20 Contoh Rantai Makanan Di Laut : Pengertian, Fungsi, Komponen Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

20 Contoh Rantai Makanan Di Laut : Pengertian, Fungsi, Komponen Dan Gambarnya Lengkap

Contoh Rantai Makanan Di Laut – Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Contoh Rantai Makanan Di Laut. Yang hal ini tentunya kalian sudah pernah mendengar kata-kata tersebut, karena seyogyanya kita sudah pernah mempelajarinya. Tetapi tidak ada salahnya apabila kita ulas kembali supaya tidak lupa ya.

Ekosistem laut ialah ekosistem alami yang sangat luas. Saking luasnya ekosistem ini dibagi menjadi empat sub bagian ekosistem. Baik berdasarkan kedalamnya maupun berdasarkan jaraknya dari pantai. Dan karena saking luasnya pula, ekosistem laut memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Dan terlebih lagi bagi ekosistem yang belum tercemar yang ada pada laut tersebut. Dan salah satu contohnya ialah ekosistem terumbu karang. Nah biar kalian tidak semakin bingung dengan pokok pembahasan kali ini, topiknya kita persempit aja ya, khusus untuk artikel kali ini kami membagikan mengenai salah satu ekosistem di laut yakni mengenai contoh rantai makanan di laut.

Pengertian Rantai Makanan Di Laut

Pernah kalian mendengar istilah rantai makanan di laut atau contoh piramida makanan di laut ?? Jika belum atau jika hamper-hampir lupa yuk kalian ada baiknya kita ulas kembali ya. Rantai makanan ialah suatu proses memakan dan dimakan yang terjadi diantara makhluk hidup secara linier, mengikuti tingkat trofik tertentu. Selain itu rantai makanan juga dapat diartikan sebagai suatu perpindahan energi secara biokimiawi antar makhluk hidup melalui interaksi makan dan dimakan.

Fungsi Rantai Makanan Di Laut

Nah dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa rantai makanan di laut ialah proses memakan dan dimakan yang terjadi diantara makhluk yang berada di dalam laut. Fungsi rantai makanan di laut ini ialah untuk menjaga jumlah makhluk hidup didalamnya agar tetap berkesinambungan.

Dan jangan sampai jumlah pemangsa lebih banyak dari pada mangsanya, karena akan mengakibatkan kepunahan makhluk hidup laut itu sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui bersama di dalam ekosistem laut terdapat banyak makhluk hidup yang saling memangsa satu diantara yang lainnya. Nah inilah termasuk dalam contoh ekosistem alami yang nantinya akan dibahas lebih mendalam.

Komponen Ekosistem Laut

Di dalam ekosistem laut, khususnya untuk rantai makanan di laut terdapat beberapa komponen yang saling berkesinambungan di dalamnya sehingga akan terjadi interaksi satu dengan yang lainnya diantaranya yaitu:

Fitoplankton

Merupakan penyedia makanan di didalam rantai makanan dilaut, atau disebut termasuk sebagai produsen. Ia merupakan makhluk hidup ber sel satu yang sangat kecil, dan tidak dapat terlihat oleh mata tanpa pakai kaca pembesar atau mikroskop, dan hidupnya melayang – layang di sedang lautan.

Fitoplankton disebut produsen karena ia punyai klorofil yang berfaedah untuk memicu makananya sendiri bersama pemberian cahaya matahari. Proses ini disebut bersama nama fotosintesis ya sobat. Tidak cuma tumbuhan yang berada di lokasi darat, tapi makhluk hidup yang berada di lokasi laut pun dapat mengalami sistem fotosintesis. Yang paling perlu adalah keberadaan cahaya matahari. Karena sebenarnya cahaya matahari menjadi faktor utama terjadinya sistem fotosintesis.

Zooplankton

Merupakan hewan yang yang berukuran kecil dan hidupnya melayang – layang di air secara bebas. Tetapi hewan ini tidak punyai klorofil yang membawa faedah sebagai alat untuk melaksanakan fotosintesis layaknya halnya terhadap fitoplankton. Dalam rantai makanan di lokasi laut, zooplankton hidup dari memakan jenis fitoplankton yang membawa ukuran lebih kecil darinya.

Dalam rantai makanan di laut, zooplankton pemakan fitoplankton disebut sebagai costumer tingkat I (pertama). Sedangkan zooplankton pemakan zooplankton yang lebih kecil disebut sebagai costumer tingkat ke II (dua). Selanjutnya hewan – hewan kecil pemakan zooplankton disebut sebagai costumer tingkat ke III (tiga).

Predator

Pengertian dari predator sendiri adalah hewan yang tempati posisi tertinggi di didalam rantai makanan di laut. Contohnya paus pembunuh. Mamalia ini tidak cuma memakan ikan – ikan besar saja, tapi termasuk serombongan ikan – ikan kecil lainnya yang sekaligus lebih dari satu puluh ikan sekaligus masuk didalam mulutnya yang lebar itu.

Dekomposer

Komponen yang terakhir adalah dekomposer. Dekomposer adalah pengurai jasad makhluk hidup yang sudah mati. Biasanya dekomposer ini hidup di dasar laut dan diseut termasuk degan sebutan bentos. Dekomposer ini akan mengurai bangkai atau sisa – sisa makhluk hidup menjadi komponen yang lebih kecil ulang ukurannya, agar dapat digunakan ulang oleh fitoplankton sebagai sumber nutrisi untuk memicu makanan.

Peranan dekomposer sangat perlu di didalam merawat keseimbangan rantai makanan di laut. Tanpa kehadirannya, makhluk hidup yang mati tidak akan dapat membusuk. Begitupun bersama fitoplankton tidak akan punyai unsur hara sebagai bahan pembuatan makannya melaui fotosintesis. Contoh yang tergolong sebagai dekomposer adalah layaknya bakteri, bintang laut, belut laut, cacing laut, dan udang.

Contoh Rantai Makanan Di Laut

Nah teman baik penasaran kan ya, bagaimana sebenarnya rantai makanan atau perumpamaan rantai makanan yang tersedia di lautan sana, yang pada mulanya tidak kita ketahui keberadaanya.

Berikut ini adalah beberapa perumpamaan rantai makanan yang terjadi di laut yakni:

  • Energi matahari → alga → ikan kecil → ikan besar → hiu → pengurai
  • Energi matahari → fitoplankton → ikan kecil → burung bangau → ular laut → pengurai
  • Energi surya → fitoplankton → udang → ikan → singa laut  → hiu → pengurai
  • Energi matahari → fitoplankton → zooplankton → udang → gurita → manusia
  • Energi matahari → alga → kepiting → pelican → manusia
  • Udang karang → ikan besar → manusia
  • Rumput laut → ikan → burung camar → anjing laut → hiu → pengurai
  • Rumput laut → kepiting → cumi-cumi → pinguin → anjing laut → paus pembunuh → pengurai
  • Rumput laut → udang → ikan → singa laut → hiu → pengurai
  • Rumput laut → ikan kecil → ikan besar → anjing laut → hiu → pengurai
  • Plankton → ikan baut → ular laut → burung elang → decomposer
  • Plankton → udang besar → burung flamingo
  • Plankton → ikan salmon → ikan hiu → pengurai
  • Plankton → ikan salmon → anjing laut → decomposer
  • Plankton → ikan teri → elang  laut → decomposer
  • Plankton → ikan kecil → ikan salmon beruang → decomposer
  • Plankton → ikan laut kecil → ular laut → elang  laut → decomposer
  • Plankton → lobster → manusia → decomposer
  • Plankton → ikan laut kecil  → ular laut  → elang laut → decomposer
  • Plankton → ikan kecil → ikan tuna → manusia → dekomposer

Itulah beberapa jenis perumpamaan rantai makanan di laut ya. Gimana menarikkan ulasan kali ini. Semua ekosistem yang tersedia dimuka bumi ini telah harusnya jadi tugas kita masing-masing untuk menjaganya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 20 Contoh Rantai Makanan Di Laut : Pengertian, Fungsi, Komponen Dan Gambarnya Lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: