Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian, Unsur, Contoh Dan Manfaatnya

Posted on

Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian, Unsur, Contoh Dan Manfaatnya

Sumber Daya Alam Non Hayati – Untuk hal demikian berdasarkan asalnya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi yakni sumbe daya alam hayati dan sumber daya alam non-hayati.

Nah di artikel ini kami akan membahas mengenai apa itu sumber  daya alam non-hayati. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam non hayati ialah setiap sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati. Sumber daya alam ini juga disebut dengan istilah sumber daya alam abiotik atau abiotic resource.

Ada banyak contoh sumber daya alam non hayati yang kita telah manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita di antaranya ialah sumber daya fosil, sumber daya mineral, sinam matahari, angin, air dan tanah.

Unsur-Unsur Sumber Daya Alam Non Hayati

Mengacu pada undang-undang No. 23 Tahun 1997 mengenai pengelolaan lingkungan hidup yang dimaksud dengan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam anorganik atau fisik ialah sumber daya alam berupa benda-benda non hayati yang tediri atas unsure-unsur tanah, air dan udara serta barang-barang tambang.

Baca Juga :  Pencemaran Tanah : Dampak Dan Cara Menanggulanginya

Berbagai unsure sumber daya alam non hayati antara lain tanah, lahan, air, laut, gelombang laut, arus laut, energi pasang surut, udara, angin, minyak bumi, gas bumi, batuan, sinar matahari, panas matahari, batu bara, mineral, ruang, emas, perak, timah, intan, pasir, besi, nikel, LPG, LNG dan hutan. Dari berbagai unsur sumber daya alam non hayati ada 3 unsur yang merupakan unsur utama yaitu tanah, air dan barang tambang.

Contoh Sumber Daya Alam Non Hayati

Nah berikut ini akan dijelaskan contoh-contoh sumber daya alam non hayati yaitu:

Sumber Daya Fosil

Yang pertama yakni sumber daya fosil, sumber daya ini juga sering disebut sumber energy fosil karena dalam pemanfaatnya ia memang lebih sering digunakan sebagai bahan baku energi.

Ada 3 jenis sumber daya fosil yang menjadi contoh sumber daya alam non hayati yakni minyak bumi, gas alam dan batu bara.

  • Minyak bumi ialah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk cair saat ditambang. Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, kerosin, oli, aspal, lilin dan avtur “bahan bakar pesawat terbang”.
  • Gas alam ialah sumber daya alam yang ditemukan dalam bentuk gas saat ditambang. Gas alam diolah menjadi 2 bentuk yakni LPG dan LNG. Baik LPG maupun LNG keduanya digunakan sebagai bahan bakar. Ketika memasak menggunakan kompor gas, kita menggunakan LPG yang ada di dalam tabung sebagai sumber energinya.
  • Batu bara ialah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk padat saat ditambang. Batu bara digunakan sebagai bahan baku pembuatan energy listrik di pembangkit-pembangkit listrik tenaga uap. Listrik yang kita gunakan untuk menonton TV, mencas hp dan menyalakan lampu setiap hari sebetulnya berasal dari sumber daya ini.
Baca Juga :  Faktor Pembentuk Tanah : Yang Mempengaruhi, Karakteristik Dan Gambarnya Lengkap

Sumber Daya Mineral

Contoh sumber daya alam non hayati selanjutnya ialah sumber daya mineral. Ada yang tahu apa itu sumber daya mineral. Ia ialah suatu bahan yang tersusun dari struktur kimia tertentu yang terdapat dibumi biasanya diperoleh dengan cara ditambang untuk kemudian diolah sebagai bahan baku peralatan hidup manusia.

Contoh sumber daya alam mineral misalnya bijih besi, bijih emas, bijih timah, bijih nikel, bijih perak dan batuan mulia seperti permata, batu safir dan lain sebagainya.

Sumber Daya Sinar Matahari

Sinar matahari juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati karena berasal bukan dari makhluk hidup. Sinar matahari dimanfaatkan sebagai sumber energy utama bagi kehidupan.

Makhluk hidup autotrof seperti tumbuhan menggunakan sumber daya ini untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan sumber energy yang bisa dimanfaatkan manusia dan hewan.

Sumber Daya Angin

Angin juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati, angin dapat dimanfaatkan sebagai energy pembangkit listrik. Di zaman dahulu, angin juga digunakan sebagai energy penggerak kapal laut yang menggunakan layar.

Sumber Daya Air

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa air ialah elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy terbarukan bagi manusia.

Manfaat Sumber Daya Alam Non Hayati Dikehidupan Manusia

Adapun manfaat sumber daya alam non hayati dikehidupan manusia diantaranya yaitu:

Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

Air dan udara merupakan dua contoh SDA non hayati yang berperan sebagai sumber kehidupan makhluk hidup. Tanpa kedua elemen tersebut, makhluk hidup tidak akan bisa bernafas dan melangsungkan hidupnya.

Manfaat Disektor Ekonomi

Disektor ekonomi, SDA non hayati banyak sekali manfaatnya, contohnya pada bahan tambang ini akan memberikan dampak ekonomi bagi para penambang yang menjual hasil tambang. Para penambang ini bukan saja mereka yang sekelas perusahaan, tapi penambang tradisional yang menambang diarea tebing atau sungai juga termasuk.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Contoh, Manfaat Dan Gambarnya Lengkap

Selain itu air juga memberikan manfaat ekonomi apabila dijual didaerah yang mengalami kelangkaan air bersih.

Sumber Energi Listrik

Ada banyak sekali SDA non hayati yang bisa diubah menjadi energy listrik contoh sebagai berikut:

  • Energi yang terkandung pada air mengalir dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air.
  • Aliran udara dimanfaatkan untuk memutar kincir angin yang mampu menghasilkan listrik.
  • Sinar matahari ditangkap oleh panel surya untuk menghasilkan listrik.
  • Geothermal dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.
  • Batubara banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian, Unsur, Contoh Dan Manfaatnya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: