12 Macam Macam Tumbuhan Laut

Macam Macam Tumbuhan Laut – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai macam macam tumbuhan laut, nah agar dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ekosistem ialah suatu sistem ekologi yang terbentuk dengan adanya hubungan timbale balik dan juga tidak terpisahkan dengan makhluk hidup dan lingkungan, suatu tatanan kesatuan antara unsure lingkungan hidup yang dapat saling mempengaruhi.

Dan istilah lainnya dapat diartikan dengan gabungan dari beberapa unit biosistem maupun sistem lingkungan yang melibatkan hubungan interaksi maupun timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik.

Pengertian Ekosistem Laut

Ekosistem laut merupakan ekosistem terbesar dan meski berbagai ekspedisi serta eksplorasi sudah dilakukan dari dulu namun dasar lautan yang sangat luas masih belum bisa dijelajahi sepenuhnya hingga sekarang.

12 Macam Macam Tumbuhan Laut

Dan selain hewan, biota laut juga terdiri tumbuhan laut dan berikut akan kami ulas macam macam tumbuhan laut yang memiliki kemampuan untuk bertahan di kedalaman laut.

Open Brain Coral

Dan salah satu dari macam macam tumbuhan laut pertama yang sangat cantik ialah open brain coral. Tumbuhan ini diberikan nama open brain coral karena memang bentuknya yang terlihat seperti otak manusia yang terbelah sehingga terlihat sangat menakjubkan.

Open brain coral ini mempunyai warna merah cerah atau merah muda dan hijau yang tumbuh subur di perairan dangkal dan hangat wilayah ekologi laut tropis. Tanaman ini biasanya akan makan sesudah matahari terbenam yakni memakan zooplankton dan juga organisme kecil lainnya yang berenang dengan tentakel.

Kelp

Tanaman ini ialah rumput laut yang tinggi nutrisi dan masuk dalam keluarga algae dan menjadi salah satu contoh tumbuhan tidak berpembuluh. Tumbuhan laut ini membutuhkan temperature antara 6 hingga 14 derajat celcius agar bisa tumbuh dengan subur.

Baca Juga :  Cara Membuat Nutrisi Hidroponik

Pertumbuhan kelp sendiri juga bisa dikatakan cepat dan biasanya akan dimanfaatkan organisme lain untuk area berkembang biak. Dalam penelitian menunjukkan jika kelp juga bisa digunakan sebagai sumber energi terbarukan serta tidak membutuhkan irigasi.

Akan tetapi karena perubahan lingkungan dan juga polusi membuat tumbuhan laut ini semakin langka. Kelp ialah tumbuhan laut berwarna coklat yang tinggi akan nutrisi dan sebagian besar menempati kehidupan bawah laut yang lebih tenang.

Soft Coral

Tumbuhan laut ini dinamakan dengan soft coral karena memang teksturnya yang lunak dan lembut ketika disentuh. Pada tubuh tumbuhan ini mengandung elemen berduri yang dinamakan dengan sclerite yang akan menjaga dan melindungi tumbuhan ini dari predator.

Umumnya tumbuhan soft coral ini akan bertahan hidup di perairan yang memiliki sinar matahari sedang sekaligus menyediakan habitat untuk siput, ikan, ganggang dan biota laut lainnya. Soft coral ini merupakan organisme yang berwarna cerah sehingga menjadi salah satu daya tarik para penyelam.

Posidonia

Posidonia ialah tumbuhan yang ada di Laut Mediterania serta Australia dengan 9 varietas berbeda. Tanaman ini umumnya tumbuh pada perairan higienis serta tanaman ini juga menjadi penanda bila perairan tersebut sangat bersih dan terbebas dari polusi. Tumbuhan laut posidonia ini merupakan bahan dasar untuk berbagai produk seperti contohnya chalkones dan juga flavonolos.

Milfoils

Milfoils atau biasa disebut dengan myrophyllum ialah genus terdiri dari setidaknya 69 tanaman air. Bentuk daun dari tumbuhan laut ini seperti bulu burung sehingga tumbuhan ini seringkali dipakai untuk menghiasi akuarium hias untuk ikat air laut.

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar oksigen di perairan dalam dan juga meningkatkan level dari sedimentasi serta dijadikan tempat berkembang biak nyamuk.

Baca Juga :  9 Contoh Serta Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Hyacinth

Hyacinth ialah tumbuhan laut yang memiliki warna sangat indah yaitu ungu atau biru terang meski sebenarnya termasuk jenis tumbuhan pengganggu. Ini merupakan tumbuhan dari keluarga Pontederiaceae yang menyebar di bawah air dengan mudah sambil menyerap oksigen yang terkandung di air sehingga tanaman lainnya akan sulit untuk berkembang biak.

Tanaman hyacinth ini biasanya banyak digunakan untuk bahan pembuatan obat, furniture, tali dan bahkan ada juga yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan makanan.

Waterwheel Plant

Waterwheel plant atau disebut juga dengan aldrovanda ialah tumbuhan laut bersifat karnivora yang hidupnya mengambang bebas di permikaan laut. Tumbuhan ini menyukai air yang bersih, dangkal, hangat dan mendapatkan sinar matahari yang cerah.

Tumbuhan laut ini memiliki bentuk yang sangat indah dan tidak memiliki akar sehingga hidup dengan mengambang di permukaan air. Nama aldrovanda sendiri diberikan untuk menghormati seorang ahli botani bernama Ulisse Aldrovandi yang sekaligus juga menjadi pendiri taman botani di Bologna.

Anubias

Anubias ialah jenis tumbuhan laut yang biasanya ditemukan dalam perairan dan juga rawa. Kebanyakan orang akan memakai tanaman ini sebagai tanaman hias untuk akuarium atau kolam. Tumbuan laut ini bisa tumbuh dengan sangat baik ketika ada di bawah permukaan air karena hanya dapat mentolerir sinar matahari dengan jumlah yang terbatas saja.

Anubias ini diberikan nama seperti dewa Mesir Kuno yakni Anubis sebab tanaman ini memang hanya bisa tumbuh pada lingkungan yang gelap sebab pengaruh radiasi matahari terhadap tanaman ini bisa berdampak buruk, umumnya tumbuhan ini hidup di perairan Afrika Barat.

Yellow Floating Heart

Yellow Floating Heart yang juga sering disebut bersama dengan Nymphoides peltata merupakan tanaman yang bentuknya menyerupai bunga lili bersama dengan warna putih dan juga kuning. Tanaman ini terlampau indah agar disukai pecinta tanaman hias.

Baca Juga :  8 Contoh Bunga Tidak Sempurna

Umumnya, tanaman ini lebih banyak ditemukan di lebih dari satu besar wilayah Eropa dan juga Amerika Serikat. Meski begitu, Washington telah melarang penjualan tanaman ini sejak th. 2001 yang selanjutnya sehabis teridentifikasi jika tanaman ini beracun.

Cabomba

Cabomba umumnya dipakai sebagai tanaman hias dan juga tanaman penghasil oksigen didalam akuarium. Cabomba hijau dan merah menjadi spesies yang terpopuler. Namun untuk varietas hijau umumnya lebih banyak ditemukan di kawasan Australia dibandingkan bersama dengan varian merah.

Caltrops

Caltrops merupakan tumbuhan laut yang hidupnya mengapung di atas permukaan air dan juga punya buah yang sanggup dikonsumsi. Untuk kawasan India, tanaman ini disebut bersama dengan Singhara yang seringkali dikonsumsi didalam suasana mentah atau juga sanggup lebih pernah direbus.

Sedangkan untuk buah tanaman ini sanggup dikeringkan dan juga dibikin menjadi tepung Singhara yaitu bahan ritual dan jiga makanan khas India. Sedangkan pada awal zaman Dinasti Zou, Tiongkok, buah berasal dari tanaman ini sering dipakai untuk persembahan bagi para Dewa.

Cape Pond

Cape Pond adalah tanaman yang berasal berasal dari Afrika Selatan dan juga Mpumalanga yang biasa dipakai sebagai tanaman hias untuk mempercantik akuarium. Selain itu, tumbuhan laut ini ternyata juga punya nama yang terlampau unik yaitu Aponogeton distachyos yang bermakna Orangutan pistachios.

Sama layaknya caltrops, buah berasal dari tanaman ini juga sanggup dikonsumsi yaitu dipakai didalam masakan khas Afrika Selatan bernama Waterblommetjiebredie.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Macam Macam Tumbuhan Laut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

 

12 Macam Macam Tumbuhan Laut | Admin14 | 4.5
/* */