Jenis Jenis Tulang Daun

Posted on

Jenis Jenis Tulang Daun – Daun ialah salah satu bagian dari tumbuhan yang memegang peran penting dalam hal memproses metabolisme di dalam tubuh tumbuhan.

Karena di dalam daun, tumbuhan akan mengolah makanan untuk di konsumsi oleh tumbuhan tersebut yang prosesnya dinamakan fotosintesis. Karena itulah daun pada tumbuhan sering diibaratkan sebagai kokinya tumbuhan.

Jenis Jenis Tulang Daun

Daun pada tumbuhan memiliki bagian luar dan bagian dalam, kali ini akan kita jelaskan bagian dalam dari daun yakni bagian tulang daun.

Tulang daun yang dimiliki setiap tumbuhan berbeda tergantung jenisnya, jenis jenis tulang daun ada 4 yakni tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung dan tulang daun sejajar. Untuk penjelasan dan contohnya bisa kita lihat dibawah ini:

Tulang Daun Menyirip

Tulang daun menyirip memiliki nama ilmiah penninervis, tulang daun ini memiliki ciri ciri seperti sirip ikan maka dari itu disebut tulang daun menyirip.

Fisik dari tulang daun ini ialah memiliki satu buah ibu tulang yang memanjang dari pangkal ke ujung daun. Panjang tulang daun ini memanjang sampai ke tangkai daun.

Dari ujung ibu tulang yang terdapat di daun ini keluar tulang-tulang cabang, karena itulah bentuk wujud dari tulang daun ini mirip dengan sirip ikan.

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis-jenis Tulang Daun menyirip ialah daun pohon mangga, daun pohon laban, daun pohon mahoni, daun pohon jambu biji, daun pohon jambu air, daun pohon beringin, daun pohon the, daun pohon coklat, daun pohon ketapang dan daun pohon nangka.

Tulang Daun Menjari

Tulang daun menjari memiliki nama ilmiah palminervis. Pada tipe tulang daun ini, bentuk dan fisik dari tulang daun menjari mirip seperti jari manusia.

Tipe tulang daung menjari ini merupakan tipe tulang daun yang memperlihatkan susunan seperti jari-jari tangan.

Disebut jadi tangan karena susunan dari tulang daun menjadi memperlihatkan dengan jelas tangkai daun yang dari situ keluar beberapa cabang tulang yang mirip dengan jari tangan.

Tumbuhan yang memiliki fisik tulang daun menjari biasanya ialah tumbuhan yang memiliki biji terbelah atau dalam bahasa ilmiahnya ialah Dicolyledoneae.

Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun menjadi adalah daun pohon singkong, daun pohon papaya, daun pohon jarak, daun pohon pagar, daun pohon ubi jalar, daun pohon kapuk, daun pohon bunga matahari, daun pohon labu dan daun pohon melori.

Baca Juga :  Ciri Ciri Tumbuhan Halofit

Tulang Daun Melengkung

Jenis-jenis tulang daun selanjutnya ialah tulang daun melengkung. Tulang daun melengkung memiliki bahasa ilmiah yakni cervicervis, pada tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung memiliki ciri ciri fisik yakni mempunyai beberapa tulang besar satu tulang besar berada di tengah daun dan yang lainnya memanjang mengikuti alur tepi daun.

Alur tulang besar pada daun melengkung akan memisah dan akan kembali lagi menjadi satu arah yakni pada ujung daun. Biasanya tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung adalah tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan monocotyledoneae.

Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung adalah daun pohon sirih, daun pohon sirih sirihan, daun pohon waru, daun pohon genjer, daun pohon wewean, daun pohon gadung, daun pohon uwi, daun pohon kandri, daun pohon akasiah, daun pohon bandotan, daun pohon trimoso atau disebut juga daun pohon dileman, daun pohon gembolo, daun pohon Limnocharis flava Buch dan daun pohon Dioscorea hispida Dennst.

Tulang Daun Bertulang Sejajar

Jenis-Jenis Tulang Daun selanjutnya adalah tulang daun sejajar. Tulang daun bertulang sejajar memiliki bahasa ilmiah rectinervis. Pada tumbuhan yang memiliki tulang daun bertulang sejajar biasanya memiliki daun yang dimiliki adalah daun daun bangun garis atau daun daun dengan bangun pita.

Daun daun bangun garis atau bangun pita pada umumnya memiliki satu tulang besar yang berada ditengah daun dan membujur di sepanjang daun sedangkan tulang tulang daun lainnya akan berukuran lebih kecil dan sepertinya memiliki arah yang sejajar dengan ibu tulang. Tipe tulang daun bertulang sejajar sering kita temukan pada tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Monocotyledoneae. Contoh dari tumbuhan tulang daun bertulang sejajar adalah:

  • Daun Jagung
    Daun jagung termasuk dalam golongan tulang daun bertulang sejajar karena bentuk dari tulang daun jagung itu sendiri seperti pita dengan ibu dan anak tulang daun membujur dari pangkal pelepah hingga ujung daunnya. Bentuk sisi dari daun pohon jagung juga sangat tajam sehingga kita harus waspada ketika memasuki perkebunan jagung. Buah dari tanaman jagung sering dijadikan sebagai makanan pokok bagi beberapa suku di Indonesia. Selain dijadikan bahan pokok makanan, jagung juga bisa dijadikan sebagai pengganti manis gula.
  • Daun Kelapa Sawit
    Pohon kelapa sawit termasuk dalam tumbuhan berbiji tunggal dan memiliki tulang daun bertulang sejajar. Bagian tulang dari daun kelapa sawit sering digunakan oleh manusia untuk membuat sapu lidi. Bentuk dari anak tulang daun pada pohon kelapa sawit akan menyatu pada setiap helaian daun pohon kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan minyak nabati terbesar didunia.
  • Daun Aren
    Pohon aren termasuk dalam kelompok tumbuhan palmae. Tumbuhan palmae adalah salah satu tumbuhan berbiji tunggal yang menjadi bagian dari family tumbuhan pohon palem. Buah dari pohon aren sering kali kita temukan di dapur rumah tangga sebab buah pohon aren bermanfaat untuk pembuatan bahan makanan. Tumbuhan pohon aren memiliki bentuk tulang daun sejajar. Tulang dari daun aren memiliki tulang daun yang lebih besar daripada kelompok tumbuhan palmae lainnya.
  • Daun Tebu
    Tumbuhan pohon tebu memiliki ciri ciri fisik yaitu tulang daun yang sejajar. Bentuk tulang daun pohon tebu mirip dengan pita dan tulang daunnya membujur dari pangkal hingga ujung daun. Pohon tebu juga merupakan salah satu penghasil gula di daerah beriklim tropis. Batang dari pohon tebu bisa dimakan oleh manusia karena rasanya yang manis dan berbahan gula.
  • Daun Alang Alang
    Daun dari pohon alang alang termasuk dalam kelompok bertulang daun sejajar dikarenakan bentuknya yang sesuai dengan ciri ciri daun bertulang daun sejajar. Namun daun alang alang merupakan salah satu tumbuhan perusak tumbuhan lainnya sebab daun alang alang mengeluarkan zat alelopati yang merusak tumbuhan lainnya. Zat alelopati adalah zat yang berisi senyawa beracun. Selain memiliki zat beracun alang alang juga kerap dibenci oleh petani dikarenakan pohon alang alang akan meningkatkan persaingan tumbuhan lain dalam memperoleh unsur hara yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.
  • Daun Sereh
    Menyerupai pita dan memiliki tulang daun yang sejajar adalah sebab daun sereh juga termasuk dalam golongan daun bertulang sejajar. Daun sereh sering digunakan oleh manusia sebagai bahan dalam membuat obat, Selain digunakan sebagai obat, daun sereh juga sering dijadikan bahan masakan untuk meningkatkan aroma di dalam masakan yang manusia konsumsi sehari hari.
  • Daun Bambu
    Tulang daun dari daun pohon bambu juga termasuk didalam golongan daun bertulang sejajar, kita bisa lihat langsung bagaimana bentuk daun dari pohon bambu yang memang memiliki tulang daun yang sejajar. Pohon bambu memiliki banyak manfaat bagi manusia. Ada 9 hal manfaat dari pohon bambu yang sering kita dengar seperti:
    – Sebagai makanan hewan
    – Sebagai bahan kuliner
    – Sebagai alat memasak
    – Sebagai alat membuat bahan masak
    – Sebagai alat konstruksi rumah
    – Sebagai bahan konstruksi jembatan
    – Sebagai alat musik
    – Sebagai bahan dekorasi
    – Sebagai senjata
  • Daun Teki
    Daun teki merupakan tumbuhan golongan rumput atau bahasa ilmiahnya adalah cyperaceae. Semua golongan rumput pasti memiliki ciri ciri bertulang daun sejajar, bisa kita lihat dari daun tumbuhan teki yang mirip dengan pita. Tulang daun yang dimiliki oleh daun teki memanjang dari ujung daun ke pangkal daun dekat dengan tungkai. Daun teki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah 8 manfaat daun teki bagi kesehatan manusia:
    – Obat untuk mengatasi siklus menstruasi
    – Obat mempercepat proses pembekuan darah
    – Obat untuk merangsang proses pembentukan asi
    – Obat untuk memperlancar buang air besar
    – Obat untuk penyakit kencing batu
    – Obat untuk penyakit kulit manusia
    – Obat untuk penurun suhu demam
    – Obat untuk mengobati penyakit keputihan
  • Daun Padi
    Tumbuhan padi merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan monokotil atau berbiji tunggal. Daun dari tumbuhan padi memiliki bentuk menyerupai pita. Daun dari tumbuhan padi juga menjalar dengan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujung daun padi. Tumbuhan padi adalah salah satu penghasil makanan pokok manusia yaitu beras
  • Daun Rumput Gajah
    Bentuk daun dari rumput gajah menyerupai pita, hal itu yang menyebabkan daun dari tumbuhan rumput gajah juga termasuk dalam golongan daun bertulang daun sejajar. Rumput gajah sering digunakan oleh manusia untuk dijadikan bahan pangan bagi ternaknya.  Biasanya hewan ternak yang mengkonsumsi rumput gajah adalah hewan kerbau, hewan sapi dan hewan kambing. Rumput gajah juga sering dijadikan sebagai alat kesehatan bagi manusia. Berikut ini adalah contohnya:
    – Obat sakit perut saat menstruasi
    – Obat untuk pengidap insomnia
    – Obat untuk penghilang stress
    – Obat untuk pembersih ginjal
    – Obat untuk penyakit kulit
    – Obat untuk mengobati penyakit kantung kemih yang bermasalah
    – Obat untuk membersihkan paru paru
    – Obat untuk mengobati penyakit usus
    – Obat untuk mengobati penyakit arthiris(penyakit yang berhubungan dengan sendi atau tulang)
    – Obat untuk mengobati depresi
Baca Juga :  Cara Membuat Nutrisi Hidroponik

Jadi itulah jenis-jenis tulang daun mulai dari menyirip, menjari, sejajar, dan melengkung. Jenis daun-daun tersebut dapat kalian jumpai di lingkungan sekitar kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Jenis Jenis Tulang Daun semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.9/5 - (185 votes)