Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli – Dalam hal ini lingkungan hidup merupakan suatu wilayah yang menjadi tempat dari berlangsungnya berbagai macam interaksi sosial diantara kelompok beserta juga pranatanya dengan symbol serta nilai. Nah untuk lebih jelasnya mengenai pengertian lingkungan hidup menurut para ahli simak dibawah ini.

Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup terutama manusia dan berhubungan timbale balik Lawan dari lingkungan hidup yakni lingkungan buatan yang meliputi wilayah dan berbagai komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Dan selain itu makhluk hidup dan lingkungannya menjadi dua hal yang tidak akan terpisahkan serta saling membutuhkan yakni maksudnya makhluk hidup membutuhkan tempat atau lingkungan untuk hidup dan lingkungannya membutuhkan perawatan dari makhluk hidup terutama manusia. Hamparan lautan, danau, sungai, samudera, bukit, pegunungan dan masih banyak lagi yang mana semuanya ini adalah bagian dari lingkungan alam.

Lingkungan alam merupakan salah satu bagian dari lingkungan hidup itu sendiri. Selain itu lingkungan hidup mencakup seluruh lingkungan alam ialah yakni seperti lingkungan fisik, biologi dan juga sosial. Maka hal inilah mengapa pengertian lingkungan hidup tersebut lebih luas jika dibanding dengan lingkungan alam.

Baca Juga :  Dampak Polusi Cahaya – Terhadap Keseimbangan Alam Serta Gambarnya Lengkap

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Nah berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertian lingkungan hidup, adapun para ahli tersebut diantaranya yaitu:

Menurut Jonny Purba

Lingkungan hidup adalah suatu wilayah yang menjadi tempat dari berlangsungnya  berbagai macam interaksi sosial diantara  kelompok beserta juga pranatanya dengan simbol serta nilai.

Menurut Sri Hayati

Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan bermacan-macam benda serta keadaan makhluk hidup. Yang termasuk di dalamnya adalah manusia serta juga perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

Menurut Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup ialah seluruh aspek kondisi eksternal biologis, yang mana organisme hidup dan ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme tersebut.

Menurut Otto Semarwoto

Lingkungan hidup ialah seluruh benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang mempengaruhi kehidupan kita.

Menurut Bintarto

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik itu dalam benda maupun non-benda yang bisa mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan manusia.

Menurut Munajat Danu Saputra

Lingkungan hidup adalah benda dan juga kondisi yang termasuk di dalamnya manusia dan juga kegiatan, yang ada didalam ruang yang mana manusia ada didalamnya serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Menurut Emil Salim

Lingkungan hidup adalah keseluruhan benda, kondisi, dan keadaan, serta pengaruh yang terdapat dalam suatu ruangan yang manusia ada di dalamnya atau manusia tempati serta juga mempengaruhi hal yang hidup termasuk didalam kehidupan manusia.

Menurut UU Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup terutama manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan kehidupan, serta kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

Baca Juga :  18 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui : Pengertian, Manfaat Dan Gambarnya Lengkap

Menurut Soedjono

Lingkungan hidup merupakan lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam yang mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.

Menurut Wikipedia

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.

Manfaat Lingkungan Hidup

Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri. Akan tetapi manusia juga dapat memanfaatkan potensi lingkungan untuk lebih mengembangkan kualitas kehidupannya. Bagi manusia, selain sebagai tempat tinggalnya lingkungan hidup juga dapat dimanfaatkan sebagai:

  • Media penghasil bahan kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan
  • Wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau manusia lainnya
  • Sumber energi
  • Sumber bahan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia; serta
  • Media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat dilindungi untuk dilestarikan.

Usaha Dan Masalah Lingkungan Hidup

Adapun usaha dan masalah lingkungan hidup diantaranya yaitu:

Usaha – Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup

  • Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan, serta mengatur sistem irigasi atau drainase sehingga aliran air tidak tergenang.
  • Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan.
  • Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga.
  • Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perilaku para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) agar tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran.

Dan sementara itu, sebagai seorang pelajar apa upaya yang dapat kalian lakukan dalam usaha pelestarian lingkungan hidup? Beberapa hal yang dapat kalian lakukan sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan hidup diantaranya yaitu:

  • Menghemat penggunaan kertas dan pensil,
  • Membuang sampah pada tempatnya,
  • Memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang,
  • Menghemat penggunaan listrik, air, dan BBM, serta
  • Menanam dan merawat pohon di sekitar lingkungan rumah tinggal.
Baca Juga :  Sumber Daya Alam : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Contoh, Manfaat Dan Gambarnya Lengkap

Masalah – Masalah Pada Lingkungan Hidup

Dalam lingkungan hidup masyarakat di Indonesia, banyak terjadi permasalahan di sungai, laut, tanah dan hutan yakni sebagai berikut:

  • Pencemaran Sungai Dan Laut
    Sungai dan laut dapat tercemar dari kegiatan manusia seperti penggunaan bahan logam berat, pembuangan limbah cair kapal dan pemanfaatan air panas. Secara biologis, fisik dan kimia senyawa seperti logam tidak dapat dihancurkan. Di berbagai sektor industridan rumah tangga seperti pemakaian bahan-bahan dari plastik.
  • Pencemaran Tanah
    Tanah bisa dapat tercemar apabila penggunaan secara berlebihan terhadap pupuk dan bahan pestisida. Pencemaran tanah mempunyai ciri yaitu adanya perubahan tanahmenjadi kering dan keras, hal ini disebabkan oleh jumlah kandungan garam yang sangat besar yang terdapat di dalam tanah. Selain itu, pencemara tanah juga dapat disebabkanoleh sampah plastik karena pada umumnya sampah plastik tidak mengalami proses penghancuran secara sempurna.
  • Pencemaran Hutan
    Hutan juga bisa mengalami kerusakan apabila dalam pemanfaatannya tidak terkendalidengan baik. Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.Salah satu contoh pencemaran atau kerusakan hutan adalah adanya penebangan secaraliar. Jika kegiatan tersebut dilakukan secara terus-menerus maka dapat mengakibatkan penggundulan hutan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli | Admin14 | 4.5
/* */