Mengenal 10 Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik Dalam Replikasi Virus Lengkap

Posted on

Mengenal 10 Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik Dalam Replikasi Virus Lengkap

Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik – Dalam hal ini melakukan reproduksi dan replikasi virus membutuhkan inang berupa lingkungan sel hidup, inang sel hidup diperoleh virus dengan cara menginfeksi sel hewan, sel tumbuhan, sel bakteri atau sel manusia.

Dalam proses infeksi ini virus dapat melakukannya melalui siklus litik dan siklus lisogenik, dan apakah siklus litik dan lisogenik itu ?? Lantas apa saja perbedaan siklus litik dan lisogenik dalam proses perkembangbiakan virus ?? untuk dapat menjawabnya simaklah ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik

Siklus litik merupakan siklus reproduksi virus yang dilakukan dengan menghancurkan sel inang setelah sukses melakukan replikasi. Adapun siklus lisogenik ialah kebalikannya.

Siklus lisogenik merupakan siklus reproduksi virus yang dilakukan tanpa menghancurkan sel inangnya, melainkan tetap berintegrasi dengan DNA dan RNA dari sel induk.

Melalui siklus lisogenik virus akan bertambah banyak ketika sel inangnya mengalami pembelahan sel.

Secara umum terdapat perbedaan mencolok antara siklus reproduksi virus secara litik dan lisogenik. Perbedaan siklus litik dan lisogenik tersebut antara lain seperti dijelaskan pada tabel berikut ini:

Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mengenal 10 Perbedaan Siklus Litik Dan Lisogenik Dalam Replikasi Virus Lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: