susunan daun yang dapat diamati pada berbagai jenis tanaman. Sebaliknya, ada pula pola susunan daun seperti daun berlawanan dan daun berselang, di mana daun-daunnya disusun secara bergantian di sepanjang batang.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Contoh Daun Sejajar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.