Nama Tulang Lengan

Posted on

Nama Tulang Lengan Dan Fungsinya – Tulang merupakan jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat dan matriks ekstraselular. Matriks tulang yakni bagian terkeras yang terletak di lapisan luar tulang yang disebabkan oleh pengendapan mineral dalam matriks.

Sehingga tulang pun mengalami sebuah klasifikasi didalam tubuh manusia juga terdapat yang namanya tulang rawan “cartilago” yakni jaringan ikat yang memiliki kemampuan meregang, membentuk penyokong yang kuat bagi jaringan lunak, memberikan kelenturan dan sangat tahan terhadap tekanan.

Manusia dengan tubuh yang sempurna dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga, mandi, makan, minum dan lainnya yang menggunakan lengan.

Di dalam lengan tersebut terdapat tulang penyusun rangka yang menjadi pembentuk tampilannya. Karena tulang itulah lengan bisa menjalankan fungsinya dan memiliki kekuatan.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Tulang Lengan dan Fungsinya, nah kalau begitu simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tulang Lengan

Tulang lengan manusia ialah daerah antara pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot-otot. Tulang lengan terdiri dari potongan-potongan yang bersamaan saat menjalankan tugasnya sebagai alat yang berfungsi dalam berbagai aktifitas manusia.

Lengan dapat terlihat kuat, serta berbentuk karena terdapat tulang di dalamnya. Dan apabila tidak ada tulang lengan tersebut, maka lengan tidak mampu bergerak dengan semestinya/bebas.

Kekuatan pada lengan karena ada struktur tulang yang berdampingan kuat satu sama lain sehingga mampu melakukan tugas berat seperti mengangkat beban, bahkan mendorong suatu benda yang memiliki berat lebih besar dari berat badan individu tersebut.

Baca Juga :  Struktur Nodus Limfa : Pengertian, Letak, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Susunan Dan Fungsi Tulang Lengan

Nah seperti yang telah dijelaskan bahwa tulang lengan manusia memiliki penyusun yang menjadi satu kesatuan dan saling mempengaruhi satu sama lain untuk bisa menciptakan gerak yang sempurna, susunan dan fungsinya masing-masing yakni sebagai berikut:

Tulang Lengan Atas

Tulang lengan atas ini berfungsi sebagai tempat menempelnya otot utama yang menggerakkan siku dan bahu. Tulang lengan yang satu ini berperan penting dalam menciptakan gerak dan bekerja dalam aktifitas fisik seperti mendorong atau mengangkat beban.

Didalamnya memiliki sendi bola yang menjadikan mampu bergerak bebas disertai beberapa syarat dan pembuluh darah.

Tulang Hasta

Tulang hasta merupakan tulang bekerja sama dengan jari-jari yang berperan dalam memutar pergelangan tangan dan membentuk lengan bawah. Letaknya berlawanan dari lengan bagian bawah dari ibu jari.

Tulang ini memiliki yang ujung besar yang berperan membentuk sendi pada siku. Ketika dalam posisi diam, tulang ini akan membentuk titik yang mana sendi terbentuk sehingga bagian ini rentan terkena sakit sendi yang dapat menyulitkan gerakan pada sendi.

Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil ialah tulang yang terletak di bagian lengan bawah yang menyambungkan siku dengan tangan di sisi ibu jari. Bentuknya hampir mirip dengan pipa yang semakin membesar ke bawah dan membentuk sendi pergelangan tangan.

Dan pada ujung atasnya terdapat bagian yang sangat khas yaitu bentuk tulang yang bulat dan memiliki permukaan bersendi dan memiliki ujung yang tajam. Fungsi dari tulang pengumpil yakni membentuk persendian pergelangan tangan.

Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan ialah bagian yang bersifat fleksibel dan sempit yang menjadi sambungan antara lengan bawah dan telapak tangan. Bentuknya seperti dua baris kecil pendek dan membentuk bagian di sekitar sendi engsel.

Baca Juga :  Mengenal 11 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Manusia Dan Gambarnya Lengkap

Fungsinya yakni memberikan gerakan memutar atau gerakan yang bebas agar telapak tangan dan keseluruhannya itu sendiri selalu melekat dengan tulang lengan.

Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan ialah tulang yang membentuk bagian tangan utama pada manusia yang fungsinya sebagai penguat dan tempat melekatnya otot untuk mendukung gerakan telapak tangan.

Dan selain itu tulang ini sebagai pembentuk jari dimana diantaranya terdapat persendian manusia yang membuat jari tangan dapat leluasa bergerak.

Tulang Jari Tangan

Tulang jari tangan ialah bagian yang berfungsi sebagai rangka anggota gerak atas untuk pergerakan jari seperti menyentuh dan memegang suatu benda.

Tulang jari tangan dikelilingi oleh otot-otot sistem syaraf manusia dan pembuluh darah yang memberikan isi atau menjadikan jari-jari tangan tampak indah dari segi fisik luar.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Nama Tulang Lengan Dan Fungsinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.