Ciri Ciri Hewan Vivipar, Ovipar Dan Ovovivipar Serta Contoh, Gambarnya Lengkap

Posted on

Ciri Ciri Hewan Vivipar, Ovipar Dan Ovovivipar – Dalam hal ini berdasarkan cara berkembang biaknya, hewan dibedakan menjadi beberapa jenis yakni hewan vivipar, hewan ovipar dan hewan ovovivipar. Hewan vivipar ialah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan.

Beberapa contoh hewan vivipar dapat kita temukan pada mamalia, seperti kuda, kambing, sapi, monyet dan lain sebagainya. Dan sementara hewan ovipar ialah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Contoh hewan ovipar dapat kita temukan pada golongan ikan “aves”, burung “pisces”, reptile dan amfibi. Dan adapun ovovivipar ialah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur beranak. Telur ovovivipar dieramkan di dalam tubuh induknya. Beberapa contoh hewan ovovivipar di antaranya beberapa jenis ular dan kadal, ikan paus dan ikan pari.

Ciri Ciri Hewan Vivipar, Ovipar Dan Ovovivipar

Nah untuk mengetahui apakah suatu hewan termasuk berkembang biak dengan cara vivipar, ovipar atau ovovivipar, kita tidak perlu memperhatikan cara perkembangbiaknya secara langsung.

Dan kita juga dapat mengetahuinya dengan memperhatikan ciri ciri umum dari masing-masing jenis hewan tersebut, nah dikesempatan ini, kita akan membahas ciri ciri hewan vivipar, ovipar atau ovovivipar, silakan simak selengkapnya dibawah ini.

Ciri Ciri Hewan Vivipar

Hewan vivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara beranak, artinya dalam proses reproduksinya, embrio hewan tumbuh dan berkembang di dalam rahim dengan memanfaatkan nutrisi yang diperoleh langsung dari tubuh induknya melalui plasenta.

Setelah organ-organ tubuhnya siap, barilah ia keluar dari rahim melalui proses melahirkan. Kita dapat mengetahui apakah suatu hewan termasuk berkembang biak dengan cara vivipar dengan cara memperhatikan beberapa ciri ciri hewan vivipar tersebut diantaranya yaitu:

Baca Juga :  12 Contoh Hewan Mamalia Darat Dan Perairan Serta Ciri Ciri, Gambarnya Lengkap
  • Dengan memiliki putting susu dan kelenjar susu serta menyusui anaknya.
  • Memiliki daun telinga.
  • Memiliki penutup tubuh beruapa rambut.
  • Biasanya merupakan golongan hewan mamalia.
  • Dan perlu diketahui bahwa manusia juga termasuk berkembang biak dengan cara vivipar.

Ciri Ciri Hewan Ovipar

Hewan ovipar ialah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, yang artinya dalam proses reproduksinya embrio hewan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur tapi diluar tubuh induknya.

Embrio baru akan menjadi bayi setelah dierami dalam waktu tertentu, pada saat pengeraman, embrio tumbuh dengan memanfaatkan cadangan makanan “nutrisi” yang terdapat di dalam telur.

Kita dapat mengetahui apakah suatu hewan termasuk berkembang biak dengan cara ovipar dengan cara memperhatikan beberapa ciri. Adapun ciri cirri hewan ovipar tersebut diantaranya yaitu:

  • Tidak mempunyai daun telinga.
  • Tidak mempunyai putting dan kelenjar susu.
  • Tidak menyusui anaknya.

Ciri Ciri Hewan Ovovivipar

Hewan ovovivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur-beranak, artinya dalam proses reproduksinya, embrio hewan tumbuh dan berkembang didalam cangkang telur tapi masih di dalam tubuh induknya.

Dan kendati tumbuh di dalam tubuh induknya, embrio hewan ovovivipar tidak memperoleh nutrisi langsung dari tubuh induknya, ia memanfaatkan nutrisi yang terdapat dalam telur sama seperti hanya pada pertumbuhan hewan ovipar.

Kita bisa mengetahui apakah suatu hewan termasuk berkembang biak dengan cara ovipar dengan cara memperhatikan beberapa ciri. Ciri ciri hewan ovipar tersebut ialah embrionya tumbuh di dalam cangkang telur.

Setelah cukup umur kemudian telur tersebut akan menetas dan anak hewan ovovivipar keluar dari tubuh induknya, nutrisi yang diperoleh embrio untuk pertumbuhannya berasal dari dalam telur tersebut, bukan dari tubuh induknya.

Baca Juga :  7 Contoh Hewan Vivipar : Pengertian, Ciri Dan Gambarnya Lengkap

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Ciri Ciri Hewan Vivipar, Ovipar Dan Ovovivipar  dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.