10 Contoh Rantai Makanan Di Sawah : Pengertian, Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

10 Contoh Rantai Makanan Di Sawah : Pengertian, Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Contoh Rantai Makanan Di Sawah – Lantas apa yang dimaksud dengan rantai makanan?? Pengertian rantai makanan ialah pola perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan.

Rantai makanan merupakan bagian dari jarring-jaring makanan yang bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas.

Secara umum rantai makanan dibedakan menjadi dua yakni rantai makanan di ekosistem darat dan ekosistem air. Contoh rantai makanan di ekosistem darat misalnya di hutan, padang rumput, gurun, kebun dan sawah. Sedangkan contoh rantai makanan di ekosistem air misalnya di laut, sungai, danau, kolam dan rawa.

Pengertian Rantai Makanan Di Sawah

Sawah merupakan ekosistem buatan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan pokok manusia. Tanaman yang ditanam di sawah berupa padi yang kemudian diolah sedemikian rupa menjadi beras dan nasi supaya dapat dimakan.

Makan memakan tidak hanya dilakukan oleh manusia saja akan tetapi organism yang mampu hidup di dalamnya. Perpindahan energi terjadi pula pada ekosistem sawah mulai dari tingkat trofik yang paling rendah ke tingkat trofik yang tinggi.

Ciri Ekosistem Sawah

Sebelum membahas contoh rantai makanan pada ekosistem sawah alangkah baiknya kita mengetahui cirri ekosistem sawah tersebut:

  • Lahan budidaya tanaman padi
  • Keanekaragaman hayati termasuk rendah
  • Dibuat manusia untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok
  • Terdapat irigasi
  • Selain padi tanaman yang tumbuh di pinggir sawah ialah rumput

Contoh Rantai Makanan Di Sawah

Berdasarkan ciri ekosistem sawah tersebut dapat terlihat beberapa contoh rantai makanan yang terjadi pada ekosistem dengan alur:

produsen  →  konsumen I  →  konsumen II  →  konsumen III  →  pengurai atau decomposer

Energi matahari berperan sebagai menggerakan hamper seluruh ekosistem sawah, bagi padi dan rumput didalam sawah merupakan pembantu dalam pembuatan makanan sehingga mampu dikonsumsi oleh berbagai organisme tingkat trofik pertama.

Produsen

Padi merupakan produsen yang mendominasi sawah. Selain itu terdapat rumput yang berada di pinggiran sawah. Termasuk komponen organisme autotrof yaitu organisme yang bisa membuahkan makanan sendiri tanpa tergantung organisme lain.

Makanan dihasilkan dengan perlindungan cahaya matahari lewat sistem fotosintesis. Populasi padi terhadap tingkat produsen cukup melimpah gara-gara mereka merupakan sumber utama energi makanan untuk makhluk hidup lain bertahan hidup.

Konsumen I

Tingkat tropik kedua yaitu pemakan padi. Pada ekosistem sawah yang merupakan model kastemer tingkat I yaitu burung pemakan tikus, hama tikus, serangga dan keong mas. Bila populasi ini meningkat tersedia bisa saja berjalan gagal panen.

 Konsumen II

Orgnisme tingkat tropik ketiga yaitu pemakan kastemer tingkat ke dua.  Biasanya tergolong karnivora atau pemakan daging. Pengelompokan hewan yang duduki ekosistem sawah dengan model kastemer tingkat II yaitu ular sawah dan katak. Populasi ini lebih sedikit dibandingkan dengan hewan kastemer tingkat I.

Konsumen III/IV

Orgnisme tingkat tropik ketiga yaitu pemakan kastemer tingkat ke tiga. Pada ekosistem sawah yang merupakan model kastemer tingkat III/IV adalah burung elang dan ular sawah.

Pengurai Atau Dekomposer

Pengurai merupakan kastemer akhir yang bisa menguraikan senyawa organik yang mati. Pada ekosistem sawah yang merupakan model pengurai yaitu  bakteri, jamur dan berbagai model cacing.

Ketiganya terhitung kedalam mikroba yang bisa bekerja terhadap makhluk hidup yang mati, agar energi bisa di kembalikan ke lingkungan berbentuk nutrisi yang bisa menyuburkan tanah dan karbondioksida terhadap udara.

Dibawah ini terdapat umpama rantai makanan yang mengalirkan energi biokimia dari organisme ke organisme lainnya yang berada di sawah dan penjelasannya. Contoh rantai makanan yang terdapat di sawah sebagai berikut:

  • Energi matahari → Padi → Burung pemakan biji → Ular sawah → Elang → Pengurai
  • Energi matahari → Rumput → Serangga → Tikus → Ular sawah → Pengurai
  • Energi matahari → Padi → Tikus → Elang → Pengurai
  • Energi matahari → Padi → Serangga → Katak → Ular sawah → Elang → Pengurai
  • Energi matahari → Padi → Keong mas → Katak → Ikan → Ular sawah → Pengurai
  • Padi → belalang → katak → ular → elang → pengurai
  • Padi → tikus → ular → burung gagak → pengurai
  • Padi → serangga → burung → ular → elang → pengurai
  • Padi → siput → katak → ular → burung gagak → pengurai
  • Padi → belalang → burung cicit → elang → pengurai

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 10 Contoh Rantai Makanan Di Sawah : Pengertian, Ciri Dan Gambarnya Lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: