Fungsi Kelenjar Kelamin : Pengertian, Struktur Dan Kelainannya

Posted on

Fungsi Kelenjar Kelamin – Dalam hal ini membahas mengenai kelenjar kelamin, apa yang terlintas dibenak kalian,, ?? Hal ini tentunya yang terlintas dalam benak kalian ialah “ternyata kelamin juga memiliki kelenjar”, mungkin bagi banyak orang tidak mengetahui atau tidak familiar dengan kelenjar kelamin ini, namun peranan kelanjar yang satu ini sangatlah penting bagi tubuh manusia khususnya di area “kelamin”.

Nah kalian semua yang memang kurang familiar akan kelenjar kelamin yang satu ini ada baiknya kalian menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan ulasan secara gamblang buat kalian semua mengenai kelenjar kelamin tersebut. Yuk mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksamanya.

Pengertian Kelenjar Kelamin

Kelenjar kelamin disebut juga dengan sebutan gonad, kelenjar kelamin pada perempuan disebut dengan ovarium, sementara kelenjar kelamin pada pria disebut dengan testis. Adapun ovarium tersebut ialah alat reproduksi wanita sedangakan testis ialah alat reproduksi pria.

Struktur Kelenjar Kelamin

Adapun struktur kelamin terdiri atas dua bagian yaitu struktur kelamin wanita dan juga struktur kelamin pria. Nah berikut ini ulasan mengenai keduanya agar bisa jelas, yuk simak bersama sama dibawah ini.

Struktur Kelamin Wanita “Ovarium”

Kelenjar ovarium hanya terdapat pada kelamin wanita dan letaknya berada di bagian ovarium sebelah kiri dan juga sebelah kanan dari bagian uterus. Pastinya kalian akan jauh lebih paham jika sudah mempelajari mengenai sistem reproduksi yang dijelaskan dengan gambar.

Struktur Kelamin Pria “Testis”

Testis merupakan kelenjar kelamin yang hanya ada pada pria. Adapun dua buah testis “sepasang” yang dibungkus rapi dengan skroktum. Salah satu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar kelamin pria ini ialah hormon testosteron yang mempunyai fungsi untuk menimbulkan dan memelihara kelangsungan tanda-tanda kelamin sekunder.

Kelamin sekunder maksudnya ialah adanya perubahan suara yang menjadi membesar sesuai dengan usia seorang pria, adanya pertumbuhan kumis dengan signifikan, membesarnya jankun. Adapun testis ini sendiri terletak di dalam skortum. Masing-masing testis tersebut berbentuk bulat yang dilapisi oleh jaringan ikat yang tebal yang disebut dengan tunika albugenia.

Adapun saluran keluar testis “duktus efferent” berjalan dari bagian superior testis menuju duktus epididimis. Duktus eferen menghubungkan duktus epidedymis dan uretra naik dari bagian superior skortum ke dinding perut menembus kanalis inguinalis.

Pada umumnya ukuran dari testis ini sering kali dikaitkan dengan tingkat kejantanan seorang lelaki. Selain itu juga berhubungan dengan fungsi kelenjar prostat dan cowper. Karena kedua kelenjar ini juga mendukung kinerja kelenjar kelamin.

Fungsi Kelenjar Kelamin

Adapun fungsi kelenjar kelamin tentunya berbeda antara wanita “ovarium” dan pria “testis” yang kalian berikut ini ulasannya untuk kalian:

Fungsi Kelenjar Ovarium

Sesuai dengan namanya kelenjar ovarium ini memiliki fungsi sebagai kelenjar yang memproduksi sel-sel kelamin. Selain itu kelenjar kelamin ini juga berfungsi sebagai pemberi sifat kewanitaan. Sifat lewanitaan maksudnya ialah pinggul yang membesar, perkembangan glandula mamae, bahu sempit, pertumbuhan payudara dan lain sebagainya.

Fungsi Kelenjar Testis

Fungsi utamanya juga sebagai penghasil sel-sel kelamin misalnya saja seperti sperma. Selain itu mempunyai fungsi sebagai penghasil hormon testosterone. Jika kelenjar ini tidak dapat bekerja dengan baik, maka proses pembuahan pada sel telur akan mengalami kendala.

Kelainan Kelenjar Kelamin

Adapun kelainan pada kelenjar kelamin itu sendiri misalnya seperti di bawah ini:

  • Gejala cervicitis keputihan “untuk wanita”.
  • Gejala chlamydia.
  • Gejala epididimistis.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut Fungsi Kelenjar Kelamin  dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: