Glikogenolisis Dalam Tubuh

Posted on

Glikogenolisis Dalam Tubuh – Nah seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwasanya dalam tubuh kita memerlukan salah satu zat yang disebut dengan glukosa. Dalam menjaga kadar gula atau glukosa tersebut dalam darah kita agar tetap dalam jumlah yang konstan.

Maka tubuh kita akan melakukan beberapa proses seperti glikogenesis, glikogenolisis dan juga glukoneogenisi. Dan proses-proses tersebut dikendalikan oleh sekresi hormone-hormon tertentu di dalam tubuh kita.

Namun yang akan kita bahas pada ulasan kali ini ialah mengenai Glikogenolisis saja. Dan untuk ulasan selengkapnya simak langsung pemaparan dibawah ini.

Pengertian Glikogenolisis

Dan adapun yang dimaksud dengan Glikogenolisis ialah proses pemecahan molekul glikogen yang menjadi glukosa. Dan sebut saja pada saat tubuh kita merasa lapar, dan tidak ada asipan makanan, maka kadar gula dalam tubuh akan menjadi menurun.

Dan kemudian gula akan diperoleh dengan memecah glikogen menjadi glukosa yang kemudian akan digunakan untuk memproduksi energi dalam tubuh kita. Dalam Glikogenolisis sendiri, glikogen yang disimpan dalam hati dan otot akan dipecah menjadi glukosa-1-fostat yang pada akhirnya akan diubah menjadi glukosa-6-fosfat.

Glikogenolisis ini sendiri diatur oleh hormone glukagon yang disekresikan pancreas dan juga epinerfin “adrenalin” yang disekserikan oleh kelenjar adrenal. Maka kedua hormone tersebut akan menstimulasi enzim glikogen sintase “menghentikan glikogenesis tersebut”.

Pada dasarnya, Glikogenolisis akan berbentuk glukosa-6-fosfat akana masuk ke dalam proses glikolisis untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Glukosa-6-fosfat tersebut juga bisa diubah menjadi glukosa untuk didistribusikan oleh darah menuju sel-sel yang membutuhkan hadirnya glukosa tersebut.

Maka oleh karena itulah keberadaan dari Glikogenolisis sangatlah penting dalam tubuh kita secara keseluruhan. Lantas apa sig fungsi dari Glikogenolisis tersebut dalam tubuh kita ??

Baca Juga :  Struktur Diafragma (Organ) : Pengertian, Fungsi, Bagian Dan Sistem Kerjanya

Fungsi Glikogenolisis Dalam Tubuh

Adapun tugas dan fungsi dari Glikogenolisis ini dalam tubuh kita ialah untuk memecah glikogen menjadi glukosa. Secara detailnya adanya proses Glikogenolisis ini akan membentuk satu molekul glikogen-6-fosfat yakni meninggalkan rantai glikogen yang tersisa dengan satu molekul glukosa yang lebih sedikit.

Proses saat sendiri terjadi berulang-ulang kali dalam tubuh, yang sehingga beberapa molekul dalam glukosa itu sendiri bisa dikeluarkan dari rantai. Dan sementara itu molekul glukosa akan bisa dihilangkan melalui fosforolisis yang merupakan pemecahan ikatan molekul dengan menambahkan asam fosfat di dalamnya.

Dan sementara itu Glikogenolisis ini terjadi ketika tingkat adenosine triphosfat “ATP” molekul energi yang digunakan dalam sel, rendah “dan adanya glukosa rendah yang terdapat dalam darah” dan oleh karena Glikogenolisisa ialah cara membebaskan glukosa sehingga membutuhkan pembentukan ATP tersebut.

Dan Glikogenolisis ini sendiri tersimpan di dalam otot dan hati. Dan diperkirakan jumlah Glikogenolisis yang tersimpan dalam hati mencapai sekitar 5 persen dari total beratnya hati, dan sementara itu jumlah Glikogenolisis yang terdapat dalam otot menyumbang 1 sampai 2 persen dari berat badan seseorang.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Glikogenolisis Dalam Tubuh dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: