Kalsium: Pengertian, Manfaat, Sumber, Efek Samping Dan Cara Kerjanya

Posted on

Kalsium – Nah apakah kalian pernah mendengar atau mengenal istilah Kalsium? Nah kali ini kami akan membahasnya mengenai apa itu Kalsium. Untuk mengetahui lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kalsium

Nah walau kapur telah digunakan oleh orang-orang Romawi di abad kesatu, logam kalsium belum ditemukan sampai tahun 1808.

Setelah mempelajari Berzelius dan Pontin berhasil mempersiapkan campuran air raksa dengan Kalsim (amalgam) dengan cara mengelektrolisis kapur di dalam air raksa, Davy berhasil mengisolasi unsur ini walau bukan logam kalsium murni.

Kalsium ialah salah satu elemen kimia yang mempunyai simbol Ca dan nomor atom 20 Kalsim ini juga sebuah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia.

Mineral kalsium tersebut dapat ditemukan dalam produk makanan seperti di dalam susu, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, ikan sarden, bayam dan brokoli.

Manfaat Kalsium

Adapun manfaat kalsium diantaranya yaitu:

  • Membantu proses pembentukan tulang dan gigi.
  • Membantu pembekuan darah, kontraksi otot, dan transmisi sinyal pada sel saraf.
  • Dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan hipokalesmia dan mengakibatkan kondisi tulang termasuk osteoporosis (tulang lemah karena kepadatan tulang yang rendah), rakhitis (kondisi pada anak-anak yang melibatkan pelunakan tulang), dan osteomalacia (pelunakan tulang yang melibatkan rasa sakit).
  • Untuk menurunkan tekanan darah serta dapat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.
  • Membantu produksi hormon dan enzim.
  • Membantu menghantarkan sinyal melalui sistem saraf pusat.

Sumber Kalsium

Adapun sumber kalsium diantaranya yaitu:

  • Ikan Salmon
    Ikan salmon kaya akan kandungan lemak sehat dan juga protein. 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan dengan masih memiliki tulang belakang ternyata mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 181 mg kalsium.
  • Keju
    Keju merupakan makanan dengan bahan dasar susu dan keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat pada susu seperti, protein, fosfor, kalsium, vitamin, mineral, fosfor, lemak, serta kolesterol. Namun, mengkonsumsi susu secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  • Yoghurt
    Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium, hal ini karena berbahan dasar susu.
  • Sayuran Hijau
    Sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sayuran hijau yang mengandung kalsium antara lain brokoli dan bayam.
  • Pisang
    Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya.
  • Kacang Kedelai
    Kacang kedelai memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, apabila 1 cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri dengan garam, maka dapat menghasilkan 261 mg kalsium. Olahan dari kacang kedelai seperti susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.
  • Kacang Putih
    Dalam 100 gram kacang putih terdapat sekitar 442 mg kalsium. Kacang putih termasuk dalam kategori kacang yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Pada umumnya kacang putih sendiri memiliki kandungan kalsium berkisar 175 mg / porsinya.
  • Kacang Almond
    Kacang almond kaya akan kandungan vitamin E. Kacang almond selain mengandung vitamin E, almond juga mengandung kalsium sekitar 70-80 mg.
  • Lobak
    Lobak juga mengandung kalsium sekitar 200 mg / batangnya. Mengkonsumsi lobak selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin A juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium.
  • Susu Kedelai
    Susu kedelai mengandung kalsium sekitar 300 mg kalsiumm, apabila disajikan tanpa dicampur dengan apapun.
  • Oatmeal
    Oatmeal merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi yang dapat menyehatkan jantung dan kaya akan serat serta banyak mengandung karbohidrat. Oatmeal juga mengandung kalsium, dalam 1 mangkuk oatmeal memiliki kandungan sekitar 105 mg kalsium.
  • Ikan Sarden
    Ikan sarden merupakan hasil olahan ikan laut yang dapat memenuhi 33 % kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan sarden minimal 1 minggu 1 kali.
  • Biji Wijen
    Dalam 1 ons biji wijen mengandung sekitar 280 mg kalsium, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalsium yang terdapat dalam 1 gelas susu.
  • Buah-buahan Kering
    Buah-buahan kering dapat memenuhi kebutuhan kalsium. Buah-buahan kering kurang lebih mengandung 135 mg kalsium untuk 5 jenis buah kering.
  • Jeruk
    Mengkonsumsi jeruk sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain jeruk mengandung vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg.
  • Brokoli
    Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi. Brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 180 mg.
Baca Juga :  250 Contoh Rantai Makanan

Cara Kerja Kalsium

Sebanyak 99% kalsium disimpan dalam tulang dan gigi. Kalsium yang terdapat pada tulang, berfungsi sebagai cadangan yang siap untuk digunakan kapanpun tubuh membutuhkan.

Konsentrasi atau kadar kalsium dalam tubuh cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia karena kalsium dikeluarkan dari tubuh melalui keringat, sel kulit, kencing dan kotoran.

Pada perempuan, penyerapan kalsium menurun dengan bertambahnya usia karena berkaitan dengan penurunan kadar estrogen. Secara umum, penyerapan kalsium bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan ras/etnis.

Efek Samping Kalsium

Adapun efek samping kalsium diantaranya yaitu:

  • Gas pada pencernaan
  • Perut kembung
  • Konstipasi
  • Diare
  • Peningkatan asam lambung
  • Peningkatan jumlah kalsium di darah (hiperkalsemia)

Demikianlah pembahasan mengenai Kalsium semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.