Fungsi Kelenjar Adrenal : Pengertian, Struktur Dan Kelainannya

Posted on

Fungsi Kelenjar Adrenal – Dalam hal ini apakah kalian sebelumnya sudah pernah mendengar kelenjar yang ada dalam tubuh kita yang bernama kelenjar adrenal ?? Nah jika belum pernah ada baiknya kalian semua menyimak ulasan berikut ini karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan secara gamblang, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kelenjar Adrenal

Adapun yang dimaksud dengan kelenjar adrenal ialah dua kelenjar terpisah yang berada di permukaan alat ekskresi ginjal. Kelenjar adrenal ini sering juga disebut dengan nama lain yakni kelenjar superenalis. Adrenal ini sendiri berasal dari istilah yang berasal dari bahasa latin yakni “ad renes”, yang berarti berada di dekat ginjal. Kelenjar ini juga memiliki peranan yang cukup penting dalam tubuh kita.

Salah satu jenis hormon manusia yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal ini ialah hormon adrenalin yang memang asalnya dari adrenalin itu sendiri. Hormon ini sendiri akan terangsang dan terlepas pada saat dalam kondisi “fight or flight” untuk mempersiapkan reaksi tubuh terhadap keadaan darurat atau menakutkan.

Kedua kelenjar adrenal ini berada di permukaan ginjal, namun bentuknya tidaklah simetris, salah satu kelenjarnya berbentuk segitiga, sedangkan kelenjar lainnya berbentuk seperti setengah bulan. Panjang dan lebar keduanya hanya sekitar 3 inchi.

Struktur Kelenjar Adrenal

Selanjutnya sebelum membahas lebih dalam mengenai struktur dari kelenjar adrenal, alangkah baiknya kalian mengetahui komponen-komponen penyusunnya terlebih dahulu. Kelenjar adrenal terdiri atas dua komponen utama yakni:

Korteks Adrenal

Nah adapun korteks adrenal ini ialah bagian luar dari kelenjar adrenal itu sendiri. Bagian korteks ini merupakan penyusun terbesar kelenjar adrenal 90% masa kelenjar disusun oleh bagian korteks ini. Korteks adrenal ini sendiri dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Zona glomerulosa
  • Zona fasikulata
  • Zona retikulasi
Baca Juga :  Struktur Diafragma (Organ) : Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Sistem Kerjanya

Medula Adrenal

Medula adrenal merupakan bagian dalam dari kelenjar adrenal yang bentuknya tidak beraturan, berhubungan erat dengan pembuluh darah dan pembuluh saraf. Ada dua jenis sel sekretori utama pada bagian medula adrenal, yaitu sel yang mensekresikan hormon epinefrin “adrenal” dan sel yang mensekresikan norepinefrin “noradrenalin”.

Fungsi Kelenjar Adrenal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwanya kelenjar adrenal ini memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh manusia, adapun fungsi penting tersebut yaitu:

  • Sebagai kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh sebagai penghasil hormon penyebab stress.
  • Memproduksi dan mengatur hormon seks seperti halnya hormon testosteron yang ada pada pria.
  • Penghasil hormon estrogen.
  • Mensekresikan hormon yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Mengatur kadar natrium dan keseimbangan cairan tubuh melalui hormon mineralokortikoid.
  • Meningkatkan glukosa dalam darah serta mengurangi inflamasi.
  • Mempersiapkan tubuh dalam menghadapi keadaan yang darurat, sehingga jaringan atau kelenjar yang ada dalam tubuh bisa saling memberikan informasi berupa rangsangan kepada setiap komponen tubuh yang lainnya.
  • Antara sel-sel saraf ke sistem saraf pada manusia khususnya saraf otak.

Kelainan Pada Kelenjar Adrenal

Dalam hal ini meskipun betapa  pentingnya fungsi dan kinerja pada kelenjar adrenal ini, ternyata tidak dipungkiri bahwa kelenjar adrenal tidak luput dari masalah seperti halnya terjadi kelainan yang menyebabkan fungsinya, tidak bisa berjalan dengan baik. Ada beberapa kelainan yang ada dalam kelenjar adrenal yakni:

  • Adanya sindrom chusing.
  • Adanya penyakit addison.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Fungsi Kelenjar Adrenal dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: