Tulang Pendek

Posted on

Tulang Pendek – Tulang pendek adalah salah satu dari lima jenis tulang berdasarkan bentuknya, yang meliputi: panjang, pendek, pipih, tidak teratur, dan sesamoid. Tulang pendek cenderung lebar dan datar, memberikan dukungan struktural yang penting.

Nah dalam kehidupan manusia tulang atau kerangka ialah suatu penopang tubuh vertebrata. Dan tanpa tulang, pasti tubuh tidak akan dapat tegak atau digerakan.

Dalam hal ini terbentuknya tulang sendiri ialah mulai sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai decade kedua dalam susunan yang teratur. Pengertian tulang ialah suatu jaringan yang kuat dan tangguh yang member bentuk pada tubuh. Tanpa tulang tubuh tidak akan dapat berdiri tegak.

Selain itu, tulang juga berfungsi dalam sistem gerak. Namun dipertemuan kali ini hanya akan membahas mengenai tulang pendek. Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti tentang tulang pendek simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tulang Pendek

Lantas apa yang dimaksud dengan tulang pendek ?? merupakan salah satu jenis tulang yang ada dalam tubuh manusia yang memiliki bentuk mirip dengan kubus, pendek dan tak beraturan dan juga berbentuk bulat.

Tulang pendek adalah jenis tulang yang memiliki panjang dan lebar yang hampir sama, sehingga memberikan bentuk datar atau lebar. Mereka memiliki fungsi utama dalam memberikan dukungan struktural dan perlindungan terhadap organ-organ dalam tubuh. Selain itu, tulang-tulang pendek juga berperan dalam pergerakan dan memberikan titik-titik perlekatan untuk otot dan ligamen.

Dan dengan adanya tulang ini memungkinkan goncangan yang terjadi yang keras sekalipun dapat direndam dan gerakan tulang yang bebaspun dapat dilakukan.

Lantas Dimanakah Letak Tulang Pendek ??

Dalam hal ini kita dapat menjumpai dari jenis tulang pendek ini terdapat pada tulang telapak kaki, lalu telapak tangan, kemudian pada pergelangan kaki dan juga pada pergelangan tangan. Dan selain memiliki bentuk yang sangat kecil akan tetapi sangat kuat dengan bentuknya yang bulat dan pendek serta di dalamnya terdapat sumsum merah.

Ciri-ciri Tulang Pendek

Adapun ciri-ciri tulang pendek yang diantaranya yaitu:

  • Dimensi Lebar dan Datar: Tulang pendek memiliki dimensi yang hampir sama panjangnya dengan lebarnya, memberikan bentuk yang lebih lebar dan datar.
  • Struktur Padat: Struktur tulang pendek cenderung padat dan kokoh, memberikan dukungan yang baik meskipun mereka tidak sepanjang tulang panjang.
  • Fungsi Dukungan: Tulang pendek memberikan dukungan struktural pada berbagai bagian tubuh, seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lainnya.
  • Perlindungan Organ: Beberapa tulang pendek, seperti tulang di pergelangan tangan, berfungsi untuk melindungi organ-organ yang penting, seperti saraf dan pembuluh darah.
  • Peran dalam Gerakan: Meskipun tidak sefleksibel tulang panjang, tulang pendek turut berperan dalam pergerakan dan stabilitas tubuh.
  • Tempat Perlekatan Otot dan Ligamen: Tulang-tulang pendek menyediakan tempat perlekatan untuk otot dan ligamen, membantu dalam menjaga stabilitas dan gerakan sendi.
Baca Juga :  Fungsi Pons Otak

Struktur Tulang Pendek

Adapun struktur tulang pendek diantaranya yaitu:

  • Bentuk Lebar dan Datar
    Tulang pendek cenderung memiliki dimensi yang hampir sama panjangnya dengan lebarnya, memberikan bentuk yang lebih lebar dan datar.
  • Jaringan Kompak dan Spongiosa
    Sama seperti jenis tulang lainnya, tulang pendek memiliki dua jenis jaringan utama: kortikal atau jaringan kompak di bagian luar dan trabekular atau jaringan spons di bagian dalam.
  • Medulla atau Sumsum Tulang
    Beberapa tulang pendek memiliki ruang medulla di dalamnya, yang berisi sumsum tulang. Sumsum tulang ini memiliki peran dalam pembentukan sel darah dan penyimpanan lemak.
  • Permukaan Luar yang Halus
    Permukaan luar tulang pendek cenderung halus, tanpa tonjolan yang signifikan, karena fungsi utamanya adalah memberikan dukungan struktural.
  • Fungsi Dukungan dan Perlindungan
    Tulang pendek memiliki peran khusus dalam memberikan dukungan pada bagian tubuh tertentu dan memberikan perlindungan terhadap organ-organ vital. Contohnya adalah tulang-tulang di pergelangan tangan yang melindungi saraf dan pembuluh darah.
  • Kondisi Perbatasan yang Jelas
    Batas antara tulang pendek dengan tulang panjang atau tulang pipih biasanya terdefinisi dengan jelas. Misalnya, perbatasan antara tulang carpal (pergelangan tangan) dengan tulang metacarpal (tulang telapak tangan).
  • Tempat Perlekatan Otot dan Ligamen
    Tulang pendek juga menyediakan tempat perlekatan untuk otot dan ligamen, membantu dalam menjaga stabilitas dan gerakan sendi.
  • Tidak Ada Epifisis atau Diafisis
    Tulang pendek tidak memiliki struktur seperti epifisis (ujung tulang) atau diafisis (batang tengah tulang) yang umumnya ditemukan pada tulang panjang.

Fungsi Tulang Pendek

Tulang pendek memainkan peran penting dalam fungsi kerangka tubuh manusia. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada tulang panjang, tulang pendek memiliki beberapa fungsi yang krusial. Berikut adalah beberapa fungsi utama tulang pendek:

Baca Juga :  Fungsi Mulut

  • Dukungan Lokal
    Tulang pendek memberikan dukungan struktural pada bagian-bagian tubuh tertentu. Contohnya, tulang carpal di pergelangan tangan dan tulang tarsal di pergelangan kaki memberikan dukungan yang diperlukan pada daerah tersebut.
  • Perlindungan Terhadap Organ Vital
    Beberapa tulang pendek memiliki fungsi melindungi organ-organ vital. Misalnya, tulang wajah melindungi mata, hidung, dan mulut, sementara tulang di pergelangan tangan melindungi saraf dan pembuluh darah.
  • Perlekatan Otot dan Ligamen
    Tulang pendek menyediakan tempat perlekatan untuk otot dan ligamen. Ini membantu menjaga stabilitas dan memungkinkan pergerakan sendi yang koordinatif.
  • Partisipasi dalam Pergerakan
    Meskipun tulang pendek tidak sefleksibel tulang panjang, mereka tetap berkontribusi pada pergerakan dan stabilitas tubuh. Tulang-tulang pendek di pergelangan tangan dan kaki mendukung gerakan yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Stabilitas dan Keseimbangan
    Tulang pendek berperan dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan tubuh. Mereka menyusun bagian-bagian tubuh yang membutuhkan struktur yang kokoh untuk menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan.
  • Pembentukan Sel Darah dan Penyimpanan Lemak
    Sumsum tulang di dalam tulang pendek berkontribusi pada pembentukan sel darah, termasuk sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Selain itu, tulang pendek juga dapat berperan dalam penyimpanan lemak dalam medulla tulang.
  • Keseimbangan Hormonal
    Tulang pendek juga dapat berperan dalam keseimbangan hormonal dengan berpartisipasi dalam produksi dan pelepasan hormon-hormon tertentu, terutama melalui jaringan tulang seperti sumsum tulang.

Fungsi-fungsi ini menciptakan kerangka tubuh yang kokoh dan mendukung keberfungsian tubuh secara keseluruhan. Meskipun terletak di bagian-bagian yang mungkin tidak terlalu mencolok, tulang pendek memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keutuhan dan fungsionalitas tubuh manusia.

Sifat Tulang Pendek

Tulang pendek memiliki beberapa sifat khusus yang membedakannya dari jenis tulang lain dalam tubuh manusia. Berikut adalah beberapa sifat tulang pendek:

  • Dimensi Lebar dan Datar
    Tulang pendek cenderung memiliki dimensi yang hampir sama panjangnya dengan lebarnya, memberikan bentuk yang lebih lebar dan datar.
  • Padat dan Kompak
    Tulang pendek memiliki struktur padat dan kompak di permukaan luar (kortikal), memberikan dukungan yang baik meskipun tidak sepanjang tulang panjang.
  • Jaringan Spons
    Di bagian dalam tulang pendek, terdapat jaringan spons atau trabekular yang memberikan kekuatan tambahan tanpa menambah berat yang signifikan.
  • Tidak Ada Epifisis atau Diafisis
    Tulang pendek umumnya tidak memiliki struktur yang jelas seperti epifisis (ujung tulang) atau diafisis (batang tengah tulang) yang umumnya ditemukan pada tulang panjang.
  • Medulla atau Sumsum Tulang
    Beberapa tulang pendek memiliki ruang medulla di dalamnya, yang berisi sumsum tulang. Sumsum tulang ini berperan dalam pembentukan sel darah dan penyimpanan lemak.
  • Permukaan Luar yang Halus
    Permukaan luar tulang pendek cenderung halus, tanpa tonjolan yang signifikan. Ini membantu menjaga integritas kulit dan jaringan di sekitarnya.
  • Fungsi Dukungan dan Perlindungan
    Tulang pendek memberikan dukungan lokal dan perlindungan terhadap organ-organ yang berdekatan. Contohnya, tulang-tulang di pergelangan tangan melindungi saraf dan pembuluh darah.
  • Bentuk yang Terdefinisi dengan Jelas
    Batas antara tulang pendek dengan tulang panjang atau tulang pipih biasanya terdefinisi dengan jelas, memberikan struktur yang jelas dan terpisah.
  • Tempat Perlekatan Otot dan Ligamen
    Tulang pendek menyediakan tempat perlekatan untuk otot dan ligamen, membantu dalam menjaga stabilitas dan gerakan sendi.
  • Berat yang Ringan
    Secara umum, tulang pendek cenderung lebih ringan daripada tulang panjang, membantu menjaga mobilitas dan keseimbangan tubuh.
Baca Juga :  Tulang Iga Manusia : Pengertian, Penyebab, Gejala Dan Cara Pengobatannya

Sifat-sifat ini mencerminkan adaptasi tulang pendek terhadap fungsi-fungsinya yang khusus dalam tubuh manusia, termasuk dukungan lokal, perlindungan, dan penyimpanan sumber daya vital seperti sumsum tulang.

Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya

Tulang dapat digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan bentuknya yaitu:

Tulang Pipih

Sesuai dengan namanya tulang pipih juga berbentuk pipih. Dan bagian dalam tulang pipih berisi sumsum merah dan berongga-rongga seperti membentuk spons. Contoh tulang pipih terdapat pada tulang belikat, tulang rusuk, tulang dada dan pelipis.

Tulang Pendek

Berbentuk pendek bulat dan diisi sumsusm merah. Contoh tulang pendek terdapat pada tulang pergelangan tangan, ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki dan ruas pada tulang jari.

Tulang Pipa

Tulang pipa ini bentuknya seperti pipa, panjang dan bulat. Tulang pipa terdapat pada tulang paha, tulang lengan atas dan tulang hasta.

Kesimpulan

Tulang pendek adalah salah satu dari lima jenis tulang dalam tubuh manusia, yang melibatkan penilaian berdasarkan bentuknya. Tulang-tulang pendek cenderung lebar dan datar, dan mereka menyusun struktur tubuh yang penting untuk memberikan dukungan, perlindungan, dan pergerakan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Tulang Pendek dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.