Fungsi Inti Sel

Posted on

Fungsi Inti Sel – Nah di bagian dalam sel terdapat beragam jenis organel sel yang mempunyai fungsinya masing-masing. Dan salah satu organel sel tersebut ialah inti sel atau nucleus. Inti sel dianggap organel sel yang mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan dan metabolisme di dalam sel. Lantas apa saja fungsi inti sel tersebut ?? nah simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Fungsi Inti Sel

Inti sel ialah organel sel yang menampung materi genetic asam nukleat seperti DNA dan RNA. Padas el eukaritoik inti sel umumnya dilengkapi dengan membrane inti. Sebuah membrane yang berfungsi mengatur transportasi zat keluar masuk inti sel.

Baik inti sel maupun membrane inti, keduanya memiliki struktur dan susunan molekul yang sama yakni berupa lipoprotein. Dengan adanya membrane inti ini, hubungan nukleopasma “cairan inti sel” dan sitoplasma dapat terjadi dalam menunjang metabolisme inti sel.

Berdasarkan anatominya, inti sel dibagi menjadi beberapa bagian yakni membrane inti, nucleus, nukleolus “anak inti” dan nukleopasma “cairan inti sel”. Untuk lebih jelasnya dimana letak bagian-bagian tersebut, kalian dapat melihat gambar diatas.

Berdasarkan penelitian yang mengacu pada sejarah penemuan sel, kini telah diketahui ternyata ada 5 fungsi sel dalam menunjang kehidupan sel dan kerja organel di dalamnya. Kelima fungsi inti sel tersebut antara lain pengendali metabolisme seluler, penyimpan informasi genetic, pengatur siklus sel, wadah replikasi dan transkripsi.

Pengendali Metabolisme Seluler

Fungsi inti sel yang pertama ialah sebagai pengendali metabolisme yang terjadi di dalam sel. Metabolisme sel terjadi karena adanya protein yang dihasilkan oleh cetakan DNA dalam inti sel.

Baca Juga :  Pengertian Sel : Struktur, Membran, Inti, Organel Dan Fungsinya

Protein tersebut dihasilkan melalui proses transkripsi dan translasi. Melalui kedua proses tersebut, setiap protein yang dihasilkan kemudian dikemas sedemikian rupa menjadi protein fungsional yang siap digunakan untuk metabolisme sel, utamanya untuk kemudian diubah menjadi enzim tertentu.

Penyimpanan Informasi Genetik

Fungsi inti sel selanjutnya yakni sebagai tempat penyimpanan informasi genetic. Fungsi ini dapat tetap terjaga karena membrane inti “membrane yang melapisi inti sel” dapat menjaga dan mempertahankan DNA untuk tetap ada dalam nucleus.

Kemampuan inti sel dalam menjaga fungsi ini tentu sangat penting, terutama terkait dengan kelestarian suatu jenis makhluk hidup. Dengan DNA sifat-sifat makhluk hidup dapat diwariskan secara tepat ke generasi berikutnya.

Pengatur Siklus Sel

Selama masa hidupnya sel mengalami sebuah siklus berulang. Siklus tersebut diatur oleh fungsi inti sel. Melalui kerja inti sel inilah sel dapat menentukan kapan harus membelah, tidak membelah dan kapan harus membesar saja.

Dan adapun pada sel kanker, fungsi inti sel ini menjadi kabur akibat terkodenya gen kanker di dalam inti sel. Inilah yang menyebabkan sel kanker terus berkembang dan membesar tanpa terhenti.

Wadah Replikasi

Fungsi inti sel berikutnya ini di topang oleh keberadaan DNA. DNA melakukan replikasi di dalam inti sel. Dan tepatnya pada fase G1, replikasi DNA di dalam siklus sel ini terjadi. Melalui replikasi DNA tersebut, setelahnya sel akan mengalami proses mitosis.

Wadah Transkripsi Kode Genetik

Inti sel juga berfungsi sebagai tempat terjadinya penerjemahan atau transkripsi kode-kode yang ada di rantai DNA yang menjadi RNA primer atau RNA muda, proses transkripsi ialah rangkaian dari ekspresi genetik.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Fungsi Inti Sel dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.