Metabolisme Adalah

Posted on

Metabolisme Adalah – Metabolisme merupakan sejumlah reaksi kimia yang terjadi di dalam setiap sel organisme hidup. Metabolisme menyesuaikan energi untuk proses vital dan membentuk energi baru.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015) metabolisme berhubungan dengan aktivitas tubuh. Untuk menentukan fungsi organ tubuh, memperbaiki sel, pencernaan makanan, dan pernapasan.

Pengertian Metabolisme

Metabolisme ialah proses kecepatan tubuh dalam mencerna, menyerap dan mengasimilasi makanan untuk diubah menjadi energi.

Semakin cepat metabolisme, semakin cepat proses pembakaran kalori. Sehingga berat badan ideal yang sehat tetap terjaga.

Proses Metabolisme Tubuh

Terdapat beberapa faktor terjadinya metabolisme dalam tubuh sebagai berikut:

Metabolisme Basal

Metabolisme yang berkaitan dengan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh. Energi ini sebagai modal tenaga untuk melalukan aktivitas sehari-hari. Metabolisme ini terjadi ketika tubuh mampu menjaga organ penting agar tetap berfungsi dengan baik.

Misalnya tubuh mampu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Metabolisme ini menyumbang 70 persen dari proses metabolisme tubuh secara keseluruhan.

NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis)

Aktivitas non-latihan thermogenesis, di mana metabolisme ini berkaitan dengan semua kalori yang dibakar ketika perasaan khawatir atau menggigil.

Thermogenesis adalah produksi panas yang terjadi setelah makan, yang berperan dalam meningkatkan laju metabolik tubuh, yang akan meningkatkan pengeluaran energi. Metabolisme ini menyumbang 20 persen dari metabolisme tubuh.

Baca Juga :  Makanan Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Aktivitas Manusia

Metabolisme yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Dalam pekerjaan sehari-hari maupun olahraga rutin.

Faktor Metabolisme Pada Tubuh

Adapun beberapa hal yang menentukan metabolisme diantaranya yaitu:

Jenis kelamin

Pria memiliki masa otot yang lebih banyak dibandingkan perempuan. Perempuan yang sudah melahirkan akan mengalami penurunan metabolisme.

Usia

Usia menjadi salah satu faktor terbesar memengaruhi metabolisme. Penurunan metabolisme terjadi seiring bertambahnya usia.

Metabolisme akan turun 50 persen setiap 10 tahun setelah usia 40 tahun. Hal ini karena manusia cenderung mengalami kehilangan masa otot.

Keturunan

Tingkat metabolisme tubuh seseorang juga dipengaruhi terkait keturunan. Apabila memiliki keluarga yang kurus kemungkinan memiliki metabolisme yang sama dengan keluarga.

Berat

Seseorang yang bertubuh besar memiliki lebih banyak masa otot dan membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang kurus. Karena mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak.

Meningkatkan Metabolisme

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh diantaranya yaitu:

Perbanyak Protein

Konsumsi makanan yang mampu mempercepat metabolisme tubuh. Misalnya, putih telur, daging rendah lemak, ikan, kacang, dan tahu. Di mana makanan tersebut memiliki efek yang baik bagi tubuh.

Cairan Yang Cukup

Air sangat penting dalam tubuh. Selain untuk menghalau dehidrasi, juga sebagai proses kalori. Konsumsi minuman dingin bisa sedikit mempercepat proses metabolisme tubuh, karena menggunakan energi untuk menghangatkan.

Olahraga Setiap Hari

Olahraga mendorong konsumsi energi dan mempercepat metabolisme. Olahraga membakar kalori, semakin banyak terbakar akan semakin banyak karbohidrat dan lemak diproses tubuh lewat metabolisme.

Sering Konsumsi Makanan

Makan berat dalam jangka waktu lebih panjang merupakan cara yang kurang efektif dan dapat menyebabkan melambatnya proses metabolisme.

Sebaiknya makan dengan porsi sedikit namun dengan frekuensi lebih sering. Misalnya makan 6-8 porsi kecil dalam sehari untuk mengganti makan besar tiga kali sehari.

Baca Juga :  Pemupukan Anorganik

Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung kafein yang baik untuk mempercepat metabolisme dan juga membantu mengurangi berat badan.

Istirahat Cukup

Selama tidur, tubuh memulihkan dirinya dan dengan istirahat cukup, mampu mempercepat metabolisme tubuh.

Konsumsi Vitamin B

Vitamin B berperan aktif dalam mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Ketika tubuh tidak mendapatkan vitamin B cukup dari makanan, metabolisme akan lambat dan membuat tubuh cepat letih.

Tanda Metabolisme Lambat

Disadur dari Antara, Direktur Mount Sinai Physiolab Avigdor Arad mengatakan seseorang dengan metabolisme tubuh lambat biasanya mengalami gejala seperti berat badan bertambah, tubuh lekas lelah, kurang bertenaga, dan kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas ringan.

Beberapa tanda fisik seperti kulit kering, kuku mudah rapuh dan rambut rontok juga mengidentifikasikan tubuh tidak dapat mengolah energi dengan benar.

Namun kasus metabolisme lambat sebenarnya jarang terjadi. Biasanya hanya karena kurang tidur dan pola makan yang buruk.

Dokter Arad menambahkan bahwa faktor lain terjadinya metabolisme tubuh lambat adalah hormon yang tidak seimbang dan penyakit tiroid. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter jika merasa metabolisme tubuh lambat.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Metabolisme Adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.